Masuknya Amil Jazm dan Nashab atas Fi’il Mudhari’

دُخُوْلُ الْجَازِمِ وَالنَّاصِبِ عَلَى الْفِعْلِ الْمُضَارَعِ

Masuknya Amil Jazem dan Amil Nashab pada Fi’il Mudhari’

وَيَدْخُلُ الْجَازِمُ, فَيَحْذِفُ حَرَكَةَ الْوَاحِدِ, وَالْوَاحِدَةِ الغَائِبَةِ, وَنُوْنَ التَّثْنِيَةِ, وَالْجَمْعِ الْمُذَكَّرِ, وَالْوَاحِدَةِ الْمُخَاطَبَةِ.

Juga (ketahuilah!) Amil yg memerintah jazem masuk pada fi’il mudhari’, maka ia membuang Harakah fi’il tunggal (LK), Harakah fi’il tunggal ghaibah (orang ketiga-PR), Nun Tatsniyah, Nun Jamak Mudzakkar dan Nun fi’il tunggal mukhatabah (orang kedua-PR).

وَلاَ يَحْذِفُ نُوْنَ جَمَاعَةِ الْمُؤَنَّثِ ؛ فَإِنَّهُ ضَمِيْرٌ, كَالْوَاوِ فِي الْجَمْعِ الْمُذَكَّرِ, فَتَثْبُتُ عَلَى كُلِّ حَالٍ, تَقُوْلُ: لَمْ يَنْصُرْ لَمْ يَنْصُرَا لَمْ يَنْصُرُوْا, لَمْ تَنْصُرْ لَمْ تَنْصُرَا لَمْ يَنْصُرْنَ, لَمْ تَنْصُرْ لَمْ تَنْصُرَا لَمْ تَنْصُرُوْا, لَمْ تَنْصُرِيْ لَمْ تَنْصُرَا لَمْ تَنْصُرْنَ , لَمْ أَنْصُرْ لَمْ نَنْصُرْ.

Amil jazem tidak membuang Nun jama’ muannats; karena ia berupa dhamir, sebagaimana wawu pada jama’ mudhakkar. Maka ia tetap ada pada semua keadaan. Contoh kamu berkata: Lam Yanshur – Lam Yanshuroo – Lam Yanshuruu, Lam Tanshur – Lam Tanshuroo – Lam Yanshurna, Lam Tanshur – Lam Tanshuroo – Lam Tanshuruu, Lam Tanshurii – Lam Tanshuroo – Lam Tanshurna. Lam Anshur, Lam Nanshur.

وَاعْلَمْ : أَنَّهُ يَدْخُلُ عَلَى الْمُضَارِعِ النَّاصِبُ, فَيُبْدِلُ مِنَ الضَّمَّةِ فَتْحَةً, وَيُسْقِطُ النُّوْنَاتِ, سِوَى نُوْنِ جَمْعِ الْمُؤَنَّثِ, فَتَقُوْلُ: لَنْ يَنْصُرَ لَنْ يَنْصُرَا لَنْ يَنْصُرُوْا, لَنْ تَنْصُرَ لَنْ تَنْصُرَا لَنْ يَنْصُرْنَ, لَنْ تَنْصُرَ لَنْ تَنْصُرَا لَنْ تَنْصُرُوْا, لَنْ تَنْصُرِيْ لَنْ تَنْصُرَا لَنْ تَنْصُرْنَ , لَنْ أَنْصُرَ لَنْ نَنْصُرَ.

Juga ketahuilah! Amil yg memerintah nashab masuk pada fi’il mudhari’, maka ia mengganti harakah dhammah ke harakah Fathah, membuang Nun selain Nun Jama’ Muannats. Contoh kamu berkata: Lan Yanshuro – Lan Yanshuroo – Lan Yanshuruu, Lan Tanshuro – Lan Tanshuroo – Lan Yanshurna, Lan Tanshuro – Lan Tanshuroo – Lan Tanshuruu, Lan Tanshurii – Lan Tanshuroo – Lan Tanshurna. Lan Anshuro, Lan Nanshuro.

وَمِنَ الْجَوَازِمِ: لاَمُ اْلأَمْرِ, فَتَقُوْلُ فِيْ أَمْرِ الْغَائِبِ: لِيَنْصُرْ لِيَنْصُرَا لِيَنْصُرُوْا, لِتَنْصُرْ لِتَنْصُرَا لِيَنْصُرْنَ. وَكَذَالِكَ: لِيَضْرِبْ, وَلِيَعْلَمْ, وَلِيَدْخُلْ, وَلِيُدَحْرِجْ, وَغَيْرِهَا.

Diantara amil-amil yg memerintah jazem adalah: Lam Amar, contoh kamu berkata untuk Amar Ghaib: Li Yanshur – Li Yanshuroo – Li Yanshuruu, Li Tanshur – Li Tanshuroo – Li Yanshurna. Demikian juga contoh: Li Yadhrib, Li Ya’lam, Li Yadkhul, Li Yudahrij dan lain-lain.

وَمِنْهَا: (لاَ) النَّاهِيَةُ, فَتَقُوْلُ فِيْ نَهْيِ الْغَائِبِ: لاَ يَنْصُرْ لاَ يَنْصُرَا لاَ يَنْصُرُوْا, لاَ تَنْصُرْ لاَ تَنْصُرَا لاَ يَنْصُرْنَ. وَفِيْ نَهْيِ الْحَاضِرِ: لاَ تَنْصُرْ لاَ تَنْصُرَا لاَ تَنْصُرُوْا, لاَ تَنْصُرِيْ لاَ تَنْصُرَا لاَ تَنْصُرْنَ, وَكَذَا قِيَاسُ سَائِرِ اْلأَمْثِلَةِ.

Diantaranya juga adalah: Laa Nahi, contoh kamu berkata untuk Nahi Ghaib: Laa Yanshur – Laa Yanshuroo – Laa Yanshuruu, Laa Tanshur – Laa Tanshuroo – Laa Yanshurna.
Dan untuk Nahi Hadir : Laa Tanshur – Laa Tanshuroo – Laa Tanshuruu, Laa Tanshurii – Laa Tanshuroo – Laa Tanshurna. Demikianlah juga kias untuk contoh-contoh yg lain.

  1. 6 Januari 2012 pukul 03:07

    ass di manakah perbedaan kalau seandai nya dlm kitam di ibaratkan dengan WAIN dan WALAU ghayah………………..thank atas jawaban nya

  2. rafif
    23 Januari 2012 pukul 22:02

    Dalam surat al-baqoroh ayat 83 kalimat laa ta’buduna, mengapa tidak dibaca laa ta’budu dengan membuang nun? apakah ada sebab lain yang membuat fiil mudhori’ dijazm tanpa membuang nun?

    • tuz
      12 Mei 2017 pukul 15:52

      mgkin,karena laa dst bkn amil jazm

    • Apaaja
      4 Februari 2021 pukul 22:16

      لا تعبدون lam tersebut bukan lam jazm (amil jawazim) tapi لا نفي

      • Anonim
        2 Agustus 2021 pukul 14:35

        lalu apa perbedaan nya antara lam jazzem dan lam nafi jika di lihat dari lafad

  3. Anonim
    25 Maret 2014 pukul 14:10

    mohon ridhonya, untuk mengcopy nya

  4. Anonim
    13 September 2015 pukul 20:37

    mohon ridhonya buat ngopy biar manfaat. amiin

  5. 22 September 2016 pukul 09:43

    Alhmdulillah, semoga berkah bagi penulis krn sngt bermnfaat bagi pembaca(kami).

  6. Anonim
    25 November 2019 pukul 09:49

    terimaksih

  7. Anonim
    15 April 2020 pukul 22:36

    tolol kalian semua

  8. 15 September 2021 pukul 12:32

    Dalam kitab Mana keterangan nya ini tad…..

  1. 1 Desember 2019 pukul 13:08

Tinggalkan komentar