Terjemah Kitab Nahwu Jurumiyah

Pengarang Kitab Matan Jurumiyah dalam Ilmu Nahwu ini adalah Abu ‘Abdillah Muhammad bin Muhammad bin Dawud Ash-Shanhaji An-Nahwi yg terkenal dengan sebutan Ibnu Aajurruum, Aajurruum adalah bahasa ajam yg artinya seorang yg Faqir  Sufi nan Waro’. Beliau adalah salah satu Imam Nahwu yg dilahirkan pada tahun 674 H. dan wafat pada tahun 723 H. Nafa’anaallaahu bihi bi ‘uluumihi fid-daaroini Aamien.

 

I.  BAB KALAM

1. Definisi Kalam

2. Pembagian Kalam

3. Tanda Kalimat Isim

4. Huruf-huruf Khofadh/Huruf Jar

5. Tanda Kalimat Fi’il

6. Tanda Kalimat Huruf

 

II. BAB I’ROB

1. Definisi I’rob

2. Pembagian I’rob

 

III.  BAB TANDA-TANDA I’RAB

1. Tanda I’rab Rofa

2. Tanda I’rab Nashab

3. Tanda I’rab Khafadh/Jarr

4. Tanda I’rab Jazem

  1. Anonymous
    22 Desember 2012 pukul 01:40

    I rab jajem

  2. Anonymous
    8 Februari 2013 pukul 16:50

    penjelasan apa itu mu’rob dan contohnya

    • Anonymous
      4 Maret 2014 pukul 04:51

      Mu’rob ialah kata yg bisa di ubah harkatnya sesuai penempatan kalimatnya. Sdangkan mabni ialah kata yg tetap tidak bisa di ubah2 contoh nya seperti isim isyaroh , isim domir dll … :)

  3. azfa
    8 Maret 2013 pukul 11:45

    Terimakasih kepada bloger yg telah dengan ikhlas menshared artikel” tentang ilmu nahwu,semoga semua ini bermanfaat bagi semua ummat..

    • Anonymous
      2 Juli 2013 pukul 11:30

      AMIIEN

    • 21 September 2013 pukul 13:37

      bagaimana caranya agar cepat menghapal kitab jurumiah

      • jhodie
        18 Januari 2014 pukul 10:50

        bacalah satu lafad dengan berulang2

      • aly
        14 Juni 2014 pukul 10:53

        bagus hari gini masih ada yg pengen hafal jurumiah

      • Anonymous
        9 April 2015 pukul 14:19

        dng niat dan menghafal sedikit demi sedikit

  4. 13 Maret 2013 pukul 13:07

    cara mendonlot stusny bgaimana?

  5. Isim pail
    25 Maret 2013 pukul 20:56

    Isim pail isim map,ul masder

  6. Anonymous
    26 Maret 2013 pukul 01:39

    allham dulillah

  7. Urjihu
    28 Maret 2013 pukul 22:07

    Trimaksih. Cing jdi berkah. , , ,aamien.

  8. imam baihaqi
    2 April 2013 pukul 10:32

    saya ikut cerdas cermat(ranting sidogiri)

    kebetulan saya megang nahwu..

    do’akan saya semoga saya menang
    (amin^^)

  9. 23 April 2013 pukul 20:29

    Sijidewe

  10. Zaki
    24 April 2013 pukul 11:00

    untuk sahabt semua , bagaimana cara mendownload nya ? dah 4 tahun lebih gag baca kitab ini . lupa2 ingat , tolong bantuan nya yaa . syukran

    • 20 Desember 2013 pukul 16:20

      ass alamualaikum ya akhi..kbetulan ku mo download..kitab asli jurumiyah.udah ketmu belom?klu dah ktemu bagi dong ku btuh kitb itu..

    • Anonymous
      16 April 2014 pukul 11:40

      beli kan bisa di toko islami

  11. 26 April 2013 pukul 22:26

    Hay para anak muda, jangan kamu berani sama kedua orang tuamu. dan janganlah kamu melakukan kemakSiatan. hay para kaum hawa, janganlah kamu mengumbar aurat kamu, karna sesungguhnya itu bisa menyelakakan dirimu sendiri.

    • marcho
      13 Mei 2014 pukul 03:46

      Siapa yg pengen masuk surga????? Mari kawaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaan.

    • Adsu
      16 Agustus 2014 pukul 00:09

      Itlh cirinxa mhluk xg mnntng skksa allah

  12. Anonymous
    29 April 2013 pukul 21:50

    mas bagaiman kok ga’ ada isinya jurmiyahnya

  13. 29 April 2013 pukul 21:55

    gus gimana kok hanya terjemahnya kok g;’ ada contohnya?

  14. Anonymous
    14 Mei 2013 pukul 17:01

    gemana crya biar cpat bsa bsa nahwu dan sorof dan cpet hafal

  15. Anonymous
    21 Mei 2013 pukul 13:49

    bab yang lain n di tambahka,,,mkasih

  16. 25 Mei 2013 pukul 16:43

    TOLONG DONK JANGAN D’HILANGKAN KARYA 2 ULAMA NAHU

    • 20 Januari 2015 pukul 08:31

      Assalamualaiqum
      T0l0ng saya bagaimana cra nya mngaji alat sya gx ngerti

      • Heri juhaeri
        20 Februari 2015 pukul 21:58

        Cara belajar ngaji alat.yg pertama kita harus ngapalin mantan jurumiaah ny dlu.di hapal kan dan artinya.

  17. zaedun
    27 Mei 2013 pukul 13:52

    ki zaed

  18. 21 Juni 2013 pukul 09:19

    Tolong tulis terjemahan kitap matam mimah…….

  19. anta
    9 Agustus 2013 pukul 00:15

    bantu aku belajar bahasa arab

  20. 11 Agustus 2013 pukul 00:34

    mas gmanana cra biar bsa bhs arab yg cepa blaz ae ,

  21. 4 September 2013 pukul 22:17

    mas gimana cara mempelajari kitab jurumiyah dengan baik dan cepat,?.

  22. Anonymous
    7 September 2013 pukul 21:39

    ukhibuki

  23. knpa sulit bgt ya pelajaran jrumyh itu
    8 September 2013 pukul 21:26

    sulit memahami tentang pelajaran ini

  24. 8 September 2013 pukul 21:29

    sulit bgt

    • Anonymous
      28 Desember 2013 pukul 21:16

      gak sulit cuman gk mau

  25. Anonymous
    9 September 2013 pukul 09:28

    gmana biar bisa menrpkan ilmu nahwu sorof dalam kitab,<<< !!

  26. 21 September 2013 pukul 13:33

    bagaimana caranya agar cepat menghapal kitab jurumiah

  27. 27 September 2013 pukul 01:27

    smoga maslahat terpetik hasilnya terasa buahnya dn smoga bisa mengamalkanya.. karna alloh semata amin yaa robb..

  28. 2 Oktober 2013 pukul 09:48

    knapa ya belajar ilmu nahwu susah banget

  29. ida
    3 Oktober 2013 pukul 13:05

    salaaam,,,,,,
    bagaimana caranya agar mudah di mengrti pelajaran nahwu dan shorof

  30. rizal nuris as adi
    9 Oktober 2013 pukul 17:58

    r

  31. 30 Oktober 2013 pukul 20:13

    semoga bermanfa’at

  32. m yazidul fudhola
    3 November 2013 pukul 21:26

    belajarlah ilmu nahwu dan shorof krna itu termasuk bahasa al qur’an

  33. 25 November 2013 pukul 12:12

    mas kalau bisa cantumkan kelebihan dan kekurangan kitab nya , biar bisa dibandingkan ma kitab nahwu lain nya…….

  34. Anonymous
    11 Desember 2013 pukul 09:53

    Apa arti bab laa

  35. 11 Desember 2013 pukul 11:58

    M kcih infone

  36. ramdani
    12 Desember 2013 pukul 21:53

    pembagian bab i’rob ada berapa dan sebutkan tanda2 i’rob rofa’

    trimakasih

  37. 18 Desember 2013 pukul 13:01

    kbutulan saya lagi blajar elmu nahwu mhon doanya aja supaya hasil

  38. 20 Desember 2013 pukul 16:11

    assamualaikum ya akhi ada g aplikasi kitab asliny?

  39. shofiyah
    21 Desember 2013 pukul 19:32

    i like jurumiah ,,but ,,susah mengerti gmana yy?

  40. 28 Desember 2013 pukul 14:48

    Kalam terbagi berapa.?

  41. Anonymous
    28 Desember 2013 pukul 21:17

    bagaimanakah yg di katakan munada

  42. Anonymous
    28 Desember 2013 pukul 21:27

    kalamuna lafdon mufidon kastaqim

  43. Anonymous
    3 Januari 2014 pukul 23:11

    Kok cuma bab-babnya aja yg ditampilkan…Pembahasan mana..Kok indak ada sih..

  44. Anonymous
    4 Januari 2014 pukul 12:42

    saya ingin gimana ya saya ingin bisa me logat kitab2 kuning sedangkan saya pkiran saya lemah trhadap ilmu nahwu tetapi saya sudah berusaha tpi hsilnya gk berubah gimana caranya ingin menerapkan pkiran saya ke ilmu nahwu?’???

  45. 5 Januari 2014 pukul 06:20

    google

  46. 5 Januari 2014 pukul 06:22

    yahoo

  47. 5 Januari 2014 pukul 06:37

    saya tidak terlalu mengerti tentang kitab nahwu sorof yg di artikan dgn b.jawa jadi yg saya butuhkan adlh terjemahan kitab nahwu sorof dgn b.indonesia.

  48. 7 Januari 2014 pukul 13:38

    HATI MU DAN HATI KU

  49. 7 Januari 2014 pukul 13:44

    Anonymous

  50. 7 Januari 2014 pukul 13:48

    Dr.3G.Riky maulana.RR

  51. 7 Januari 2014 pukul 13:52

    Doctorthereezi C’pecinta Islam

  52. 27 Januari 2014 pukul 17:31

    bagai mna cranya biar mudah menghafal ilmu nahwu sorof itu ya,,?

  53. Anonymous
    4 Februari 2014 pukul 22:41

    apa isim itu

  54. 22 Februari 2014 pukul 08:26

    q sebenarnya bingung tidak maksud2 untuk memahaminya gmna caranya yah

  55. Syahrul
    22 Februari 2014 pukul 14:41

    Ag pngen bsa ilmu nahwu

  56. 1 Maret 2014 pukul 09:51

    Suka

  57. 19 Maret 2014 pukul 15:30

    peh cekaraNg aku bisa nih

  58. 22 Maret 2014 pukul 22:14

    kok gax komplit terjemahannya :(

  59. bab kalam
    28 Maret 2014 pukul 20:32

    Apa yaitu:I’rob.

  60. 29 Maret 2014 pukul 18:56

    Kalo bisa trjemahan.y singkat dan jelas

  61. 1 April 2014 pukul 21:13

    saya mau belajar jurumiyah tetapi umur saya sudah 45 tahun apakah ada manfaat dan bakal bisa…ingatan sudah kurang tentunya makasih…

  62. knapa kata romadon walau kemsukan amil nawasib/khofad tetep di baca romadona?tolong bantu jawab yah....
    13 April 2014 pukul 09:40

    google

  63. 22 April 2014 pukul 08:15

    aku suka

  64. 24 April 2014 pukul 09:25

    خير

  65. Anonymous
    25 April 2014 pukul 10:44

    ada berapakah fail? beserta penjelasanya!

  66. -
    25 April 2014 pukul 10:49

    apa itu fail? dan ada berapa? beserta penjelasanya!

  67. Anonymous
    25 April 2014 pukul 19:22

    isim pail iyalah isim yg tdk berdomir isim pail ada 3

  68. 4 Mei 2014 pukul 11:52

    ko gk ada logat’a sih.

  69. Anonymous
    8 Mei 2014 pukul 15:19

    Apakah hamil di luar nikah itu apakah sah nikahnya lw gk ijab kobul lagi

  70. abde ulyanie
    10 Mei 2014 pukul 02:01

    Trimakasih.. Atas atas sharenya.. Sungguh ini bermanfaat. Akan saya plajari. Jika nnti ada prtanyaan. Mhon bimbinganny y.. Ustadz.

  71. syaefulmalik al-mujarod
    13 Mei 2014 pukul 20:25

    saya disuruh hafal 39 bab tapi saya baru hafal 6 bab gimana cara nya supaya bisa hafal soal nya dalam 41 hari saya harus hafal 39 bab balas yah

    • Heri juhaeri
      20 Februari 2015 pukul 22:03

      Supaya cepat ter hapal.satu hari satu bab lw bisa.tpi cara menghapal ny.di baca dlu.secara ula2.ng.sampai berapa kali.sblum apal

  72. 17 Mei 2014 pukul 13:59

    shiip sae. . .

  73. Anonymous
    24 Mei 2014 pukul 12:07

    Knp utak gue bebel mulu buat blajar jurumiyah

  74. Anonymous
    25 Mei 2014 pukul 14:24

    knp sya bingung belajr nahu

  75. 25 Juli 2014 pukul 15:35

    knp sya tdk bisa artikan

  76. 25 Juli 2014 pukul 15:37

    imron rosayadi

  77. Abdul
    2 Agustus 2014 pukul 20:03

    Ya ALLAH Semoga aku Bisa Nahwu Dan Sorof ,, Amin

  78. Anonymous
    3 Agustus 2014 pukul 22:47

    pal,ismu , utawi ngaran isim, iku yu ropu den kena weruhi bedane isim lan pi,il, wa,hopdi,, wasini, watanwini,waduhulil alipi,, wah kngen ngaji nawhu,

  79. 5 Agustus 2014 pukul 07:04

    semoga kamu bisa nahu shorop

  80. 5 Agustus 2014 pukul 17:04

    aku bisakok ……..

  81. muhtadin
    13 Agustus 2014 pukul 14:21

    ustdz jika berkenan bisa ga mengirimkan data ini ke email saya, terimakasih

  82. Anonymous
    25 Agustus 2014 pukul 01:44

    Bangaimana cra dowlond kitab jarumimya

  83. ira nur sopyan
    15 September 2014 pukul 08:38

    wow eumz azjib ajib sae

  84. ferlin
    17 September 2014 pukul 16:25

    tentang bab ikrab

  85. Anonymous
    24 September 2014 pukul 08:26

    penjelan maf’ul ma’ah

  86. Anonymous
    2 Oktober 2014 pukul 17:18

    weleng seorang gila, ojo dumeh urep kabeh mek sandi woro

    • Heri juhaeri
      20 Februari 2015 pukul 22:21

      Saya suka jurimah.pke bhasa jawa.alkalamu.utawi hya ngaran kalam.iku alapdzu.kangden ucapaken.almurokabu kanden susun2.almupidu turkang aweh paedah.bil wadngi.kalawan bhasa arab.

  87. aripinpapeng
    21 Oktober 2014 pukul 21:50

    al,murobatu utawi kalimah kangden i,roban,,, wahhh jd kangen kobong,,,

  88. 24 Oktober 2014 pukul 14:37

    Hatur nuhunt elmu na

  89. wahid setiono
    26 Oktober 2014 pukul 16:46

    i’rab =perubahan dibeberapa akhr kalimah krna perbeda.an ngamil yg masuk,baik scra lafad ato di kira2kan.

  90. Ahmad Nur iman
    8 Desember 2014 pukul 23:09

    subhanallah.saya langsung tenang bila mendengar tasripan…

  91. ana
    11 Desember 2014 pukul 19:02

    cpha yang mau yg siap setiap wktu aku sms untuk belajar ilmu nahwu shorof

  92. 17 Desember 2014 pukul 11:23

    hoyong pisan,, ngarti kana elmu alat,, atawa nahwu sharaf

  93. 17 Desember 2014 pukul 19:39

    Ustadz naon kalam kalim kalimah

  94. 17 Desember 2014 pukul 20:10

    Apa beda ny dn artiny kalam kalim kalimah

  95. 17 Desember 2014 pukul 20:16

    Tolong ustadz di tunggu jwbn X

  96. Anonymous
    30 Desember 2014 pukul 14:26

    Contoh rofa ny dg dhomah apa sih ?
    Tlng info nya ya …. trims…

    • 7 Juni 2015 pukul 01:51

      Maaf pkai bahasa ind0nesia. C0nt0h ja•a zaidun

  97. Anonymous
    3 Januari 2015 pukul 15:14

    Kenapa lafadz ahmada tidak bisa je’er?
    Jelaskan

    • Heri juhaeri
      20 Februari 2015 pukul 22:11

      Lapadz ahmada itu kan nasab.mabni patah..bukan mabni kasroh.itu kan jeer.

    • 7 Juni 2015 pukul 01:57

      Lafadz ahmada jer k0 jer pakai fathah karna isim H0iru mungs0rip

  98. 8 Januari 2015 pukul 02:13

    kata santri salapi,kalu mudop itu ada alif lam man

  99. hamba Allah
    10 Januari 2015 pukul 23:44

    Izin di share ya artikelnya

  100. muhamad
    15 Januari 2015 pukul 10:43

    ustadz,saya mau beli kitab jurumiyah yg ada terjemahanya dimana belinya?

  101. Anonymous
    20 Januari 2015 pukul 13:12

    pelajarilah ilmu2 yg di berikan untuk menuju jalan yg mustaqim..

  102. michael
    16 Maret 2015 pukul 09:47

    mau cepat bisa belajar ilmu jurumiyyah makannya ngaji oky……………………………………………..

  103. michael ORZ
    16 Maret 2015 pukul 09:49

    mau belajar cepat ilmu jurumiyyah makannya ngaji oky……………………………………..

  104. nurhayati
    16 Maret 2015 pukul 23:45

    Matursuwun ilmune njeh…alhamdulillah ingsyaalloh dados berkah amiiinnn

  105. Anonymous
    21 April 2015 pukul 00:36

    Bab satu

  106. 1 Mei 2015 pukul 11:12

    tERIMAKASIH GAN..

  107. Anonymous
    6 Mei 2015 pukul 15:00

    Assalamualaikum
    Saya ad buku jurumiyah persi b.arab namun saya sdikit sulit memahaminya…kalu boleh saya mau lihat persi indonesia.

  108. ibr0
    7 Juni 2015 pukul 01:02

    Pada lafad fiddunya itu kan dibaca jer kenapa jernya ngga pakai kasr0h

  109. 7 Juni 2015 pukul 01:35

    Saya menjawabi bahwa lafadz ahmada itu dibaca jer.almat jer pakai fathah karna iisim h0iru mungs0rip yang artinya mempunyai wazan fiil atau alamiyah

  110. Anonymous
    18 Juni 2015 pukul 06:18

    trimakasih mohon bantuanya di bulan ramadan ini sy ingin belajar ilmu alat semoga lancar,..

  111. 29 Juni 2015 pukul 14:30

    bisa di donwload engga ya

  112. Anonymous
    2 Juli 2015 pukul 15:18

    Saya ingin bangga dgn belajar ilmu nahwu
    …….

  113. 15 Juli 2015 pukul 22:23

    pantang mnyerah

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 763 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: