Pengertian Nahwu Shorof

NAHWU adalah kaidah-kaidah  Bahasa Arab untuk mengetahui bentuk kata dan keadaan-keadaannya ketika masih satu kata (Mufrod) atau ketika sudah tersusun (Murokkab). Termasuk didalamnya adalah pembahasan SHOROF. Karena Ilmu Shorof bagian dari Ilmu Nahwu, yang ditekankan kepada pembahasan bentuk kata dan keadaannya ketika mufrodnya.

Jadi secara garis besar, pembahasan Nahwu mencakup pembahasan tentang bentuk kata dan keadannya ketika belum tersusun (mufrod) , semisal bentuk Isim Fa’il mengikuti wazan فاعل, Isim Tafdhil mengikuti wazan أفعل, berikut keadaan-keadaannya semisal cara mentatsniyahkan, menjamakkan, mentashghirkan dll. Juga pembahasan keadaan kata ketika sudah tersusun (murokkab) semisal rofa’nya kalimah isim ketika menjadi fa’il, atau memu’annatskan kalimah fi’il jika sebelumnya menunjukkan Mu’annats dll.

Satu kata dalam Bahasa Arab disebut Kalimah (الكَلِمَة) yaitu satu lafadz yang menunjukkan satu arti.

Kalimat atau susunan kata dalam Bahasa Arab disebut Murokkab (المُرَكَّب). Jika kalimat / susunan kata tersebut telah sempurna, atau dalam kaidah nahwunya telah memberi pengertian dengan suatu hukum ” Faidah baiknya diam” maka kalimat sempurna itu disebut Kalam (الكَلاَم) atau disebut Jumlah (الجُمْلَة).

Kalimah-kalimah dalam Bahasa Arab, diringkas menjadi tiga macam:

1. Kalimah Fiil (الفِعْلُ) = Kata kerja

2. Kalimah Isim (الإِسْمُ) = Kata Benda

3. Kalimah Harf (الحَرْفُ) = Kata Tugas.

Khusus untuk Kalimah Fi’il, bisa dimasuki: قد, س, سوف, Amil Nashob ان dan saudara-saudaranya, Amil Jazm, Ta’ Fa’il, Ta’ Ta’nits Sakinah, Nun Taukid, Ya’ Mukhotobah.

Khusus untuk Kalimah Isim, bisa dimasuki: Huruf Jar, AL, Tanwin, Nida’, Mudhof, Musnad.

Khusus untuk Kalimah Harf, terlepas dari suatu yang dikhusukan kepada Kalimah Fiil dan Kalimah Isim.

Menurut wazannya, asal Kalimah terdiri dari tiga huruf, 1. Fa’ fi’il, 2. ‘Ain Fi’il, 3. Lam Fi’il (َفَعَل). Apabila ada tambahan asal, maka ditambah 4. Lam fi’il kedua (َفَعْلَل). Apabila ada tambahan huruf bukan asal. maka ditambah pula pada wazannya dengan huruf tambahan yang sama, semisal  ٌمُسْلِم ada tambahan huruf Mim didepannya, maka ikut wazan مُفْعِلٌ.

Pelajaran selanjutnya →

Pembahasan Kata Kerja

  1. 14 Desember 2010 pukul 00:33 | #1

    جزاكم الله خيرا!

  2. IRA
    15 Januari 2011 pukul 19:54 | #2

    Assalamuaalikum…..
    Salam Ukhuah,
    semoga dengan adanya belajar nahwu oneline ini bisa membantu dalam mentafsirkan Al-quran. mudah-mudahan dapat saya pahami walaupun agak sulit.tolong dibantu ya1

    • Anonymous
      27 Juni 2012 pukul 11:54 | #3

      amin2 ya robal allamin

    • Anonymous
      14 Desember 2013 pukul 08:28 | #4

      ami…………n semoga di berkahkan ilmu kita semua

  3. ameriuk
    16 Januari 2011 pukul 21:28 | #5

    Alhamdulillah… Ya Alloh… mudah2an saudaraku yang menyusun blog ini diberikan keberkahan dalam hidupnya… dimudahkan segala urusannya… serta diberikan fahala yang berlimpah atas ilmu yang ia bagikan pada kami…amin…

  4. 15 Maret 2011 pukul 21:07 | #6

    subhanalloh…me review kembali pelajaran nahu sharaf yg aku dapatkan waktu di ibtadiyah di kampung..makasih makasih.

  5. khusyifa
    15 April 2011 pukul 15:10 | #7

    bagus dong orang yang bisa baca kitab gundul pasti pntr nahjwuuuuuuuuuu

  6. Anonymous
    18 April 2011 pukul 23:48 | #8

    alhamdulilah ternyata banyak orang yg memperhatikan ilmu nahwu dan sorop.

    • Anonymous
      10 November 2013 pukul 11:13 | #9

      karna masih ada orang yang suka bahasa arab

  7. alben ahmad sauri
    25 April 2011 pukul 15:15 | #10

    saya pengen mengusai ilmu shorof dan nahwu supaya bisa membaca kitab kuning dan gundul

    • Anonymous
      27 Februari 2013 pukul 22:02 | #11

      Awal santri untuk mempelajari kitab nahwu dan sorof yaitu belajar dan madrasah di pondok seperti saya alhamdulillah saya sedikit demi sedikit bisa mempelajarinya walaupun belum menguasainya. ini semua berkat mondok apa jadinya kalau misalkan aku ga mondok pasti aku jadi anak nakal

      • Anonymous
        14 Oktober 2013 pukul 10:45 | #12

        Kmu ini sombong bkan krna mondok kmu yg tahu tpi Allah yg memberi izin untuk tahu

      • Anonymous
        2 Desember 2013 pukul 20:17 | #13

        ya alhamdulilah

    • abduz
      12 November 2013 pukul 20:53 | #14

      aque jg ingin menguasai ilmu nahwu dan sorrof

  8. ngaji maneh
    15 Mei 2011 pukul 04:28 | #15

    ass…
    langkah awal apa yang harus di lakukan santri untuk bisa mengerti nahwu shorof..

    • Anonymous
      14 September 2012 pukul 15:12 | #16

      ea syaratnya ngaji biar tau masalah nahwu okay

    • Anonymous
      9 Oktober 2013 pukul 10:41 | #17

      shohiihun ..

  9. hamba allah
    28 Mei 2011 pukul 19:54 | #18

    assalamualaikum sebelum dan sesudah melihat bahasannya saya ucapkan hatur nuhun alias terima kasih, tapi saya baru tahu ilmu nahwu sorof pengenya sih ada trik-trik supaya cepet nempel ilmu nahwu sorofnya…

  10. Al hamid
    30 Juni 2011 pukul 07:25 | #19

    Subhanalloh..Tlah lma ana pelajari nahwu , tp ana cndiri g tw arti kta nahwu..Eh apa bedanya nahwu dan shorof ?
    Syukron..

  11. 22 Juli 2011 pukul 09:08 | #20

    Assalamualaikum, saya suka dengan artikelnya,

  12. Anonymous
    26 Juli 2011 pukul 09:54 | #21

    شكرا يا اخواني
    ane sebenarnya sdh punya buku Syarah Alfiyyah Ibnu Malik oleh Ibnu ‘Aqil. Bukunya tebal sehingga berat dibawa untuk mobile kemana-mana. Akhirnya ane tinggal az buku itu di rumah bila ane tugas di luar daerah.
    Alhamdulillah ane temukan disini File-nya untuk di-download. Ane bisa buka kapan saja tanpa harus berat2 membawanya, cukup klik di lappy ane.

    جزاكم الله خيرا كثيرا

  13. kang lee kin
    30 Juli 2011 pukul 20:11 | #22

    asssalamualikum,….. di tengah kebodohanku dan ketidakmampuanku amsih ada orang yang baik hati membantuku,trimakasih pelajarannya

    • anwar
      26 Februari 2014 pukul 10:56 | #23

      semua karena kita berusaha sekuat tenaga (ikhtiyar) dan tak lupa disertai do’a

  14. 3 Agustus 2011 pukul 18:52 | #24

    terima kasih

  15. Luluk
    14 Agustus 2011 pukul 18:13 | #25

    Trmksh.. Q gk ngrti ilmu in klu tdk dtrangkan lgsug

  16. 17 Agustus 2011 pukul 19:26 | #26

    Alhamdulillah. .blum ngrti coz blm pernh blajar.

  17. 28 Agustus 2011 pukul 14:29 | #27

    Alhamdulilah jaza kumuwlohu khoiro ats pnjlsan nya. Tpi klo belajar hadist cma ngandelin nahwu shorof tanpa mangkul apa arti ny ? Agma tdk bsa d pelajari scra otodidat. Klo sdah seperti itu. Akn trjdi rokyu. Dn rokyu sudah pasti menyesat kn.

  18. Penjelajah
    7 September 2011 pukul 15:33 | #28

    Kepada pemilik blog,ada hujatan dari para walan tardha mengenai kesalahan fatal tata bahasa quran.ikut bela kami di sini pak.

    http://www.answering.ff.org

    ilmu bapak amat dibutuhkan netter2 muslim yg sedang berjihad melawan para penghujat di sana.

    • Akhifa Danie
      26 Juli 2012 pukul 16:26 | #29

      nah kalian, hmm…. Al-qur’an itu induk nya tata bahasa, semua bahasa justru berangkat dari Al-Qur’an, bagaimana bisa salah, jika kita menggabil ROLL / PENGGARIS lalu d bilang ukurannya salah, apa betul? yang salah pasti yang mengukurnya karena tidak faham ilmu ukur, nah begitu juga dengan bahasa Al-Qur’an, misalkan kata kun fayakun “jadi maka jadi lah iya”, past tense dalam bahasa arab bukanlah kun fayakun tapi kun fakana, tapi karena kun fayakun lebi tinggi maka kunfayakun lah yang dipakai, kemudian baha
      sa Al-Qur’an itu tergantung dengan kalimat di belakang dan kalimat apa ke depan, jadi tidak mungkin sama selalu dalam setiap kalimat, pasti mereka merujuk pada buku ABDUL FADI 20 KESALAHAN TATA BAHASA dalam Al-Qur’an, hahaha, biarin aja lah, dI jelaskan juga ga bakal faham mereka.
      contoh lain adalah makna wajib pada ilmu kalam/tauhid
      ma yatasawwaru fi aqli bi adamihi >> di baca YA artinya “barang-barang yang tidak mungkin di terima oleh akal akan ketiadaannya”
      ma yu tasawwaru fi ‘aqli bi adamihi >>di baca dengan Yu artinya barang-barang yang tidak di dapat oleh akal akan ketiadaannya,
      apakah ini tatabahasanya salah ? hahaha
      pasti tidak kan,
      klo yutasawwaru = La idraku = tidak di dapat
      klo yatasawwaru = La yumkinu = tidak mungkin
      pengayaan bahasa saja. wallahu’aklam.
      tapi apa guna debat bahasa Al-Qur’an dengan mereka yang tak faham Al-Qur’an ? “matahari tidak akan rusak hanya karena ada orang buta yang tak bisa melihat sinarnya.

      mohon maaf pada pemilik blog, karena saya sudah menjawab pertanyaan ini….

  19. Faizun.R
    15 September 2011 pukul 06:02 | #31

    .,SEm0ga jj ilmu ini bnyk di minati oleh anax muda zaman sekarang,,amieen.

    gx hanya ilmu dunia jj yg d gilai oleh pemuda.indo,,
    ,sekarang luluzan smp.sma,s1-s4. Blum tentu kerja.,
    ,Tpi kalau bljr ilmu ini d jamin dEch., BErguna..

    Wkwkwk.. Pieace..

    • 18 September 2011 pukul 18:54 | #32

      Aamien…. syukron kang atas Do’anya…

      • 28 November 2012 pukul 13:34 | #33

        ea” setuju tapi kenapa ya dalam kitabapa ya lupa saya.,.,
        intinya knpa kita di anjurkan belajar ilmu kesehatan dan fiqih
        padahal aku suka ilmu nahwu apa lagi sawer ndk pondok.,.

      • 22 April 2013 pukul 13:01 | #34

        alhamdulillah saya dapat penerangan, makasih atas ilmunya :-)

    • Akhifa Danie
      26 Juli 2012 pukul 16:18 | #35

      nah kalian, hmm…. Al-qur’an itu induk nya tata bahasa, semua bahasa justru berangkat dari Al-Qur’an, bagaimana bisa salah, jika kita menggabil ROLL / PENGGARIS lalu d bilang ukurannya salah, apa betul? yang salah pasti yang mengukurnya karena tidak faham ilmu ukur, nah begitu juga dengan bahasa Al-Qur’an, misalkan kata kun fayakun jadi maka jadi lah iya, past tense dalam bahasa arab bukan kun fayakun tapi kun fakana, tapi karena kun fayakun lebi tinggi maka kunfayakun lah yang dipakai, kemudian bahsa Al-Qur’an itu tergantung dengan kalimat di belakang dan kalimat apa ke depan, jadi tidak mungkin sama selalu dalam setiap kalimat, pasti mereka merujuk pada buku kesalahan tata bahasa dalam Al-Qur’an, hahaha, biarin aja lah, de jelaskan juga ga bakal faham mereka, ibarat “matahari tidak akan rusak hanya karena ada orang buta yang tak bisa melihat sinarnya”
      contoh lain adalah makna wajib pada ilmu kalam/tauhid

      ma yatasawwaru fi aqli bi adamihi >> di baca YA artinya “barang-barang yang tidak mungkin di terima oleh akal akan ketiadaannya”

      ma yu tasawwaru fi ‘aqli bi adamihi >>di baca dengan Yu artinya barang-barang yang tidak di dapat oleh akal akan ketiadaannya,

      apakah ini tatabahasanya salah ? hahaha
      pasti tidak kan, tapi apa guna debat bahasa Al-Qur’an dengan mereka yang tak faham Al-Qur’an ?

      klo yutasawwaru = La idraku = tidak di dapat
      klo yatasawwaru = La yumkinu = tidak mungkin
      pengayaan bahasa saja. wallahu’aklam.

  20. 19 September 2011 pukul 19:12 | #36

    Bgus lah. ?

  21. ndith_vloristh
    30 September 2011 pukul 15:00 | #37

    terima kasih sudah mempermudah saya untuk belajar tentang agama,,,

  22. 11 Oktober 2011 pukul 14:31 | #38

    Gk da ktabnya ne?

  23. Anonymous
    11 Oktober 2011 pukul 15:49 | #39

    Ilmu nahwu adl ilmu prtama….

  24. Anonymous
    23 Oktober 2011 pukul 21:08 | #40

    terimakasih ustad materinya

  25. 26 Oktober 2011 pukul 10:42 | #41

    Assalamualaikum wr.wb. Jazakallah ustadz atas ilmunya. Semoga barakah…

  26. 26 Oktober 2011 pukul 15:34 | #42

    Jaaza kum allahu ahsanal jazaa

  27. norr ohman
    30 Oktober 2011 pukul 03:39 | #43

    good job..

  28. Usman
    1 November 2011 pukul 12:59 | #44

    Alangkah baiknya klo di cantumkan contoh tulisan arabnya.

  29. iteung poerbo
    2 November 2011 pukul 05:51 | #45

    naaa….ini penting untuk belajar tatabahasa Arab….
    Mau nanya aahhh….

    KENAPA kata KUTIBA dalam kalimat KUTIBA ‘ALAIKUM atau KUTIBA ‘ALAIHIM di artikan dalam terjemahan menjadi DIWAJIBKAN ??
    Bukankah KUTIBA berasal dari kata KATABA-YAKTUBU ? dan artinya BUKAN wajib.
    Mohon penjelasan doooong….

    • najWa
      23 November 2011 pukul 20:21 | #46

      kutiba itu artinya bisa “ditulis” atau “diwajibkan” jadi tergantung kalimatnya saja. . . . . . . .

    • 23 November 2013 pukul 07:38 | #47

      gimana ya

  30. syarif
    28 November 2011 pukul 10:23 | #48

    afwn tlng dong bhs arab.syukrn

  31. Anonymous
    29 November 2011 pukul 21:25 | #49

    bermanfaat sekali, pak ustad buka kelas bahasa arab gk ya? ana tertarik berguru nih…

  32. 10 Desember 2011 pukul 18:47 | #50

    Ga tau!

  33. 13 Desember 2011 pukul 12:31 | #51

    allhamdulillh …..
    yang aku harapkan moga ank” muda indonesia bisa berbhsa arab,yng di plajari tdk hya bhs inggris,tpi bhsa arab juga penting..

  34. salamah
    22 Desember 2011 pukul 19:04 | #52

    Kok ada yang gak bisa di klik yah???

  35. ridwan alfaridu
    23 Desember 2011 pukul 17:13 | #53

    jazakallahu khoiron katsiron

  36. lukman hakim
    31 Desember 2011 pukul 23:20 | #54

    saya belum begitu mengerti.soal ndhwu syorof. Mohon bimbingannya

  37. Shodikin
    5 Januari 2012 pukul 13:10 | #55

    Aku punya impian untk m3njadi ahli nahwu dan shorof. . Tpi aku msh bngung. . Di mna aq hrus belajar ttg ilmu itu. . Ad kch org yg mau mengajari aku secara kusus….?

  38. 16 Januari 2012 pukul 17:31 | #56

    alhamdulillah, akhirnya aku nemu’in cara gimana belajar bahasa arab online. terima kasih banyak

  39. Anonymous
    21 Januari 2012 pukul 10:10 | #57

    Saya sangat merasa senang dengan ada nya ilmu nahwu di internet….
    Sya hanya mengucap kan ribuan trima ksi….

    • Anonymous
      4 September 2012 pukul 20:24 | #58

      Anonymous :
      Saya sangat merasa senang dengan ada nya ilmu nahwu di internet….
      Sya hanya mengucap kan ribuan trima ksi….

  40. 21 Januari 2012 pukul 10:17 | #59

    Sngat selaku pelajar pondok pasantren Darussa’adah mengucap kan ribuan trima kasih dengan ada nya pembahasan ilmu nahwu di internet….
    Alhamdullillah…

  41. 21 Januari 2012 pukul 14:15 | #60

    BAGUS..

  42. Buudi
    2 Februari 2012 pukul 06:16 | #61

    Alhamdulillah dengan adanya blog ini,aku bisa belajar nahwu jadi ingat lagi di madrasah aliyyah ,daripada fecebook melulu ga bermanfaat,ya bisa dibuka lewat hp ko jadi ga susuh bawa-bawa leptop waktu bepergian

  43. asmsul
    2 Februari 2012 pukul 11:30 | #62

    haruss bisa lebikh darii yang laiin ilmu sorof nya akh

  44. 6 Februari 2012 pukul 17:50 | #63

    alhamdullah. . .
    dg dax situs web ini aq dpt bljr dg baik. .

  45. munawaroh
    8 Februari 2012 pukul 18:49 | #64

    Assalaamu’alaikum wr.wb.

    Ustdz saya pen dibikin mp3 jurmiyah dan amriti ya, buat ngapalin… Makasih ustadz..

    Wa’alaikum salaam wr.wb.

  46. iman budiman
    14 Februari 2012 pukul 16:02 | #65

    smoga ini mempermudah belajar bhs arab,,,

  47. Anonymous
    29 Februari 2012 pukul 09:46 | #66

    Assalamualaikum… saya sedang mempelajari bahasa arab… boleh saudara/ri memberitahu saya apa takrif mabni dan contohnya… terima kasih

  48. Anonymous
    2 Maret 2012 pukul 14:10 | #67

    yang di sebut mabni yaitu isim yang tetap dan tak bisa di ubah…lain halnya dengan mu’rob yang bisa di ubah tapi dengan kaidah2 tertentu….

  49. Anonymous
    18 Maret 2012 pukul 19:48 | #68

    Jazakallah Hairun Khashirah.. Ini Info yg sangat berguna. Terima Kasih ya, Minta izin share.. Semoga KIta diberkahi Allah SWT .. Amiinnn..

  50. abdul aziz
    28 Maret 2012 pukul 06:38 | #69

    mana pengerian syorofnya

  51. luman
    28 Maret 2012 pukul 14:07 | #70

    ASSALANU’ALIKUM……..

    ”YAROBBIBIL MUSTOFA” bisa di baca berapa wajah….???

    itu saja yang saya tanyakan..

    WASSALAMU’ALIKUM…….

  52. ahmad hunt dhiky assingkili
    2 April 2012 pukul 20:21 | #71

    alhamdulillah,mudah mudahan ustadtz mendapat pahala yg tiada putus dari allah…..amin……..

  53. Anonymous
    13 April 2012 pukul 00:15 | #72

    Alhamdulillah jadi faham dikit dikit…
    Berkah ente..

  54. 14 April 2012 pukul 06:57 | #73

    saya masih kurang faham apa beza fail dan isim fail

  55. assazin
    16 April 2012 pukul 11:01 | #74

    ass…
    terimakasih atas pelajaranya, smoga dgn adanya artikel ini bisa membuat kita lebih dalam mempelejari ilmu bahasa arab

  56. Anonymous
    28 April 2012 pukul 08:59 | #75

    assalamualaikum warohmatullahiwabarokatuh…..saya minta izin mencopy buat referensi mengajar di tpa saya…..boleh tidak?

  57. zacky
    2 Mei 2012 pukul 05:11 | #76

    Alhamdulillah menemukan blog ini semoga barokah

  58. 24 Mei 2012 pukul 07:01 | #77

    Umur saya 47th sebetulnya ingin belajar nahwu secara maksimal tapi kok kesulitan ya dengan adanya blog alhamdulillah kami bisa belajar nahwu secara maksimal tapi kalau ada kesulitan mohon bantuan .Semoga dengan adanya situs ini bisa bermanfaat Aamin

    jazakallahu khoiron katsiron

  59. 9 Juni 2012 pukul 15:46 | #78

    nahwu itu gampang dan juga menyenangkan , apalagi pas waktunya hafalan hmmmm, mengasyikkan , gurunya ramah lagi, apalagi shorofnya , dah hafal banyak sekali , aq suka pelajaran keduanya , buat semua yang suka ilmu nashor , giat terus untuk mendapatkan kesuksesan!!!

  60. fidra aryanto
    10 Juni 2012 pukul 12:02 | #79

    alhamdulillah, terima kasih pak atas penjelasannya. bisa membantu saya belajar memahami ilmu nahwu dan shorof. maturnuwun.

  61. 14 Juni 2012 pukul 11:03 | #80

    ak blm prnh blajar nahwu, bs gk ajarin ak, untuk menjadi motivasi aja.

  62. 14 Juni 2012 pukul 11:24 | #81

    sesulit apapun, ak akn ttp brushauntuk mmplajarinya…..

  63. 17 Juni 2012 pukul 18:47 | #82

    assalamualaikum..boleh berikan saya contoh2 faal muta’adi yang ada 2 ..syukran wasalam

  64. ariana
    3 Juli 2012 pukul 18:13 | #83

    apakah perbezaan isim fa’il dengan sifat musyabbahah dan berikan contoh untuk membezakan antara dua tajuk ini

  65. Anonymous
    5 Juli 2012 pukul 21:47 | #84

    assalamu alaikum ustazd, gimana cntohnya piil mutaddi………………..?

  66. 8 Juli 2012 pukul 06:24 | #85

    Klo Bsa Saya Minta Stiap Huruf Arabnya Pke Baris, Krna biar lbih gmpang bcanya, krna bgi yng blum fham btul ama bhsa arab sprti saya sngat ksulitan skali bacanya, apkh ini d bca ftah, ksrah, skun, sya gk tau. Trma ksh

  67. Akhifa Danie
    26 Juli 2012 pukul 15:48 | #86

    melihat bnyak banget yang komen saya sangat bangga dengan blog ini, semoga tetap jaya selalu dalam Lindungan Allah…
    ini sebuah fakta baru ternyata masih banya orang yang ingin belajar nahwu dan saraf di luar dayah atau pesantren atau pondok, semoga para pembaca terus mendapat taUFIQ DAN PETUNJUK dari Allah untuk terus belajar nahwu dan saraf, syukur Alhamdulillah Allah sudah membuka mata kita, semoga kedepan islam jaya di indonesia karena pehaman fiqh nya bukan karena jumlah KTP beragama islamnya banya tapi sebenarnya kosong pengetahuan syar’i nya.

  68. Akhifa Danie
    26 Juli 2012 pukul 15:56 | #87

    dan sekedar motivasi yah, belajar nahwu tidak semudah membalik telapak tangan, kami di pondok belajar nahwu sarah butuh waktu sampe 2 tahun lebih untuk pemahaman nahwunya saja, kami belajar mengahfal saraf siang malam sama teman-teman, dan belajar dengan banyak orang sambil langsung praktika akn jauh lebih mudah dan bersemangat, jadi kalau saudara baru membaca atau baru tahu nahwu dan belum faham jangan putus asa untuk belajar tidak ada yang instan dlam belajar.
    karena tanpa ilmu saraf dan nahwu kita tak bisa membaca kitab kuning, semenetara lautan ilmu fiqh, tauhid dan tasawuf semua ada dalam kitab2 kuning karangan ulama – ulama salaf… semoaga saudara pembaca di berika kesabaran oleh Allah sehingga kita akan faham akan Ayat dan Hadis, dan kita juga akan tahu apa itu bid’ah…. dsb nya.
    mereka yg tidak faham nahwu menagtakan belajar saraf dan nahwu adalah bid’ah, tapi kita tidak perlu urus mereka, kita berdiri pada keyakinan kita sendiri, selamat belajar buat saudara muslim semuanya !

  69. THE DJURUS
    28 Juli 2012 pukul 07:29 | #88

    dari dulu axu ingin jadi ahli dlam berbahasa arab akan ttapi hanya dlam angan tak ada usaha maupun ikhtiar . dan skrang axu sdah kelas 3 MA, mungkinkah axu BISAAAAAAA,,,,,,,
    hati bimbang,RagU dalam angan,sombong, angkuh,tak peduli sesama jadi satu semua.
    keyakinan sejatipun muncul. BaRu sadar akan ketidak bisaan aaaaaaxu.dalam sgala HAL. sudah terlambatkah diriku?
    NURani yg terdalam menjawab AXU LUM TERLAMBAT,
    I AM SURE I CAN BE SUCCES
    ICAN BE USEFUL FOR SOCIETY
    BAAROKALLAHU VIIKA

  70. saputra
    6 Agustus 2012 pukul 20:25 | #89

    saya ingin menguasai nahwu shorof

  71. Anonymous
    13 Agustus 2012 pukul 19:54 | #90

    angel ngapalke

  72. Anonymous
    13 Agustus 2012 pukul 21:40 | #91

    knp pd pembahsan nahwu sorof tidak ada contoh nya

  73. ben nawi
    28 Agustus 2012 pukul 07:55 | #92

    Maaf” sblumnya

    entah sayang yang terlulu bodoh, tpi menurut saya yang saya tmukan dalam muqodimah” ilmu nahwu dan sorof

    definisi ilmu nahu adalah sebuah ilmu untuk mengetahui keadaan akhir kalimat apakah kalimat itu terkena hukum i’rob/bina. Semisal mubtada yang harus dberi irob ropa dan maful bih yang dbri i’rob nasab jika kalimah yang jadi mubtada/maful adalah klmat mu’rob.
    Atau hanya mahalnya saja yang ropa, ktika kalimah yang dbuat mubtada adalah kalmah mabni smisal isim domir {huwa: mabni patah mahal ropa}

    dan ilmu shorof adlah ilmu yang brfungsi mengetahui bentuk kalimah, smsal isim fa’ail, masdar, map’ul DLL.

    Dan jlas! Sorof bukan bgian dari ilmu nahwu, namun saling berkaitan.

    Melainkan nahwu dan sorof masih termasuk dalam bagian ilmu adab bhasa arab yang 12 pan.

  74. anonymous
    31 Agustus 2012 pukul 16:32 | #93

    Tolong dong, dibimbing dari mulai mana belajarnya, apa harus hafalin kata^2 atau langsung nahwu sharafnya. Kalau nahwu sharaf, bab apa yang harus dipelajari dulu dari blog ini.

  75. Anonymous
    7 September 2012 pukul 21:08 | #94

    ikut gbung sob

  76. zaenal
    8 September 2012 pukul 19:42 | #95

    pak ustadz untuk dunlud mp3 nahwu muyasar ada
    referensi g

  77. 16 September 2012 pukul 19:50 | #96

    Jalan-jalan mampir di sini. Blognya bagus mas…

  78. iwan Qwonk
    21 September 2012 pukul 16:55 | #97

    makasih bgt dah mau berbagi ilmunya btw aku masih bingung . apa ada yg lebih mudah krn aku baru pertama x bener2 dasar.. maklum aku bukan org pesantren.. tp aku pengin bisa..mohon saran y.

  79. 24 September 2012 pukul 19:05 | #98

    ciri ciri isim itu apa aja , selain tanwin dan alif lam , mohon bantuan nya …….

  80. sholihuddin
    26 September 2012 pukul 07:15 | #99

    manfa’at ustad syukron………………….

  81. 6 Oktober 2012 pukul 13:46 | #100

    mohon no yang bisa dihubungi atau e mail bagi yang punya bloog ini, ane butuh banget buat tugas sekripsi ane.

  82. papine
    13 Oktober 2012 pukul 00:29 | #101

    alhamdulillah aq bisa belajar bhs arb, nahwu shorof

  83. gay camchat
    31 Oktober 2012 pukul 08:58 | #102

    Great post but I was wondering if you could write a litte more on this
    subject? I’d be very grateful if you could elaborate a little bit more. Many thanks!

  84. Anonymous
    9 November 2012 pukul 16:33 | #103

    KU BELAJAR NAHWU KOK GAX FAHAM_FAHAM YEEEA HEEEEMB HARUUUS DI TINDAX LANJUTI NIIIE

  85. Anonymous
    25 November 2012 pukul 00:23 | #104

    Saya mau tanya Fi’il apa yg boleh d’masuki qod’ syin’ saufa dan ta ta’nis yg mati,, saya blum paham,, tolong blsannya makasih.

  86. 26 November 2012 pukul 20:03 | #105

    alhamdulilah….. ini sangat membantu sy mempelajari bhs arab yg 35 tahun lebih sy tinggalkan. Sekarang sdh tua… tp ttp sy tdk merasa terlambat ha..ha….

  87. 6 Desember 2012 pukul 18:20 | #106

    alhamdulillah,,semoga penyusun blog ini mendapat barokah dari alloh..
    aminn..!!!

  88. Anonymous
    3 Januari 2013 pukul 15:15 | #107

    Bagaimana cara mengi’rop lafat derobeh

  89. 17 Januari 2013 pukul 17:33 | #108

    ane suka ni blog

  90. Anonymous
    26 Januari 2013 pukul 17:53 | #109

    hmmmm,,,,,bagusnya da vidio pembahasan pembelajarannya.supaya saya yang awam ini bisa ikut mudah belajar .

  91. Anonymous
    5 Februari 2013 pukul 12:45 | #110

    wah…………
    seru nya belajar ilmu nahwu

  92. 17 Februari 2013 pukul 05:35 | #111

    ﺟﺰﺍﻛﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺧﻴﺮﺍ

  93. gunawan sardi
    17 Februari 2013 pukul 10:17 | #112

    Bismillahirohmannirrokhim ijinkan aku memulai belajar bhs arab…

  94. Anonymous
    20 Februari 2013 pukul 11:14 | #113

    ikhh mntap
    subhannaallaah

  95. 20 Februari 2013 pukul 14:09 | #114

    alhamdulillah.. mdah2n dngn adanya sarana sperti ini banyak yang tertarik ntuk blajar bhasa arab.. n memahami alquran…

  96. azfa
    7 Maret 2013 pukul 10:44 | #115

    Kepengen banget memperdalam lagi pelajaran nahwu sorof,,tapi nggak Ωđǟ pengajar..

    • 15 April 2013 pukul 21:25 | #116

      Assalamu’alaikum . . . .
      Lngsung sj . . . .
      Sblm.ny mnta maaf, klo bljr nahwu n shorof sangat.lh mudah,,,n untk mncri gru,,,jg sngt bnyk,n sy sarankan tuk bljar d.ponpes AL.IMAN BULUS GEBANG PURWOREJO.di sna anda akn mndpt.kn pljran nahwu n shorof
      wassalamu’alaikum . . . . .

  97. Anonymous
    9 Maret 2013 pukul 20:12 | #117

    mau belajar

  98. subagyo
    12 Maret 2013 pukul 20:37 | #118

    aku mau sekali belajar ilmu nahwu tolng kasih tahu ahi.salam kenl.jazakumuloh hoern

  99. Muh.ikramullah
    13 Maret 2013 pukul 19:28 | #119

    Alhamdullillah,,,,,
    mdh2an dngan pljran nahwu in aku bza lulus di ujian as’adiyah,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    aminn,,,,,,,,,
    ya allah

  100. Anonymous
    24 Maret 2013 pukul 00:16 | #120

    assalamuaLaikum. . .
    Sebelum’a saya minta ma’af Punten pak ustad saya mw bertanya. . .
    Lafad tsalasatu ahrufin boleh tidak di baca tsalasatun ahrufun. . . .???
    Tolong jawab yea. . .
    WassalamuaLaikum. . .

  101. 1 April 2013 pukul 22:28 | #121

    Link exchange is nothing else however it is only placing
    the other person’s website link on your page at proper place and other person will also do similar for you.

  102. Anonymous
    4 April 2013 pukul 15:35 | #122

    apa artinya domir

  103. Anonymous
    4 April 2013 pukul 20:27 | #123

    babari asal aya kadaek

  104. 10 April 2013 pukul 10:47 | #124

    My partner and I stumbled over here coming from a different web page and thought
    I might as well check things out. I like what I see so now i am following you.

    Look forward to looking at your web page yet again.

  105. 14 April 2013 pukul 05:38 | #125

    This is my first time visit at here and i am really impressed to read all at
    alone place.

  106. 15 April 2013 pukul 21:18 | #126

    Huft,,,tiap hri hruz ktmu 5 nahwu shorof,awalnya bosen c . . . . .tp hruz gmna lg,,,
    akhirnya ku nikmati sdikit dmi sdkit pa itu ilmu nahwu+shorof,,,& pd akhrnya ku menuai p yg tlah q tnam,,,rsa.a 1 hr g ktmu nahwu n shorof,HAMPA,
    keren khan bisa baca ktb gndulan (kosongan),,,
    thank’s for AL-IMAN BULUS GEBANG PURWORJO,khususnya ustadz HASAN bin ‘AQIL AL-BA’BUD,,,yg tlah membimbingQ,,,,hngga q dpt mnempuh jln yg lrus,

  107. 20 April 2013 pukul 19:23 | #127

    memang kalam bila nahwu thi’aaman bila malahin

  108. 20 Mei 2013 pukul 16:37 | #128

    aq mlahh blum mengkhatamkan nahwu jurumiah,,, barruuu aja masuk ke tanda” i’rob

  109. 23 Mei 2013 pukul 00:12 | #129

    constantly i used to read smaller articles which also clear
    their motive, and that is also happening with this paragraph which I am reading here.

  110. 26 Mei 2013 pukul 20:19 | #130

    allah huakbar

  111. umi tazky
    7 Juni 2013 pukul 14:59 | #131

    Alhamdulillah.. Ternyata illmu nahwu bnyk yg ingin tahu lebih banyak salah satunya ana..

  112. Anonymous
    9 Juni 2013 pukul 19:44 | #132

    kita sebagai orang islam yang harus bisa membaca al quran tentu harus tahu tata bahasa arabnya

  113. nurul
    21 Juni 2013 pukul 09:20 | #133

    kita harus bisa memahami ilmu nahwu , karna itu sebagian dari agama kita , walaupun kita kadang bingung mempelajarinya , tapi klo kita dibikin rajin mempelajarinya , insya allah kita akan bisa memahami ilmu nahwu :)
    dan saya alkhhamdulilah , dikit demi sedikit saya bisa mempelajarinya , dan saya bisa membaca kitab kuning dngan jelas …
    alkhamdulilah ..
    manjada wajada ….

  114. 21 Juni 2013 pukul 13:23 | #134

    MANJADA WAJADA ..
    terus kejar cita*mu sampai engkau meraihnya ..

  115. akku
    21 Juni 2013 pukul 14:36 | #135

    alhamdulillah.. :)

  116. 21 Juni 2013 pukul 19:06 | #136

    Mau bnget bisa bahasa arab

  117. Umi hukmiati
    22 Juni 2013 pukul 15:00 | #137

    Ma’af apakah bisa di d0wnload,,?

  118. Muhammad walid
    24 Juni 2013 pukul 13:58 | #138

    Alhamdulillah
    smoga anda drahmati Allah,swt jazakalloh khairan atas ilmu nahwu & shorof yg tlah anta buat,nahnu selaku santri/pembaca sngat brterima kasih kpada anta atas ilmunya,
    “ALLAH YAFTAH ‘ALAIKA”

  119. 28 Juni 2013 pukul 04:45 | #139

    Hello are using WordPress for your site platform? I’m new to the blog world but I’m trying
    to get started and create my own. Do you require any html coding expertise to make your own blog?
    Any help would be greatly appreciated!

  120. 29 Juni 2013 pukul 03:27 | #140

    Wow, awesome blog layout! How long have you been blogging for?

    you make blogging look easy. The overall look of your site is magnificent, as
    well as the content!

  121. Casmini
    30 Juni 2013 pukul 20:19 | #141

    Aslm saya mau tnya sy seorg santri mndok baru 2 Thn tp q blm mndpt kn apa ygku mau kya nya otak ku susah banget tk memahami ilmu di pesantren aku ingin banget jadi anak cerdas tolong bantu saya

  122. 4 Juli 2013 pukul 15:26 | #142

    I’m really loving the theme/design of your weblog. Do you ever run into any web browser compatibility problems? A couple of my blog audience have complained about my website not operating correctly in Explorer but looks great in Firefox. Do you have any recommendations to help fix this issue?

  123. 9 Juli 2013 pukul 17:37 | #143

    Assalamualaikum
    saya mau tanya kalau nahwu shorofnya kata “Aamiin” itu gmn y penjabarannya ? terima kasih

  124. Anonymous
    11 Juli 2013 pukul 11:48 | #144

    Alhmdlillah, slam ukhuwah whai saudara se iman dan seagama..
    Trimakasih tuk sblum nya, smga dngan ada nya web ini, khusus nya sya mendpat kan ilmu yg bermanfaat, amiin..
    Sya jadi tringat wktu dlu dkampung bljar ilmu ini dpesantren, hehehe krna gk pernah dgunak in jadi lupa semua nya dech:,
    Tloong bantuan nya yah..
    Dan sya ucap kan trims yg bnyak bagi yg membuat web ini.. Smoga d beri gampil ntuk sgala urusan nya amiiiin..

  125. Sulist
    11 Juli 2013 pukul 13:50 | #145

    Alhamdulilah, sangat bermanfaat, insya Allah akan menjadi bekal bagi penulis kelak di akhirat, bekal yg berguna karena memberikan hikmah pengetahuan yg telah dipelajari kpd masyarakat luas, semoga selalu istiqomah, amiin.

  126. azriza
    12 Juli 2013 pukul 16:17 | #146

    Alhamdulillah. Semoga Allah Swt memberkahi kita semua yang terhimpun dalam kegiatan belajar bahasa Arab khususnya ilmu nahu dan sharraf ini. Terima kasih kepada pemilik blog yang sudi membagikan ilmunya kepada kita semua, semoga Allah Swt mencatatnya sebagai amal sholeh dan membalasnya dengan pahala yang berlipat ganda.

  127. 17 Juli 2013 pukul 05:59 | #147

    gimna sich cra.y untk bsa bljar nahwu??

  128. 29 Juli 2013 pukul 14:46 | #148

    Trimkasih admin..mengingatkan kembali masa belajar dipesantren..sngat bermanfaat

  129. Anonymous
    31 Juli 2013 pukul 13:13 | #149

    Subhanallah

  130. 1 Agustus 2013 pukul 13:48 | #150

    I know this website offers quality based articles and additional data, is there
    any other site which presents such things in quality?

  131. 2 Agustus 2013 pukul 17:33 | #151

    Untung saya udh tau apa itu nahwu sharaf, klo ga tau yahh bsok pling cuma mlongo lihat gurunya bicara
    thang you very much admin :))

  132. 2 Agustus 2013 pukul 17:38 | #152

    Maysilvie :
    Untung saya udh tau apa itu nahwu sharaf, klo ga tau yahh bsok pling cuma mlongo lihat gurunya bicara
    thank you very much admin )

  133. 9 Agustus 2013 pukul 21:13 | #154

    saya adalah orang ingin belajar ilmu nahwu shorof tolong beri tahu saya dimana saya harus mencari guru

  134. 11 Agustus 2013 pukul 19:05 | #155

    It is perfect time to make some plans for the future and it is time to
    be happy. I’ve read this post and if I could I desire to suggest you some interesting things or tips. Maybe you can write next articles referring to this article. I desire to read more things about it!

  135. wawan
    15 Agustus 2013 pukul 16:09 | #156

    tak kenal mk tak sayang. tak kenal nahwu shorof maka tak bisa tambah sayang kitab berbahasa arab (karena tak memahami scr maximal maknawinya)

  136. to
    18 Agustus 2013 pukul 06:15 | #157

    Mohon sekiraqnya bisa setiap istilah-istilah (nama) seperti rofa dll yang dinyatakan dalam bahasa arab dijelaskan (didefinisikan) dahulu maksudnya / maknanya / artinya ke dalam bahasa indonesia, sehingga bagi pemula banget kaya saya ini jadi tidak bengong dan merasa bahasa arab berat buanget. Trims, Mohon maaf lahir dan bathin.

  137. 18 Agustus 2013 pukul 17:14 | #158

    sangat bermanfaat

  138. 20 Agustus 2013 pukul 20:24 | #159

    maksih byak tas ilmunya

  139. 24 Agustus 2013 pukul 10:44 | #160

    salam ukuwah islamiyah.dgn adanya bljr nahwu online ini sangat membantu ketika saya belajar dan mengajar.tank’s

  140. Anonymous
    31 Agustus 2013 pukul 15:43 | #161

    bismillah…
    mudah-mudahan dengan adanya ilmu nahwu inie..dapat mempermdah ak bljar.. amien ya robb..:)

  141. Anonymous
    14 September 2013 pukul 05:22 | #162

    pengertian nya syibeh wadngi

  142. Anonymous
    15 September 2013 pukul 22:26 | #163

    man lahu saykhu lahu fahua sayton

  143. maulida
    20 September 2013 pukul 12:33 | #164

    makasih atas pengertian nya …
    dan ilmynya …..

  144. Anonymous
    25 September 2013 pukul 15:42 | #165

    Ada berapakah huruf jer itu?????

  145. ade sobana
    27 September 2013 pukul 20:56 | #166

    jangan pernh berhenti utk mnybarkn ilmu2 yg brktan dngn kegmaan,trtma ilmu nhw shrf

  146. zky
    30 September 2013 pukul 13:23 | #167

    syukron kasiron

  147. ida
    3 Oktober 2013 pukul 12:57 | #168

    bagaimana caranya belajar nahwu dan shorof agar mudah di mengerti……???

  148. 3 Oktober 2013 pukul 13:17 | #169

    saya langsung tak faham ilmu nahwu belajar dgn guru tak faham belajar secara on line pun tak ngerti…isim mufrod dan seluruhnya tak faham

  149. 4 Oktober 2013 pukul 21:54 | #170

    sangat bagus untuk saya yg sudah tidak di pondok pesantren, mengingat kembali ilmu nahwu yg sudah lumayan lama tidak bercengkrama dgn mu…

  150. 4 Oktober 2013 pukul 21:55 | #171

    sangat bagus untuk saya yg sudah tidak di pondok pesantren, mengingat kembali ilmu nahwu yg sudah lumayan lama tidak bercengkrama dgn mu…

  151. gojoy ibnhu akil
    7 Oktober 2013 pukul 21:35 | #172

    Mantap

  152. ma’rusy Amien
    8 Oktober 2013 pukul 21:28 | #173

    knapa fi’il amr tdk bisa di majhulkan?

  153. Anonymous
    9 Oktober 2013 pukul 13:57 | #174

    bagus, bisa flash back dg belajar ilmu nahwu shorof ketika di majelis taklim kajian kitab kuning

  154. Anonymous
    14 Oktober 2013 pukul 10:42 | #175

    Sya ska ilmu nahwu

  155. Anonymous
    24 Oktober 2013 pukul 05:28 | #176

    Thanks atas pelajarannya

  156. 6 November 2013 pukul 18:59 | #177

    Alhamdulillah ketemu blog ini, mohon ijin untuk melahap semua sebagai tambahan ilmu shorof yang sedang saya pelajari, Terima Kasih

  157. Anonymous
    11 November 2013 pukul 07:48 | #178

    Contoh isim domir dengan jarmajrur

  158. 23 November 2013 pukul 07:46 | #179

    emg blogx apa,
    biar sya nanti

  159. 26 November 2013 pukul 15:26 | #180

    as salamu alaikum, aku mau tanya ni: mengapa i’rab jer hanya bisa masuk ke dalam kalimah isim, dan i’rab jezem hanya bisa masuk ke dalam kalimah fiil.. ?
    Mohon jawabanya.. Makasih, wassalamu alaikum.

  160. 7 Desember 2013 pukul 05:38 | #181

    semoga dngn bljr ilmu nahwu dn srrOf bs brmnf’at.

  161. Anonymous
    8 Desember 2013 pukul 13:13 | #182

    Assalamualaikum.. Saya termasuk pemula yg ingin mengenal serta memahami nahwu syorof, tapi bingung mulai dari mana..

  162. 8 Desember 2013 pukul 17:44 | #183

    Alangkah bodo awa’ ini yg tak mampu melanjtkan ALFIYAH IBN MALIK.
    Thanks wat info’a

  163. firdaus
    8 Desember 2013 pukul 21:19 | #184

    sy mnta izin download and papar kt fb sya

  164. 19 Desember 2013 pukul 14:16 | #185

    Reblogged this on FAFaroq.

  165. Anonymous
    20 Desember 2013 pukul 14:06 | #186

    Belajar shorof dan nahwu itu harus byk menghafal ,walau bait tunggal bait agar cepat nanti nya memamahi kitab gundul.

  166. 21 Desember 2013 pukul 23:34 | #187

    Y اَللّهُ ,mdhknlah ku. Untuk memahami ilmu Mu

  167. Zaenul
    22 Desember 2013 pukul 22:21 | #188

    As.wr.wb.
    Saya ingin sekali bisa nahwu karna nahwu tsb sangat penting menurut saya ws.wr.wb

  168. tia
    24 Desember 2013 pukul 16:53 | #189

    alhamdulilah dgn adanya situs web ini bisa menambah wawasan saya,,,

  169. Laila Elzha
    1 Januari 2014 pukul 09:37 | #190

    Alhamdulillah..
    Syukrn…

  170. Marsan
    3 Januari 2014 pukul 20:29 | #191

    Subbhanallah ternyata ilmu islam itu sangat luas

  171. Anonymous
    4 Januari 2014 pukul 15:20 | #192

    Bljr-bljr-bljr dn bljr
    Nnt tes diniyah,, agr bs q hrs bljr
    Nyyh q cb bljr lwt intrnet mg phm eaa,,,,;:

  172. Anonymous
    8 Januari 2014 pukul 11:15 | #193

    Aslm.. Terus Terang Saya tidak Tahu Masalah Nahwu Sorof… untuk Pemula…Belajarnya Lewat mana dulu yah…. mohon Bimbinganya..

  173. Anonymous
    8 Januari 2014 pukul 20:47 | #194

    bagus banget nahwunya

  174. 15 Januari 2014 pukul 23:03 | #195

    Hello, the whole thing is going fine here and ofcourse
    every one is sharing facts, that’s actually fine, keep up
    writing.

  175. Anonymous
    16 Januari 2014 pukul 23:11 | #196

    makasih atas ilmu nya,,,,ini sangat berguna untukku

  176. syeh al fari
    17 Januari 2014 pukul 09:58 | #197

    Alhamdulillah yang komen pada sombong2….ingat inna lillahi wainna ilaihi roziun

  177. Anonymous
    20 Januari 2014 pukul 12:42 | #198

    Alhamdulillahirobbilallammin””terimakasi atas penjelasannya”insyaallah bermanfaat bagi kami “Amiin…….”

  178. Anonymous
    21 Januari 2014 pukul 16:59 | #199

    izin copy blognya, kang. syukron

  179. Abd syakur
    23 Januari 2014 pukul 08:00 | #200

    Ilmu nahwu itu sangat membantu kita untuk memahami al qur an

  180. 4 Februari 2014 pukul 16:20 | #201

    شكرا على هذه المقالات الجذابة

  181. 4 Februari 2014 pukul 20:13 | #202

    allhamduliihirobil’alamin, semoga bermanfaat amiin,.,.

  182. Anonymous
    5 Februari 2014 pukul 23:01 | #203

    syahaadat : saha zat sifat.

  183. Anonymous
    5 Februari 2014 pukul 23:02 | #204

    syahaadat : saha zat

  184. 15 Februari 2014 pukul 12:59 | #205

    sukron katsiron

  185. 14 Maret 2014 pukul 13:46 | #206

    saya mohon di beri penjelasan surat al isra ayat 1? krn saya awam dengan hal ini? siapakah yang sedang berbicara?

  186. Ana
    28 Maret 2014 pukul 19:50 | #207

    Nahwu sorof adalah kunci untuk mendalami makna2 baik Qur’an,hadis maupun kitab kuning,jdi belajarlah sebab ilmu itu banyak gunanya

  187. 6 April 2014 pukul 01:26 | #208

    Hey there! Quick question that’s completely off topic. Do you know how
    to make your site mobile friendly? My website looks weird when viewing from my
    iphone 4. I’m trying to find a template or plugin that might be able to correct this problem.
    If you have any recommendations, please share. Many thanks!

  188. 7 April 2014 pukul 18:41 | #209

    Sorrof nahwu
    cara memahami aq gak ngerti. Apa yg jesem atau fi’il

  189. 11 April 2014 pukul 16:21 | #210

    10 April 2014 pukul 4:18

    Sorrof itu apa
    cara memahami aq gak ngerti

  190. ali
    15 April 2014 pukul 12:11 | #211

    nahwu dan sorop itu sendiri sendiri, ato satu nama. n mohon di update terus masih ada yang belum bisa di buka

  1. 7 September 2011 pukul 10:36 | #1
  2. 17 Desember 2011 pukul 12:38 | #2
  3. 26 April 2012 pukul 17:12 | #3
  4. 11 Oktober 2012 pukul 04:43 | #4
  5. 16 November 2012 pukul 13:00 | #5
  6. 16 November 2012 pukul 18:37 | #6
  7. 7 April 2014 pukul 18:21 | #7

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 573 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: