Bab Nun Taukid

نُونَا التَّوكِيْدِ

BAB DUA NUN TAUKID

لِلفِعْلِ تَوكِيْدٌ بِنُونَيْنِ هُمَا كَنُونَي اذْهَبَنَّ وَاقْصِدَنْهُمَا

Husus masuk pada kalimah Fi’il, dua Nun Taukid (tsaqilah/khafifah) seperti kedua Nun pada contoh “IDZHABANNA” WA “WAQSHIDAN” HUMAA (berangkatlah dan berkehendaklah sungguh-sungguh pada keduanya).

يُؤكِّدَانِ افْعَل وَيَفْعَل آتِيَا ذَا طَلَبٍ أَو شَرْطَاً أمَّا تَالِيَا

Dua Nun taukid tsb menaukidi IF’AL (Fi’il Amar, secara Mutlak), juga YAF’ALU (Fi’il Mudhari’) yg datang dengan faidah Tholab (fi’il nahi/lam amar/istifham dll), atau datang sebagai fi’il syarat setelah huruf syarat IMMAA (IN syarthiyah + MAA zaidah taukid).

أَو مُثْبَتَاً فِي قَسَمٍ مُسْتَقْبَلاَ وَقَلَّ بَعْدَ مَا وَلَمْ وَبَعْدَ لاَ

Atau datang sebagai kalam mutsbat (kalimat positif) pada jawab qosam yg mustaqbal. Dan jarang (penggunaan Nun taukid ini pada fi’il mudhari’) yg jatuh setelah MAA (zaidah taukid), LAM atau LAA (nafi),

وَغَيْرِ إِمَّا مِنْ طَوَالِبِ الجَزَا وَآخِرَ المُؤكَّدِ افْتَحْ كَابْرُزَا

juga jarang (penggunaan Nun taukid ini pada fi’il mudhari’) setelah adawat syarat tholabul-jaza’ selain IMMAA. Fat-hahkan! (mabnikan fathah) pada akhir Fi’il yg ditaukidi, ceperti contoh IBRUZAN! (sungguh tanpakkan dirimu!).

وَاشْكُلهُ قَبْلَ مُضْمَرٍ لَيْنٍ بِمَا جَانَسَ مِنْ تَحَرُّك قَدْ عُلِمَا
وَالمُضْمَرَ احْذِفَنَّهُ إلاَّ الأَلِفْ وَإِنْ يَكُنْ فِي آخِرِ الفِعْلِ أَلِفْ
فَاجْعَلهُ مِنْهُ وَاقِعَاً غَيْرَ اليَا وَالوَاوِ يَاءً كَاسْعَيَنَّ سَعْيَا
وَاحْذِفهُ مِنْ رَافِعِ هَاتَيْنِ وَفِي وَا وَيَا شَكْلٌ مُجَانِسٌ قُفي
نَحْوُ اخْشَينْ يَا هِنْدُ بِالكَسْرِ وَيَا قَومُ اخْشَونْ وَاضْمُمْ وَقِسْ مُسَوِّيَا
وَلَمْ تَقَعْ خَفِيْفَةٌ بَعْدَ الأَلِفْ لكِنْ شَدِيْدَةٌ وَكَسْرُهَا ألِفْ
وَأَلِفَاً زِدْ قَبْلَهَا مُؤكِّدَاً فِعْلاً إلَى نُونِ الإِنَاثِ أُسْنِدَا
وَاحْذِفْ خَفِيْفَةً لِسَاكِنٍ رَدِفَ وَبَعْدَ غَيْرِ فَتْحَةٍ إذَا تَقِفْ
وَارْدُدْ إِذَا حَذَفْتَهَا فِي الوَقْفِ مَا مِنْ أَجْلِهَا فِي الوَصْلِ كَانَ عُدِمَا
وَأَبْدِلَنْهَا بَعْدَ فَتْحٍ أَلِفَا وَقْفَاً كَمَا تَقُولُ فِي قِفَنْ قِفَا
******************

  1. moh ali yafi
    5 Oktober 2011 pukul 22:06

    kog gg da ter jemah nya…….

  2. Anonim
    9 Oktober 2011 pukul 11:17

    mana terjemah nya?????

  3. 20 Maret 2012 pukul 14:48

    kok ga da kteranganny?
    di ksih ktrangan dong….btuh bnget nch

  4. 20 Maret 2012 pukul 18:16

    assalamualaikum wrwb
    pak ksh keterangan &contohnya sekalian agar dapat mudah di pelajari bg yg akan mempelajarinya

    by pp sirbin brabo purwodadi jateng
    wassalamualaikum wrwb

  5. 13 Mei 2012 pukul 10:35

    kasih keterangan dunkzz,,

  6. Anonim
    12 September 2012 pukul 11:32

    pak yai mohon maaf
    Kalau nolong jangan setengah2x
    Tolong di lanjutin ter jemah nya
    Jaza kumuloh

  7. el hanaf
    14 November 2013 pukul 15:47

    assalamu’alaykum wr wb,
    ustadz kenapa tidak di maknai,,saya butuh penjelasannya kenapa apabila ada 3 nun,,kenapa harus di pisah dengan alif,,seperti idzhabannaanni????

  8. el hanaf
    14 November 2013 pukul 15:54

    itu artinya

    dan berilah harkat pada huruf disebelumnya mudlmar yg lin dengan harkat yg mencocoki dengan harkat yang sungguh kamu ketahui.
    dan pada mudlmar buanglah padanya kecuali alif.dan jika ada apa mudlmar di akhir fiil ialah alif.
    maka jadikanlah daripadanya dengan mendatangkan selain yak dan wawu terhadap ya’ seperti lafadz is’ayanna sa’ya.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar