Terjemah Alfiyah Ibnu Malik

Untuk Antum Terjemah ke Bahasa Indonesian Kitab Matan Nahwu-Sharaf Nadzom Alfiah Ibnu Malik. Mohon teguran dan koreksinya untuk penulisan terjemah Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Akhiran, semoga terjemahan الفية ابن مالك ( Alfiyyah Ibni Malik ) ini bermanfa’at di Dunia dan Akhirat. Amin.

Terjemah Kitab Matan Alfiah Ibnu Malik 81 Bab Nadzom

  1. Muqaddimah
  2. Bab Kalam dan Susunannya
  3. Bab Mu’rab dan Mabni
  4. Bab Nakirah dan Ma’rifat
  5. Bab Isim Alam
  6. Bab Isim Isyaroh
  7. Bab Isim Maushul
  8. Bab Ma’rifat dengan Alat Ta’rif
  9. Bab Ibtada’
  10. Bab Kana dan Saudara-saudaranya
  11. Bab Maa, Laa, Laata, dan In yang beramal Laisa
  12. Bab Af’aalul Muqorabah
  13. Bab Inna dan Saudara-saudaranya
  14. Bab Laa Nafi Jenis
  15. Bab Zhonna dan Saudara-saudaranya
  16. Bab A’lama dan Aroo
  17. Bab Isim Fa’il
  18. Bab Naibul Fa’il
  19. Bab Istighol
  20. Bab Fi’il Muta’adi dan Fi’il Lazim
  21. Bab Tanaazu’ Dalam Amal
  22. Bab Maf’ul Muthlaq
  23. Bab Maf’ul Lah
  24. Bab Maf’ul Fih-Zhorof
  25. Bab Maf’ul Ma’ah
  26. Bab Istitsna’
  27. Bab Haal
  28. Bab Tamyiz
  29. Bab Huruf Jarr
  30. Bab Idhofah
  31. Bab Mudhof kepada Ya’ Mutakallim
  32. Bab Amal Mashdar
  33. Bab Amal Isim Fa’il
  34. Bab Bina’ Mashdar
  35. Bab Bina’ Isim Fa’il, Bina’ Isim Maf’ul dan Bina’ Shifat Musyabbah
  36. Bab Shifat yang menyerupai Isim Fa’il
  37. Bab Ta’ajjub
  38. Bab Ni’ma, Bi’sa dan Ma yang menempati pada keduanya
  39. Bab Af’alut Tafdhil
  40. Bab Na’at
  41. Bab Taukid
  42. Bab ‘Athaf
  43. Bab ‘Athaf Nasaq
  44. Bab Badal
  45. Bab Nida’
  46. Bab Fashlun Tabi’ Munada
  47. Bab Munada Mudhof pada Ya’ Mutakallim
  48. Bab Isim-Isim yang hanya berlaku pada Nida’
  49. Bab Istighotsah
  50. Bab Nudbah
  51. Bab Tarkhim
  52. Bab Ikhtishosh
  53. Bab Tahdzir dan Ighro’
  54. Bab Isim Fi’il dan Isim Ashwat
  55. Bab Nun Taukid
  56. Bab Isim yang tidak Munshorif
  57. Bab I’rab Fi’il
  58. Bab ‘Amil Jazm
  59. Bab Fashl Lau
  60. Bab Amma, Laula dan Lauma
  61. Bab Khabar dari Alladzi dan Alif Lam
  62. Bab Hitungan
  63. Bab Kam, Ka’ayyin dan Kadza
  64. Bab Hikayah
  65. Bab Ta’nits
  66. Bab Maqshur dan Mamdud
  67. Bab Cara Mentatsniyah dan Menjama’kan Isim Maqshur dan Mamdud
  68. Bab Jama’ Taksir
  69. Bab Tashghir
  70. Bab Nasab
  71. Bab Waqof
  72. Bab Imalah
  73. Bab Tashrif
  74. Bab Tambahan Hamzah Washal
  75. Bab Penggantian Huruf
  76. Bab Fashal Penggantian Wau dari Ya
  77. Bab Fashal Berkumpulnya Wau dan Ya’
  78. Bab Fashal Pemindahan Harakah pada Huruf Mati Sebelumnya
  79. Bab Fashal Penggantian Fa’ Ifti’ala pada Ta’
  80. Bab Fashal Membuang Fa’ Fi’il Amar dan Fi’il Mudhori’
  81. Bab Idgham dan Khatimah Nadzam
  1. 21 Agustus 2010 pukul 02:05

    kenapa yg dibawah ini ga bisa diklik ya syaikhuna?, mohon petunjuknya.

    # Bab Kam, Ka’ayyin dan Kadza
    # Bab Hikayah
    # Bab Ta’nits
    # Bab Maqshur dan Mamdud
    # Bab Cara Mentatsniyah dan Menjama’kan Isim Maqshur dan Mamdud
    # Bab Jama’ Taksir
    # Bab Tashghir
    # Bab Nasab
    # Bab Waqof
    # Bab Imalah
    # Bab Tashrif
    # Bab Tambahan Hamzah Washal
    # Bab Penggantian Huruf
    # Bab Fashal Penggantian Wau dari Ya’
    # Bab Fashal Berkumpulnya Wau dan Ya’
    # Bab Fashal Pemindahan Harakah pada Huruf Mati Sebelumnya
    # Bab Fashal Penggantian Fa’ Ifti’ala pada Ta’
    # Bab Fashal Membuang Fa’ Fi’il Amar dan Fi’il Mudhori’
    # Bab Idzghom dan Khatimah Nadzom

  2. 22 Agustus 2010 pukul 17:51

    pasalnya belum diterjemahkan semua ya akhi…. tombol menu atas bisa koq… syukron kunjungannya. wassalamau’alaikum wr. wb.

    • muhammad ihsan
      16 April 2011 pukul 10:10

      Assalamu’alaikum waroh matullo hiwabarokatuh, terima kasih semoga dengan anda terjemah ini, kami selaku pelajar bisa lebih faham tentang alfiah dan lebih matang dalam membaca kitab-kitab, dan untuk anda kami ucapkan beribu-ribu terima kasih semoga barokah alfiah dapat tercurah pada kita semua AAAmiin. wassalamu’alaikum waroh matullohiwabarokatuh

      • 5 Agustus 2014 pukul 06:30

        kenapa saya tidak bisa menerjemah kan kitab nahwu shorof dan tdk bisamembacanya kenapa otak saya menjadi sangat bangok

    • Anonymous
      23 Juni 2011 pukul 11:18

      assalamu`alaikum,,,,,
      maaf,,, qo bab isim isyarohnya kosong

      • Anonymous
        4 Juni 2013 pukul 23:07

        Q sng skali krn ad terjemah al-fiah sehigg kita gamp memhmi kitb kuning

        by:ra sult@n -tat-tat- gunung sekar

    • 29 Maret 2013 pukul 14:08

      mohon ijin download semua ilmu disini,,, boleh tidak,,, jazakumullahu khoiron

    • Anonymous
      18 Januari 2014 pukul 19:52

      K0k dak ada aplikasinya pak ustadz?

      • 5 Agustus 2014 pukul 06:33

        kirain kamu aja yg punya aplikasi……..!!!!!!!!

  3. 1 September 2010 pukul 15:48

    mohon terjemahan kitab uqudul juman ya akhi… syukran jazakumullah

    • 16 September 2010 pukul 20:57

      Ma’af Mas Muhammad Rizal Aceh. terjemah alfiyah saja belum kelar koq :) terimakasih commentnya

      • asep
        6 Agustus 2014 pukul 02:34

        ass ,,syekh mu tanya apa bda’a isim pa,il dan isim maf,ul..
        sukron

  4. 18 Oktober 2010 pukul 11:53

    sykrooon yaa ajengan atassss
    mp3 alfiahnya
    saya jd bisa inget terus karna ngedengerin setiap mo tdr n sesudah tidur

    • 4 November 2010 pukul 04:55

      didengerin terus sampai ketiduran…. bangun2nya bisa hapal nih…. jadi inget cerita kiyai kholil bangkalan…

  5. 27 Oktober 2010 pukul 13:11

    update terbaru terjemah alfiyah Bab Ibtida’ (Mubtada’ dan Khabar)

    http://nahwusharaf.wordpress.com/terjemah-alfiyah/bab-mubtada/

  6. Sofyan Arasyid
    2 November 2010 pukul 13:57

    Syukron yaa akhi… syukran jazakumullah
    Situs yang sangat di butuhkan buat para santri… yang kreatif spt Ustad Ibnu Toha
    semoga muncul lebih banyak lagi orang2 yg kreatif spt ustad.

    • 4 November 2010 pukul 04:33

      syukron kembali, do’akan semoga saya bisa Istiqamah belajar dan update postingan… tiada lain maksud hati hanya karena Dia kami ada……

  7. RAHMATUL AZIZ
    13 November 2010 pukul 08:01

    assalamualikum_gmna cara download kitab alfiyah yang bukan terjemahan……..kalo bisa kirim ke email ku ya……

    wassalamualaikum…………

  8. mamad
    2 Desember 2010 pukul 01:11

    kog hanya alfiah cak,, jurumiyah,nya ndak ada,,
    ,,,???

  9. al furqon
    3 Desember 2010 pukul 00:46

    syukron katsiron atas terjemahannya alfiah,tolong terjemahannya ilmu mantiq di terbitkan ya akhi

  10. 13 Desember 2010 pukul 08:17

    aslmkm.. mohon ijin Dwmld..Syukron

  11. Anonymous
    28 Desember 2010 pukul 19:32

    cara download terjemah alfiyah nya bagaimana?

  12. salman
    30 Desember 2010 pukul 09:39

    Assalamu’alaikum GUs Toha …. keren banget sekali materinya
    salutt atas hasil karya antum Gus ..
    Gus ane punya Usul gimana klo semua materi di blog ini
    Njenengan jadikan satu aja dlm bentuk ebook PDF biar lebih menyatu gitu n … biar kami2 bisa donlod scr keseluruhan …
    Jazzakumullah khoiron Jazza’

  13. radhen
    2 Januari 2011 pukul 18:09

    terima kasih sekali. ternyata ada yang peduli dengan pelajaran nahwu dan shorof.
    kalo boleh saran gmn kalo ada forum diskusinya.. kalo memang mau di buat formal saya siap menfasilitasi domain plus hosting.
    sebab yang sering saya lihat kebanyakan kesulitan dalam pemahaman. misal begini:
    زيد قائم‌
    ‍‎ketika diberi contoh tersebut biasanya paham bahwa zaid adalh mubtada’ dan qoimun adalah khobar.
    nah ketika praktek di sebuah kitab, contoh kecil
    قصل أركان الأسلام خمسة
    nah ketika di tanya tarkib faslun rata2 kebingungan.
    gmn mas kalo di buatkan forum diskusi aja?.
    coba lihat peminatnya.
    kalo oke saya buatkan siap menfasilitasi.

    • 5 November 2011 pukul 18:35

      saran dari kang radhen bagus juga.. coba aja kang radhen siapin webnya.
      saya juga siap bantu bikin halaman diskusinya

      • 31 Maret 2012 pukul 09:52

        Raden Kanjeng Nyai Kurtuby Ternyata Juga Disini…..he..he

  14. elhakim
    5 Januari 2011 pukul 15:17

    utk shorofnya gmn??mslnya syarah maqshud, or kailani…spt bgs utk d bhs…..

  15. elhakim
    5 Januari 2011 pukul 15:22

    o iya, mohon pncerahannya jg mngnai teknik&seni mnterjemahkan yg baik, bnar, &efektipnya jg…thanks

  16. 7 Januari 2011 pukul 01:11

    Saya punya terjemahan Ushul Fiqh AL LUMA’jilid I dan USHUL FIQH UNTUK SISWA MAK/MAT KELAS x terbitan Depag serta nadhom AL JURUMIYAH berbahasa Indonesia di tulis arab. Di samping itu juga ada kitab bernama “MUSYAWARAH KITAB KUNING THORIQOH”, KAIDAH THORIQOH DAN THORIQOH SHORFIYAH”. Kalau ingin punya hubungi saya 081931563000. Syukron !

    • Ronggo
      7 Mei 2012 pukul 15:45

      Ini Jualan atau apa?

      • 5 Agustus 2014 pukul 06:43

        jualan kitab-kitab allah

      • 5 Agustus 2014 pukul 06:57

        ini jualan mie ayam mie goreng miesambal

    • Anonymous
      26 September 2013 pukul 06:58

      Ka’dintoh k. Muhsin amir PP. Annuqayah

      • 21 Agustus 2014 pukul 08:26

        subahnoloh kaoini tidak benar benar

  17. Al abrar isida kuba
    14 Januari 2011 pukul 09:42

    Assalamualaikum-
    Ustaz ..ada g’ aplikasi matan alfiah untuk hp y memakai getjar? Atau getjet!. . Moga ustaz bisa membatu,agr hp2 muslim lbh dimamfaatkn untuk pengetahuan. . Wassalam.,

  18. hadi
    2 Februari 2011 pukul 14:14

    asslam.
    ustad gimana cih cranya saya mau faham dan mengerti kitab alfiah ibnu malik padahalkan itu kitab nahwu sorof yang saya anggap susah

    • 5 Agustus 2014 pukul 06:48

      KALAU KITA RAJIN BELAJAR KITA PASTI BISA

      • 6 Agustus 2014 pukul 07:22

        rajin belajar judi kita pasti bisa

      • 6 Agustus 2014 pukul 08:27

        kalao kita tidak rajin belajar kitatidak bisa

      • 11 Agustus 2014 pukul 08:37

        kalo kita rajin belajar kita akan bisa

      • aziz
        11 Agustus 2014 pukul 08:39

        ya iya dong kalo kita rajin belajar kita pasti bisa

  19. muarif abbas
    20 Februari 2011 pukul 13:18

    Bab Idzghom dan Khatimah Nadzom…gak bisa dibuka…

  20. muarif abbas
    21 Februari 2011 pukul 11:06

    ya akhi…saya butuh terjemah selanjutnya…jika akhi mempunyai dan berkenan untuk memberikan kirim kan ke email saya muarifabbas87@yahoo.co.id

    Sukron…

    moga bermanfaat….

  21. 21 Februari 2011 pukul 18:37

    muarif abbas :

    ya akhi…saya butuh terjemah selanjutnya…jika akhi mempunyai dan berkenan untuk memberikan kirim kan ke email saya muarifabbas87@yahoo.co.id

    Sukron…

    moga bermanfaat….

    ma’af ada kesalahan link, insyaAllah sekarang sudah bisa, terimakasih semuanya komentar ikhwan. salam ukhuwah… dan wassalam

  22. Anonymous
    3 Maret 2011 pukul 19:10

    Assalamualaikum akhi… Smoga Allah membrikan apa yg akhi inginkn yg baik tntunya amiin… Mhon ijin membaca…

  23. Risma
    9 Maret 2011 pukul 10:26

    Diama sy bisa menumukan buku tersebut?

    Ayukkron

    • Anonymous
      25 Juni 2014 pukul 23:47

      Afwan ana lak a’rief ya ukhty

  24. 15 Maret 2011 pukul 21:32

    السّلام عليكم يا اخى……
    mao nanya nih,, gmn cara download terjemahan alfiah ibnu malik nya?
    maaf ,, saya tunggu sekali jawaban nya,,,,
    insyaalloh,,, kita sll dlm lindungan alloh swt,,, اّمين

    • 6 Agustus 2014 pukul 07:26

      regar cari aja digogle

  25. 16 Maret 2011 pukul 21:32

    Aku ucpkan banyak terima kasih, dengan adanya dapat membantu saya untuk mengingatkan pelajaran saya yang sudah pelajari tapi masih banyak hal-hal yang belum saya pahami.
    kalau bisa semuanya sekaligus syara’nya.

    • 5 Agustus 2014 pukul 07:03

      INSYA ALLAH TAPI JANGAN DI BERIKAN KEPADA ORANG LAIN

      • 11 Agustus 2014 pukul 08:39

        harus berikan kepada orang lain kan kita mau belajar

      • aziz
        11 Agustus 2014 pukul 08:44

        ya aku tidak bilang kepada orang lain

      • 21 Agustus 2014 pukul 08:29

        iya kalao saya beri kepada orang lain

  26. Mohammad jamhari
    17 Maret 2011 pukul 10:19

    Asalamu’alaikum, Afwan akhi kalau bisa semua bait – bait / syair – syairnya untuk di terjemahkan agar dapt mempermudah dalam pemahaman.

  27. fathullahhasyim@yahoo.com
    4 April 2011 pukul 07:05

    Trimakasih inilah yg sy cari

  28. 7 April 2011 pukul 00:14

    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Terima kasih atas pelajaran tentang nahwu shorof, semoga bermanfaat bagi saya khususnya,,dan amalan baik khususnya buat bang toha…
    Wassalamualaikum

  29. 23 April 2011 pukul 22:05

    assalamualaikum.
    subhanalloh luar biasa.
    jazakumulloh atas semua ilmunya.
    n mohon ijin kopi ke blog saya makasih

  30. 24 April 2011 pukul 12:13

    alhamdulillah,,,,,,,,

  31. 24 April 2011 pukul 12:41

    gan, ada enggak keistimewaan yang menonjol pada kitab alfiyah ibnu malik,,?

    • 6 Agustus 2014 pukul 07:29

      menonjol apaan kitab alfyah ibnu malik ….????

      /

  32. 25 April 2011 pukul 19:36

    Sedang berselancar di dunia maya nich, numpang Mampir ust Toha, ada teh hangat gak? Mau dunk :-)
    LANJUTKAN !!!

  33. sefila osie
    2 Mei 2011 pukul 21:09

    semoga dengan ini bisa lebih membantu…

  34. Nur Solikhin
    5 Mei 2011 pukul 22:29

    Ass. Wr. Wb.
    Terus terang saya membaca tulisan2 ini sangat tertarik, untuk itu tulisan2 seperti ini kayaknya cocok sebagai bahan materi yang akan saya sampaikan kepada santri2 saya di PONPES MODERN TERPADU NURUL QOMAR PALEMBANG. Dan kebetulan saya sebagai pengasuh pesantren di PONPES tersebut, untuk itu sekali lagi saya minta redhonya untuk mensave dan mendownload file2 yang berada di web akhi.
    wass. wr.wb.

  35. Wito
    12 Mei 2011 pukul 15:07

    Assalamualaikum Wr Wb
    Doa saya Untuk Pak Ustad Ibnu Toha
    Ya Allah Limpahkan Kesehatan dan RahmatMu untuk pak ustad ini Dalam menterjemahkan Syarah Alfiyah ini dan semoga memberikan manfaat dan derajat yang tinggi di akhirat untuk Ibnu Muthi,Ibnu Malik, Ibnu Toha dan semua umat yang mempelajarinya Amiin.
    Wito

  36. 15 Mei 2011 pukul 16:57

    syukron

  37. irfan
    21 Mei 2011 pukul 16:43

    terima kasih, semoga Allah memberkahi anda

  38. 26 Mei 2011 pukul 11:26

    trima kasih sekali.buat semuanya

  39. ahmad khoir
    28 Mei 2011 pukul 07:42

    jazakuadzmullah khoiro jaza’…tramkasih ustd trjmhan alfiyahnya..sgt bermanfaat…semoga jdi amal jariyah kelak..oya kami sngat menunggu terjemahan bait selanjutnya..

  40. Alfi
    7 Juni 2011 pukul 19:55

    ayo lanjut mas…. :)

    • 5 Agustus 2014 pukul 07:02

      bagai mana mau lanjut di setop sama pak polisi .ha……ha…!!!!!!

      • 10 Agustus 2014 pukul 07:14

        kalao distop sama polis kao jangan pergiya . ha…………..ha..ha emang enak

  41. 9 Juli 2011 pukul 00:11

    assalamualaikum,, saya ingin bertanya,,,

    ALIF ( ا ) pada lafadz MIAH (مائة) kenapa tidak di ganti dengan ya (ي)?
    mohon penerangan nya…

    SYUKRON LAKUM,,,, :D

  42. 22 Juli 2011 pukul 09:08

    website yang bagus

  43. nasrulloh omah
    28 Juli 2011 pukul 09:53

    Semoga bermanfaat bagi semua

  44. 4 Agustus 2011 pukul 04:27

    Gmna kalau menerjemakn mantan al jurumiah .

    • Ronggo
      7 Mei 2012 pukul 15:48

      matan ustad, bukan mantan. nanti malah mantan isteri lagi…

  45. 11 Agustus 2011 pukul 04:02

    info yang bermanfaat ne gan, bisa ane coba dulu sepertinya sangat membantu, makasih ya.

  46. Anonymous
    16 Agustus 2011 pukul 06:00

    pak ustad bingung ya…. kok g bisa kasih jwban cara dwonloud……..

  47. 28 Agustus 2011 pukul 16:49

    gman cr download an?susah nch

  48. Anonymous
    3 Oktober 2011 pukul 15:20

    assalamualaikum……
    pa ustadz, terima kasih banyak!! saya sudah mendonload mp3 dan terjemah kitab alfiyah ibnu malik,,, bermanfaat banget. semoga semua kebaikan pa ustadz menjadi pahala yang sangat besar dan selalu da dalam lindungan dan ridho Allah SWT…Amien.
    terimakasih ustadz??

  49. Anonymous
    5 Oktober 2011 pukul 15:45

    Assalamualaikum akhi….Sudah lama saya mencari website seperti ini.Alhamdulillah, setelah saya berusaha, kini saya menemuinya.Terima kasih atas jasa baik akhi menyediakan topik ini.Apakah bisa saya mendownload serentak semua topik-topik diatas…Wassalam.

  50. Anonymous
    7 Oktober 2011 pukul 09:24

    mas saya butuh pdf nya cptan di cantum ntar saya download,,,,,,

  51. Anonymous
    14 Oktober 2011 pukul 05:57

    gimana download ebooknya,, bisa ga ?????

  52. rijal
    7 November 2011 pukul 13:08

    smg brmanfaat bg smua umat, dan anda mndpt blsn trbaek dr alloh

  53. alfia
    7 November 2011 pukul 13:44

    ustas boleh kami ikut belajar alfiyah ibnu malik

  54. alfia
    7 November 2011 pukul 13:45

    ustaz boleh kami ikut belajar alfiayah ibnu malik

  55. Muhammad Priok
    10 November 2011 pukul 11:33

    jazakallahkairan ana copy stad sungguh sangat memudahkan proses belajar
    .

  56. Muhammad Priok
    10 November 2011 pukul 13:46

    Assalamualaikum ustad bab 6.Bab Isim Isyaroh ko ga ada isinya ya?

    • 12 November 2011 pukul 17:14

      Ma’af ada kesalahn link, Alhamdulillah sudah diperbaiki. terimakasih banyak atas koreksinya…

  57. Anonymous
    12 November 2011 pukul 18:38

    Assalamualaikum,. ine gmna cara downloadnya????

  58. 16 November 2011 pukul 18:23

    terima kasih terjemahannya,
    assalamu’alaikum

  59. sasuke chan
    23 November 2011 pukul 23:00

    apa yg di namakan jamak mudekkas salim

  60. abdul wahhaab
    27 November 2011 pukul 16:36

    assalamualaikum akh ana wahab bisa minta kirim matan alfiyahnya yang lengkap ndak?

  61. abdul wahhaab
    28 November 2011 pukul 06:28

    جزك الله خيرا هخي خيرا جزاء

  62. 28 November 2011 pukul 17:18

    aslmukm. saya dari malaysia dan ingin berterima kasih kerana dapt berkongsi ilmu dgn ustaz. mashaallah, blog ini sngat terperinci sekali pembahasan nye. walaupun agak keliru juga nak terjemah bahasa indonesia ttp blog ini banyak dpt membantu saya. khas skali waktu bila peperiksaan sudah amat hampir. jazakallahu khairan kathira.

  63. awam nahwu
    29 November 2011 pukul 15:24

    top merkatop.

  64. zen solihin
    1 Desember 2011 pukul 09:18

    assalam,mohon kl tidak keberatan dalam rangka berbagi ilmu pengetahuan mudah2an barokah tolong kirim kan tarjamah kitab ibnu aqil terimakasih………. zensolihin@rocketmail.com

  65. nu'man
    6 Desember 2011 pukul 05:20

    mohon ijin untuk membaca dan memahaminya, moga berkah, amin.terimakasih sebelumnya

  66. Anonymous
    10 Desember 2011 pukul 09:00

    alhamdilh cd to krative

  67. 10 Desember 2011 pukul 18:36

    al hamdulliah

  68. 10 Desember 2011 pukul 18:37

    alhamdulillah

  69. 19 Desember 2011 pukul 17:41

    syukron kyai saya terbantu sekali

  70. 27 Desember 2011 pukul 01:00

    Assalamu’alaikum wr wb,

    Ustd. Ibnu Toha

    Hampura lahir batin mohon ijin buka ling di situs inabah165.blogspot.com, mudah mudahan mendapatkan keberkahan untuk semuanya.
    Wassalam…

    Terima kasih

  71. 8 Januari 2012 pukul 01:44

    cara ngedonwload mp3 alfiah lwt hp gmana atuh kang??,,
    Cos gatot trus,,

  72. jos giepank
    15 Januari 2012 pukul 13:44

    MAMA ABUYA SANJA KDU KAWENG…PANDEGLANG BANTEN….ponpes RIADUL ALFIYAH….Jadi teringan teuuyy pengen nangis…

  73. Anonymous
    21 Januari 2012 pukul 07:51

    Subhanallah,,,semoga amal sholeh ini bermanfaat bagi orang banyak,,trutama bagi penulisnya…

  74. Badru
    2 Februari 2012 pukul 19:09

    Mantaaaabbzzz …
    Ngikut nyimak ustadz .. Heu ..

  75. agus susanto
    4 Februari 2012 pukul 05:50

    Assalaamu’alaikum wa Roahmatullaah ustadz….
    Tolong di-i’robkan ayat 157 Surat An Nisa…. untuk bahan diskusi….
    Terimakasih sebelumnya….

  76. 7 Februari 2012 pukul 04:13

    wah keren bisa nonton / iling2 jamndulu

  77. 20 Februari 2012 pukul 02:21

    hebat… salut…

  78. Anonymous
    21 Februari 2012 pukul 20:31

    assmikum knpa yadlamalfiyah kalam itu ada 3 sedangkan dlam ktab imriy ada 4…..????

    • 6 Agustus 2014 pukul 07:32

      karna lain pendapat ulamak nahu shorof

      • 7 Agustus 2014 pukul 08:27

        kenapa imron

  79. 1 Maret 2012 pukul 13:10

    assalamu’alaikum, afwan…alhamdulillah..situs tentang ini sdh lama aq cari..mohon idzinnya yaa..aq copy..utk dipelajari secara pribadi..semoga antum bisa ikhlaskan…jazaakallaahu khairon…(yulianto, silahkan di balas via sms 085756411530).

  80. jami' ath-tholib
    2 Maret 2012 pukul 07:55

    jazaakumullah khoiron katsiron
    ? nf bab naibul fa’il dag bisa d buka

    • 2 Maret 2012 pukul 10:51

      jami’ ath-tholib… Syukron atas pemberitahuannya atas link yg tidak bisa pada Bab Nibul Fa’il… sekarang sudah bisa dibuka kembali.. tadinya ada perubahan link…

      • jami' ath-tholib
        10 Maret 2012 pukul 23:23

        sama2 taawanu alal birri wat taqwa

        ada terjemah kitab imrithy ga”

      • 26 Desember 2013 pukul 05:56

        assalamualakum wr wb

        saya mau tanya ,,, apakah lafadz IBNUN itu bisa dijadikan SIFAT . . . Dan apa alasanya ,, dan mana nadhomnya… .. . .

  81. faza
    3 Maret 2012 pukul 12:14

    alhamdulillah
    trimakasih banyak atas terjamahannya,
    ini sangat berguna sekali.
    Jazakallah khairon katsiron

  82. ahmadjoenoo
    11 Maret 2012 pukul 10:03

    jraq enek,

  83. muhtar kamil
    13 Maret 2012 pukul 15:48

    mas ustad bab hikayah dah ada terjamahannya lom?

  84. 21 Maret 2012 pukul 17:38

    kang ustad mohon izin buat kopi paste, ane mau belajar..

  85. abi
    29 Maret 2012 pukul 17:11

    kang bisa di donlod g?klow bisa caranya gmn?mhon penjelasanya

  86. syaikhu
    31 Maret 2012 pukul 02:11

    maturnuwun ustadz,, n maaf saya kadang mengkopy

  87. Fauzi
    4 April 2012 pukul 09:42

    Assalamu’alaikum, pak ustadz ana mohon izin yach bwt belajar disini dan mengcopy artikel2nya, syukron katsiiron..

  88. Fauzi
    4 April 2012 pukul 09:45

    Semoga Allah merahmati..

  89. agil
    19 April 2012 pukul 14:50

    assalamu’alaikum wr,wb.
    Allahumma shalli ‘alaa muhammad,,ya rabbi shalli ‘alaihi wasallam..
    pak ustad,,berkenankah jika pak ustad mengirimkan terjemahan smuanya ke email saya (asep.gopar@ymail.com)..
    sebelum dan sesudah nya saya ucapkan terima kasih.
    wassalamu’alaikum

  90. Anonymous
    21 April 2012 pukul 22:30

    …ASSALAMUALAIKUM,
    ILLAHI ANTAMAKSUDI WARIDHOKAMATLUBI WAUFAWIDU AMRI ILALLAH,YA ALLAH YA HAYYU YA KHOYYUM YA NGADIM YA ROBAL ALAMIN.
    CARILAH ISLAM DENGAN TERLEBIDAHULU MENCARI GURU MURSYID KARNA WAJIB HUKUM Y MENCARI GURU,,

  91. 23 April 2012 pukul 22:35

    Assalamu’alaikum ustazd,
    salam kenal ustazd dari orang Banjarmasin. Mohon izin copas, agar ilmu yang ana pelajari berkah. semoga selalu istiqomah menyebarkan ilmu melalui media ini. ASLI sangat bermanfaat ustazd……
    BRAVO!!!

  92. Anonymous
    28 April 2012 pukul 23:40

    assalamu’alaikum…mau tanya apa nama “azkiya althafunnisa” terdapat dlm kitab nahwu sorof?syukon

  93. mohammad tayyib
    6 Mei 2012 pukul 22:13

    terimakasih ya akhi semoga terus online

  94. Anonymous
    29 Mei 2012 pukul 12:36

    makasih ya

  95. Anonymous
    29 Mei 2012 pukul 12:40

    ana izin copy ya :)

    • pak
      6 Agustus 2014 pukul 07:38

      ana izinin copy tapi bayar 5000

    • 7 Agustus 2014 pukul 08:30

      iya tapi nama kamu siyapa

      • 7 Agustus 2014 pukul 08:33

        nama saya adalah imron rosayadi/

  96. Anonymous
    31 Mei 2012 pukul 10:09

    وَأَعْمِلِ الْمُهْمَلَ فِي ضَمِيْرِ مَا # تَنَازَعَاهُ وَالْتَزِمْ مَا الْتُزِمَا
    Cinta tidak slalu memiliki.

  97. Anonymous
    3 Juni 2012 pukul 23:52

    ya ustad ini mau tnya gmn tuk membedakan dhomer dn dhomer mutakalim…??? shukron khasir..

  98. akhmad
    6 Juni 2012 pukul 20:37

    aswrwb semoga bermanfaat untuk Ku dan utk kalian semua dunia aherat . Amien waswrwb

  99. Raeizal mutoif
    22 Juni 2012 pukul 10:35

    Mengajak tman” !, untk lebih kuat mendalami’a.. S emoga than memberikan taufiq ‘n hidayah’a, amiiin Alhamdulillah kmi bsa jumpa lgi dngan kitab idola q,, kmi sngat kgum’n trharu dngan ktab ini.. Apalagi dngan mu’alif’a,,ya dng ini, kmi

  100. Husni SPdI
    24 Juni 2012 pukul 15:44

    mendownload syarah ibnul ‘aqil gmn ustadz??

  101. Anonymous
    31 Juli 2012 pukul 18:34

    Bil jarri watanwini wanida wa.al wamusnadin lil ismi tamyizun hasol

  102. Anonymous
    2 Agustus 2012 pukul 05:27

    izin dwnld yai

  103. 2 Agustus 2012 pukul 05:30

    izin tadz

  104. Anonymous
    5 Agustus 2012 pukul 12:43

    gmna cara mendowload a akhi?

  105. Anonymous
    5 Agustus 2012 pukul 21:59

    ana juga ngopi ….tapi blm bisa looo???

  106. 18 Agustus 2012 pukul 05:05

    dgn ada’y trjemah alfiyah online ane bisa belajar dimana saja dan kapan pun yg saya inginkan

  107. Halima aisa
    29 Agustus 2012 pukul 02:27

    Mohon izin ustad

  108. Risky BSA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
    2 September 2012 pukul 21:49

    alhamdulillah. antum sudah banyak membantu ana,
    trima kasih, mudah2 an bisa bermanfat

  109. tabiin
    11 Oktober 2012 pukul 09:18

    Assalamualaikum wrb
    perkenalkan nama saya tabiin, mas toha saya mau meminta ijin blog ini mau aku buat penelitian untuk sekripsi s1 saya. dan saya juga membutuhkan biografi mas toha beserta riwayat hidup untuk melengkapi data penelitian saya.
    sebelumnya minta ma’af dan terimakasih

  110. Harun
    19 Oktober 2012 pukul 23:44

    Setuju

  111. ahmadzurezelsirez
    21 Oktober 2012 pukul 01:11

    assalamu’alaykum yaa ustadz
    seblum nya ana ingin mngucapkan syukron jiddan
    ana pengen syurahan ibnu aqil ustadz,
    wassalam !!!!!

  112. Anonymous
    23 November 2012 pukul 12:36

    :)

  113. Anonymous
    3 Desember 2012 pukul 16:56

    terima kasih ya pak ustad…. jazaakallohu

  114. 5 Desember 2012 pukul 22:57

    ijin copas, dokumentasi untuk dicetak, untuk belajar.. semoga berkah.. terima kasih atas ilmunya..

  115. M.Fa'iq Tamami
    8 Desember 2012 pukul 23:15

    sangat bermanfaat bagi mubtadi seperti saya.

  116. Anonymous
    13 Desember 2012 pukul 08:24

    gmn cara download full terjemahn alfiah ibnu malik

  117. 15 Desember 2012 pukul 22:22

    asslamu ‘alaikum ya ustazd
    saya belum mengerti apa-apa bisa ikut belajar tidak? dari mana saya harus mulai? terima kasih wassalam

  118. Anonymous
    16 Desember 2012 pukul 04:01

    syukran ya ustadz

  119. Anonymous
    21 Desember 2012 pukul 21:16

    assalamualaikum……ayuha…ustadz,,,,ismi:ahmadsanusi,,,,,,,,,,,agsanuka,,,,,,wasalam

  120. Anonymous
    21 Desember 2012 pukul 21:20

    mikum…….ayuha useadzi ………..ismi” ahmadsanusi …………….kaipa lalli,,,,hapidzuni al QURAN,,,,,,,,,,,kaipa torikohuuuuuuuuu?

  121. Kang Dede
    23 Desember 2012 pukul 08:23

    Subhanallah,… jazakallah ya Akhy… sungguh, sangat bermanfa’at… terima kasih atas share dan postingannya….

  122. muhammad muslim
    27 Desember 2012 pukul 22:15

    assalaamu ‘alaikum,,, mau tanya nih tadz, apa definisi dari alif maqshur, alif mamdudah dan alif manqush

  123. 2 Januari 2013 pukul 16:52

    terimasih syaikhuna…….

  124. atina
    9 Januari 2013 pukul 10:51

    ayoo rek,… sareng2 belajar nahwu wa akhwatuhu…

  125. putratasik
    23 Januari 2013 pukul 21:26

    Syukron Ustadz… terbantu sekali…

  126. Anonymous
    10 Februari 2013 pukul 01:48

    Syukron khatsir ya ikhwan,atas bantuan alfiahnya

  127. 10 Februari 2013 pukul 15:09

    mumtas
    ittabiktu hadal unwaanun

  128. 11 Februari 2013 pukul 12:59

    Ustadz,,, izin share…..

  129. Anonymous
    12 Maret 2013 pukul 17:53

    asslamualaikum kang mas
    saya suka yg mas berikan …klo boleh minta tolong tolong tampilin terjemahan bhs indonesia kitab fathul muin n i’anatu tolibhin…trimakasih…semoga allah slalu mencurahkan keberkahannya kepada kang mas…

  130. Anonymous
    14 Maret 2013 pukul 08:25

    assaslamu’alaikum..
    mas.. kalo babnya wujuhu tashorrufil af’al ma’a dlomir masuk fasal apa? TQ

  131. Anonymous
    14 Maret 2013 pukul 12:45

    terima kasih banyak bos………

  132. Anonymous
    30 Maret 2013 pukul 18:22

    ya akhiy kalau bisa harusnya juga ada yang terjemahan dari kitab kawakib dsoalnys mungkin bagi orang yang baru belajar belum msmpu memahampelajaran alfiyyah ini syukron.

  133. Saiful M
    8 April 2013 pukul 05:17

    Bagus

  134. Reza
    12 April 2013 pukul 14:34

    assalamu’alaikum….
    wah,alhamdulillah,,,dg blog ini aku jd lebih mudah mengrti tentang ilmu nahwu…

  135. Anonymous
    14 April 2013 pukul 16:18

    syukran, tadz

  136. 16 April 2013 pukul 22:19

    Terima kasih syekh atas bantuan terjemahanya smoga tambah bnyak generasi yang mau menghaflkan nadzom Al Fiyah Ibnu Malik

  137. 24 April 2013 pukul 11:28

    assalaamu’alaikum ikhwan muslim………..maaf berhubung ana baru didunia maya ini jadi ana mohon pengarahannya bagaimana menggunakan terjemah alfiah tersebut………bisakah semuanya didownload………..JAZAKUMULLOH BI AHSANIL JAZA…….wassalam.

  138. ima
    7 Mei 2013 pukul 21:34

    terimakasih sudah sharing kitab ini

  139. Anonymous
    23 Mei 2013 pukul 21:44

    boleh kah ini di downlod

  140. Anonymous
    27 Mei 2013 pukul 01:21

    أحيب……أجيب جزاكم الله أحسن الجزاء……

  141. 1 Juni 2013 pukul 02:28

    BOJONGSARI ALIAN KEBUMEN

  142. 1 Juni 2013 pukul 03:36

    Asalamungalaikum
    Bismillaahirrohmaanirrohiim
    Krn q ru bis ngendarai motor ni bagaikan pesawat perasaanku takut d cemas krn q tak tak tau ap 2 lewat pintu ni kaitan tent ni semua maafin saya Trimakasih jdi pengetahuan muslim yg tak disangka oleh saya.

  143. 18 Juni 2013 pukul 11:09

    alhamdulillah…. semoga barokah dan manfaat

    • 6 Agustus 2014 pukul 07:49

      beri tau dong

      • 10 Agustus 2014 pukul 07:19

        kalo kamu diberitahu kamu jangan marah ya ha…ha…ha””””””””””””””””””””””””””””””””/

  144. smp it nurusy-syifa2011@Gmail.com
    26 Juni 2013 pukul 09:00

    assalamualaikum, syaikhuna terimakasih atas dimuatnya kitab-kitab kuning. sangat membantu buat saya. semoga Allah membalas segala kebaikan syeikh dan smg bermanfaat bagi kami semua. minta izin untuk mengkofinya. terimakasih

  145. Ibrahim
    7 Juli 2013 pukul 02:31

    Gimana caranya donlowd terjemah aflfiyah ibnu malik

  146. 18 Juli 2013 pukul 13:52

    apakah bsa mengkopi terjemahan ni ya ustad mohon petunjuk y

  147. 25 Juli 2013 pukul 05:20

    Asalamungalaikum, trimakasih banyak ya atas pembelajaranya

  148. 29 Juli 2013 pukul 00:17

    assalamualaikum….salam knal sgla hormat.

    saya ubed dri gresik . tolang ustad jelaskan secar terperinci tentng saudar2 dzonna???..

    sya tunggu jwb xa …ustad.
    trimah kasih…

  149. Anonymous
    18 September 2013 pukul 11:37

    izin download ustadz..semoga allooh selalu membalas segala amal kebaikan pak ustadz..aamiin

  150. Anonymous
    20 September 2013 pukul 12:15

    mantabs tad..
    keep on great working..

  151. 21 September 2013 pukul 22:10

    aslamualaikum…..
    minta tolong……jelaskan perbedaan dari mudzakar muannas,,,sukron.

  152. 28 September 2013 pukul 20:00

    السّلام عليكم
    Syukran ya Ustadh…Atas kebaikannya membuka khasanah keilmuan terutama dibidang Grammar bahasa Arab…..semoga Allah memberi kemudahan Ammiin.Ya Robbal ‘Alamiin.

  153. 29 September 2013 pukul 16:36

    Assalamu’alaikum

    Ijin share dan downloadnya yaa ustadz…. sangat bermanfaat sekali … jazakumullah Bi Ahsanil jaja Ya Ustadz

  154. 3 Oktober 2013 pukul 09:45

    aslmkm, ustadz bisa dtmbah pelajaran tentang Ilmu ‘Arudl, saya ingin belajar ilmu Arudl

  155. 10 November 2013 pukul 22:31

    subhanallah— ini sangat bermanfaat.,.,.,

  156. 20 November 2013 pukul 21:50

    do’a en z mdahan Q dpat berkah dan dpat bca kitab kuning.

  157. Anonymous
    27 November 2013 pukul 22:17

    Assalamu’alaikum kang ustadz!…subhanalloh ana salut sama antum, terusin boleh ana izin mengcopy?

  158. Wong Awam bhs arab
    6 Desember 2013 pukul 00:05

    Saya hanya mengingatkan antum dan antunna semuanya tentang belajar bahasa arab tidak perlu meminta izin copas, mempelajarinya, dan tidak perlu ijazah pengamalannya segala. kalau niat , so langsung saja belajar tanpa menunggu ijazah izin dan lain sebagainya !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! Kita sebenarnya bisa meraih kesuksesan di dalam belajar bhs arab TANPA guru, namun dengan syarat NIAT yang terpenting. Kita sebenarnya tidak usah bersusah payah di dalam mengkaji bhs arab dengan cara mempelajari matan alfiyah yang selalu membingungkan dan tidak praktis dan terlalu membuat kita sellau serba rumit pusing, namun kita cukup mempelajari nahwu wadhih saja sebanyak 3 jilid yang singkat ringkas padat jelas dibandingkan Matan Jurumiyyah dan Matan Alfiyah itu sendiri yang sangat pelik dan kentara dengan kebingungan-kebingungan dan kesulitan-kesulitan. Sesungguhnya Allah itu menghendaki kemudahan dan Allah TIDAK menghendaki kesulitan. Jadi, kalo ada nahwu Wadhih yang singkat padat jelas mudah dipahami serta terpercaya di dalam nadzom-nadzomnya, namun mengapa kita malah menghendaki kesulitan diri kita sendiri dengan cara mencari dalih selain nahwu Wadhih? inilah bukti keterpurukan ummat Islam kian hari kian putus asa.

    Dan satu hal lagi, Saya ingin menyarankan yang bersifat membangun bagi orsng yang membuat susunanredaksi postingan Matan Alfiyyah dan Jurumiyyah tolong please perbaikilah metode penyusunan materi-materi di dalam Matan Alfiyyah dan Jurumiyyah sangat singkat dan sangat mudah demi membangun ketajaman daya pikir ummat Islam tentang pelajaran bahasa arab supaya mereka tidak malas di mempelajari materi-materi bahasa arab itu sendiri.

  159. Anonymous
    16 Desember 2013 pukul 17:03

    من صفات المسلم عدم تضييع أوقاته فيما لا فائدة فيه
    Min : harfu jar
    Sifati : majrurun bi min .wa ‘alamaty jarrihi kasroh, wahuwa mudhof
    Almuslimi: mudhof ilaihi majrurun. wa ‘alamaty jarrihi kasroh
    Jumlah min sifatimuslim :khobarun muqoddam
    ‘adamu : mudhof marfu’un wa ‘alamatu raf’ihi dhomah
    Tadhyii’i : mudhof ilahi majrurun, wa ‘alamatu jarrihi kasroh, wa huwa mudhof
    Auqooti : mudhof ilaihi, majrurun. wa ‘alamaty jarrihi kasroh
    Hi : mudhof ilaihi.
    Fii :harf jar
    Ma : mausulah
    la : la nafi
    Faidah :ismu la mansub
    fiihi : jar dan majrur

    jumlah dari ‘adamu : mubtada

    tolong dikoreksi

  160. Anonymous
    24 Desember 2013 pukul 13:10

    permainan kitab

  161. andri
    26 Desember 2013 pukul 12:33

    Assalamu”alaikum!
    Semoga Allah SWT. mengangkat anda ke derajat a’la, amin Allah ya robbal’alamin

  162. 1 Januari 2014 pukul 18:01

    Muwwantab co ….. salam dari http://www.kangmahfudz.blog.com

  163. abu muhaimin
    5 Januari 2014 pukul 18:54

    kami usul agar bagi pembaca dikasih soal soal agar mengetahui sejauh mna kemampuannya dalam menyerap materi.sukron

  164. abu muhaimin
    5 Januari 2014 pukul 18:57

    mohon agar para pembaca diberi soal soal untuk menguji sejauh mana kemampuannya menyerap pelajaran.sukron

  165. 14 Januari 2014 pukul 22:50

    . kok cuma alfiyah aja sich gos imriti ya g ada skrng aq bth imriti bkn alfiyah!!!!!!1

  166. Anonymous
    19 Januari 2014 pukul 21:37

    alfiyyah aku rindu,,,tp aku tak tau,,,dmn semua nadzommu,,yg dulu ada di benakku…

  167. khoirun najah
    22 Januari 2014 pukul 05:19

    assalamualaikum al-akh……..bisa di download ga’ terjemahannya……..?????
    kalau ga’ bisa kapan ya…kira-kira bisa di download……..???????

  168. Arif
    24 Januari 2014 pukul 20:29

    Cara mendonwlodnya bagemana

  169. Anonymous
    9 Februari 2014 pukul 16:02

    mas mau nanya, isim maqsur apa menerima tanwin.

  170. 6 Maret 2014 pukul 06:53

    Bgus, tlong bri thu buat apliksi bhs dog??????????

  171. Anonymous
    6 April 2014 pukul 05:56

    Semuanya masya allah,,
    Moga ilmu” nyah brtmbh, dan ber manfaat,,
    Amin amin

  172. 6 April 2014 pukul 05:59

    Semoga ilmu nyah brtmbh luas,

  173. rifki
    20 April 2014 pukul 20:37

    kang bisa gk kalau downloadnya sekaligus jadi format pdf atw djvu dan terjemahnya itu juga

  174. Anonymous
    6 Mei 2014 pukul 16:33

    aku dari p0nd0k pesantren darussalam sisir kemlok0 tembarak temanggung,husnul mu bar0k,menc0ba mengkaji kitab ALFIAH IBNU MALIK bersama teman2ku,dengan bpk pengasuhku beliau ber asma,KH,AHMAD FAHRURODDIN MUHTAR

  175. syha
    19 Mei 2014 pukul 13:49

    Sngat mmbantu saya dlm mempelajari kitab alfiyah, bhkan ktika saya tdak mmbwa buku :) syukron

  176. Mahesya abdul muiz
    23 Mei 2014 pukul 14:05

    As.
    Ustadz saya ijin mendonlod nya.

  177. Anonymous
    6 Juni 2014 pukul 02:48

    Lier nyurah na

  178. 1 Juli 2014 pukul 09:33

    Mohon izin dwonloadn mp3 nya semoga bermamfaat dan terima kasih smoga Alloh membalas atas kebaikannya Aaaamiiiiin

  179. Anonymous
    1 Juli 2014 pukul 19:38

    Gus bolehtau keberadaan antm di mana.. Ane pgen pesan sofwr al maktabah samilah.. Ada ga?

  180. 2 Juli 2014 pukul 14:51

    mudah mudahan Allah membalas semua kebaikan yang akhi lakukan barupa terjemahan ini…barokallohufiikum

  181. 5 Juli 2014 pukul 14:57

    subhanallah manfaat…… amiiin..

  182. 15 Juli 2014 pukul 19:41

    terimaksih sangat membantu

    • 14 Agustus 2014 pukul 08:37

      iya sama sama

  183. 21 Juli 2014 pukul 08:44

    Assalamualaikum ..Mohon izin untuk dwonload

  184. Intan Budiana
    1 Agustus 2014 pukul 13:38

    Assalamualaikum,, termakasih sanget ustadz,,, semoga bermanfaat . Amiin,, :D

  185. 5 Agustus 2014 pukul 16:35

    wa alaikum musalam

  186. 5 Agustus 2014 pukul 16:39

    cgdfghfgdf

    • 6 Agustus 2014 pukul 07:41

      tulisan ape tie

      • 6 Agustus 2014 pukul 07:43

        mau tau aja

      • 7 Agustus 2014 pukul 08:24

        ape kenem side

  187. 11 Agustus 2014 pukul 08:44

    APE MELE

  188. visya
    31 Agustus 2014 pukul 11:44

    weleh”,.,., pada ngonbriolin ap c?,.,ikutan gabung?

  1. 4 Agustus 2010 pukul 01:57

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 614 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: