Bab Ibtida’ (Mubtada’ dan Khabar)
الابْتِدَاءُ
Bab Ibtida’
DASAR-DASAR KALIMAT SUSUNAN JUMLAH ISMIYAH
- Mubtada’ dan Khabar
مُبْتَـدَأ زَيْدٌ وَعَـــاذِرٌ خَبَـــــرْ ¤ إِنْ قُلْتَ زَيْدٌ عَاذِرٌ مَنِ اعْتَذَرْ
Adalah Mubtada’ yaitu lafadz زيد , dan lafazh عاذر adalah Khabar, apabila kamu mengucapkan kalimat: زيد عاذر من اعتذر. “Zaid adalah penerima alasan bagi orang yang mengemukakan alasan”
- Mubtada’ dan Fa’il
وَأَوَّلٌ مُبْـــتَدَأ وَالْثَّـــــانِي ¤ فَاعِلٌ اغْنَى فِي أَسَارٍ ذَانِ
Kalimah yang pertama adalah Mubtada’, dan kalimah yang kedua adalah Fa’il yang mencukupi (tanpa Khabar), didalam contoh kalimat: أ سار ذان “apakah yang berjalan malam, keduanya ini?” (أ = Huruf Istifham, سار = Isim Sifat sebagai Mubtada’, ذان = sebagai Fa’il yg menempati posisi Khabar)
وَقِسْ وَكَاسْتِفْهَامٍ النَّفْيُ وَقَدْ ¤ يَجُوْزُ نَحْوُ فَائِزٌ أولُو الرَّشَدْ
Dan kiaskanlah! (untuk contoh lain serupa أ سار ذان = yakni, Mubtada’ dari Isim sifat (isim fa’il/isim maf’ul/isim musyabbah) yang diawali Istifham/kata tanya ( أ – هَلْ – كَيْفَ – مَنْ – مَا ) dan Fa’ilnya bisa isim Zhahir atau isim Dhamir). Juga seperti Istifham yaitu Nafi ( semua nafi yang pantas masuk pada isim ( مَا – لاَ – إِنْ – غَيْرُ – لَيْسَ ) dan terkadang boleh (tanpa awalan Istifham atau Nafi tapi jarang) seperti contoh lafazh: فَائِزٌ أُولُو الرَّشَدْ “Yang beruntung mereka yg mendapat petunjuk”
وَالْثَّانِ مُبْتَدَا وَذَا الْـوَصْفُ خَــبَرْ ¤ إِنْ فِي سِوَى الإِفْرَادِ طِبْقاً اسْتَقَرْ
Kalimah yg kedua adalah mubtada’ (menjadi Mubtada’ muakhkhar). Dan Isim Sifatnya ini (kalimah yg pertama) adalah Khabar (menjadi Khabar Muqaddam), apabila pada selain bentuk mufradnya ia menetapi kecocokan (yakni, sama-sama berbentuk Mutsanna atau jama’ misal: أ ساران ذان).
I’RAB MUBTADA’ DAN KHABAR
وَرَفَعُـــوا مُبْتَدَأ بالابْــتَدِا¤ كَذَاكَ رَفْعُ خَبَرٍ باْلمُبْتَدَأ
Mereka (orang arab) me-rofa’kan Mubtada’ karena sebab Ibtida’ (‘Amil secara Ma’nawi, yakni menjadikan isim sebagai Pokok/Subjek kalimat, dikedepankan sebagai sandaran bagi kalimah lain sekalipun secara Lafzhi ada di belakang (mubtada’ muakhkhar)). Demikian juga rofa’-nya Khobar disebabkan oleh Mubtada’.
KHABAR DAN BENTUK-BENTUKNYA
- Pengertian Khabar
وَالْخَبَرُ الْجُزْء الْمُتِمُّ الْفَائِدَهْ ¤ كَاللَّه بَرُّ وَالأَيَـادِي شَـاهِدَهْ
Pengertian Khabar adalah juz/bagian penyempurna faidah, yang seperti kalimat: اللهُ بَرٌّ وَالأَيَادِي شَاهِدَةٌ “Allah adalah maha pemberi kabajikan. Dan kejadian-kejadian besar adalah sebagai saksi”.
- Khabar Jumlah
وَمُفْــرَدَاً يَأتِي وَيَأتِـي جُــمْلَهْ ¤ حَاوِيَةً مَعْنَى الَّذِي سِيْقَتْ لَهْ
Khabar ada yang datang berbentuk Mufrad (Khabar Mufrad, tidak terdiri dari susunan kata). Dan ada yang datang berbentuk Jumlah (Khabar Jumlah, tersusun dari beberapa kata) yg mencakup ada makna mubtada’(ada Robit/pengikat antara Mubtada’ dan Khabar jumlahnya), dimana Jumlah tsb telah terhubung (sebagai khobar) bagi Mubtada’nya.
وَإِنْ تَكُـنْ إيَّـاهُ مَعْنَى اكْتَـــفَى ¤ بِهَا كَنُطْقِي اللَّهُ حَسْبِي وَكَفَى
Dan apabilah Jumlah tsb sudah berupa makna mubtada’, maka menjadi cukuplah Khabar dengannya (tanpa Robit) seperti contoh : نُطْقِى اللهُ حَسْبِي وَكَفَى “adapun ucapanku: “Allah memadai dan cukup bagiku””
- Khabar Mufrad
وَالْمُفْــرَدُ الْجَــامِدُ فَارِغٌ وَإِنْ ¤ يُشْتَقَّ فَهْوَ ذُو ضَمِيْرٍ مُسْتَكِنّ
Adapun khabar mufrad yang terbuat dari isim jamid (isim yang tidak bisa ditashrif ishtilahi) adalah kosong (dari dhamir) dan apabila terdiri dari isim yang di-musytaq-kan (isim musytaq hasil pecahan dari tashrif istilahi) maka ia mengandung dhamir yang tersembunyi (ada dhamir mustatir kembali kepada mubtada’/sebagai robit).
وَأَبْرِزَنْهُ مُطْلَقَـاً حَيْثُ تَلاَ ¤ مَا لَيْسَ مَعْنَاهُ لَهُ مُحَصَّلاَ
Dan sungguh Bariz-kanlah! (gunakan Dhamir Bariz, bukan Mustatir) pada khabar mufrad musytaq tsb secara mutlak (baik Dhamirnya jelas tanpa kemiripan, apalagi tidak), ini sekiranya khabar tsb mengiringi mubtada’ yang mana makna khabar tidak dihasilkan untuk mubtada’ (khabar bukan makna mubtada’).
- Khabar dari Zharaf dan Jar-Majrur
وَأَخْبَرُوَا بِظَرْفٍ أوْ بِحَرْفِ جَرّ ¤ نَاوِيْنَ مَعْنَى كَائِنٍ أَوِ اسْتَقَــرْ
Mereka (ahli Nuhat dan orang Arab) menggunakan Khabar dengan Zharaf atau Jar-Majrur, dengan niatan menyimpan makna كَائِنٍ atau اسْتَقَرْ.
وَلاَ يَكُوْنُ اسْـمُ زَمَانٍ خَبَرَا ¤ عَنْ جُثَّةٍ وَإِنْ يُفِدْ فَأَخْبِرَا
Tidak boleh ada Isim Zaman (Zharaf Zaman) dibuat Khabar untuk Mubtada’ dari Isim dzat. Dan apabila terdapat faidah, maka sungguh jadikan ia Khabar…!.
SYARAT KEBOLEHAN MUBTADA’ DARI ISIM NAKIRAH
وَلاَ يَجُوْزُ الابْتِدَا بِالْنَّكِرَهْ ¤ مَا لَمْ تُفِدْ كَعِنْدَ زَيْدٍ نَمِرَهْ
Tidak boleh menggunakan mubtada’ dengan isim Nakirah selama itu tidak ada faidah, (yakni, boleh dengan persyaratan ada faidah) seperti contoh: عِنْدَ زَيْدٍ نَمِرَةُ “adalah disisi Zaid pakaian Namirah (jenis pakaian bergaris-garis yg biasa dipakai oleh orang A’rab Badwi)” (khabarnya terdiri dari zharaf atau jar-majrur yg dikedepankan dari mubtada’nya).
وَهَلْ فَتَىً فِيْكُمْ فَمَا خِلٌّ لَنَا ¤ وَرَجُــلٌ مِنَ الْكِـرَامِ عِنْدَنَا
(dan disyaratkan juga: ) seperti contoh هَلْ فَتَىً فِيكُم “adakah seorang pemuda diantara kalian?” (diawali dengan Istifham/kata tanya), dan contoh: مَا خِلٌّ لَنَا “tidak ada teman yang menemani kami” (diawali dengan Nafi), dan contoh: رَجُلٌ مِنَ الكِرَامِ عِنْدَنَا “seorang lelaki yg mulia ada disisi kami” (disifati)
وَرَغْبَةٌ فِي الْخَيْر خَيْرٌ وَعَمَلْ ¤ بِرَ يَزِيْنُ وَلْيُقَسْ مَا لَمْ يُقَـلْ
dan contoh: رَغْبَةٌ فِي الخَيْرِ خَيْرٌ “gemar dalam kebaikan adalah baik” (mengamal), dan contoh: عَمَلُ بِرٍّ يَزِينُ “berbuat kebajikan menghiasi (hidupnya)” (mudhaf). Dan dikiaskan saja! contoh lain yang belum disebut.
PERIHAL KEBOLEHAN MENDAHULUKAN KHABAR DARI MUBTADA’
وَالأَصْلُ فِي الأَخْبَارِ أَنْ تُؤخَّرَا¤ وَجَـوَّزُوَا الْتَّقْــدِيْمَ إِذْ لاَ ضَــرَرَا
Asal penyebutan Khabar tentunya harus di-akhirkan (setelah penyebutan mubtada’), dan mereka (orang arab/ahli nahwu) memperbolehkan mendahulukan khabar bilamana tidak ada kemudharatan (aman dari ketidakjelasan antara khabar dan mubtada’nya).
PELARANGAN MENDAHULUKAN KHABAR DARI MUBTADA’NYA
- Sama Nakirah atau Ma’rifat
فَامْنَعْهُ حِيْنَ يَسْتَوِى الْجُزْءآنِ ¤ عُرْفَــــاً وَنُكْـــرَاً عَــادِمَيْ بَيَـــانِ
Maka cegahlah mendahulukan Khabar…! ketika kedua juz (khabar & mubtada’) serupa ma’rifah-nya atau nakirah-nya, dalam situasi keduanya tidak ada kejelasan. (karena dalam hal ini, pendengar atau pembaca tetap menganggap khabarlah yang dibelakang)
- Khabar dari kalimah Fi’il atau Khabar yg di-mahshur
كَذَا إذَا مَا الْفِعْلُ كَانَ الْخَبَرَا ¤ أَوْ قُــصِدَ اسْتِعَمَــالُهُ مُنْحَصِرَا
Demikian juga dilarang khabar didahulukan, bilamana ia berupa kalimah Fi’il sebagai khabarnya (karena akan merubah susunan kalimat menjadi jumlah Fi’liyah/fi’il dan fa’il). Atau dilarang juga (menjadikan Khabar muqaddam) yaitu penggunaan khabar dengan maksud dimahshur/dipatoki (dengan اِنَّمَا atau اِلاَّ).(karena fungsi me-mahshur-kan khabar adalah untuk meng-akhirkannya).
- Khabar bagi Mubtada’ yg ber-Lam Ibtida’ atau Mubtada’ dari Isim Shadar Kalam
أَوْ كَانَ مُسْنَدَاً لِذِي لاَمِ ابْتِدَا ¤ أَوْ لاَزِم الْصَّدْرِ كَمَنْ لِي مُنْجِدَا
Atau dilarang juga (khabar didahukukan) yaitu menjadikan Khabar disandarkan pada Mubtada’ yg mempunyai lam ibtida’ (karena kedudukan Lam Ibtida’ adalah sebagai Shadar Kalam/permulaan kalimat). Atau disandarkan kepada mubtada’ yang semestinya berada di awal kalimat seperti contoh: مَنْ لِي مُنْجِدَا “siapakah sang penolong untuk ku?” (mubtada’ dari isim istifham).
KHABAR WAJIB DIDAHULUKAN DARI MUBTADA’NYA (KHABAR MUQADDAM & MUBTADA’ MUAKHKHAR)
وَنَحْوُ عِنْدِي دِرْهَمٌ وَلِي وَطَرْ ¤ مُلتـــزَمٌ فِيـــــهِ تَقَــــدُّمُ الخَـــبَرْ
Contoh seperti عِنْدِي دِرْهَمٌ “aku punya dirham” (yakni, khabarnya terdiri dari Zharaf dan Mubtada’nya terdiri dari isim Nakirah) dan لِي وَطَرْ “aku ada keperluan” (yakni, khabarnya terdiri dari Jar-majrur dan Mubtada’nya terdiri dari isim Nakirah) adalah diwajibkan pada contoh ini mendahulukan Khabar.
كَذَا إِذَا عَادَ عَلَيْهِ مُضْمَرُ ¤ مِمَّــا بِهِ عَنْهُ مُبِينــاً يُخْــبَرُ
Seperti itu juga wajib mendahulukan khabar, bilamana ada Dhamir yang tertuju kepada Khabar, tepatnya dhamir yang ada pada Mubtada’ yang dikhabari oleh Khobanya, sebagai penjelasan baginya (contoh: فِي الدَّارِ صَاحِبُهَا “penghuni rumah ada di dalam rumah”)
كَذَا إِذَا يَسْتَوْجِبُ التَّصْديرا ¤ كَـأَيْــنَ مَـنْ عَـلِمْــتَهُ نَصِــيرَا
Demikian juga wajib khabar didahulukan dari mubtada’, bilamana khabar tsb sepantasnya ditashdirkan/dijadikan pembuka kalimat. Seperti contoh: أَيْــنَ مَـنْ عَـلِمْــتَهُ نَصِــيرَا “dimanakah ia yang kamu yakini sebagai penolong?” (khabarnya terdiri dari Isim Istifham).
وَخَبَرَ الْمَحْصُورِ قَدِّمْ أبَدَا ¤ كَمَالَنَـــا إلاَّ اتِّبَـــاعُ أحْمَــدَا
Dahulukanlah…! Selamanya terhadap Khabar yang dimahshur (dengan انما atau الا ) contoh: مَالَنَا إلاَّ اتِّبَاعُ أحْمَدَا “tidaklah kami mengikuti kecuali ikut kepada Ahmad”
PERIHAL KEBOLEHAN MEMBUANG KHABAR ATAU MUBTADA
- contoh boleh membuang Khabar
وَحَذفُ مَا يُعْلَمُ جَائِزٌ كَمَا ¤ تَقُوْلُ زَيْدٌ بَعْدَ مَنْ عِنْدَكُمَا
Membuang suatu yang sudah dimaklumi adalah boleh, sebagaimana kamu menjawab: زَيْدٌ “Zaid” setelah pertanyaan: مَنْ عِنْدَكُمَا “Siapakah yg bersama kalian?“
- contoh boleh membuang mubtada’
وَفِي جَوَابِ كَيْفَ زَيْدٌ قُلْ دَنِفْ ¤ فَــزَيْدٌ اسْتُغْــنِيَ عَـنْهُ إِذْ عُـرِفْ
juga didalam jawaban pertanyaan contoh: كَيْفَ زَيْدٌ “Bagaimana Zaid?”, jawab saja! دَنِفْ “Sakit“. maka dicukupkan tanpa perkataan zaid, karena sudah diketahui.
KHABAR YANG WAJIB DIBUANG
وَبَعْدَ لَوْلاَ غَالِبَاً حَذْفُ الْخَبَرْ ¤ حَتْمٌ وَفِي نَصِّ يَمِيْنٍ ذَا اسْتَقَرْ
Lazimnya setelah lafazh LAULAA, membuang khabar adalah wajib (contohnya: لولا زيدٌ لأتيتُكَ “andaikata tidak ada Zaid, sungguh aku telah mendatangimu“). Juga didalam penggunaan Mubtada’ nash sumpah, demikian ini (hukum wajib membuang khabar) tetap berlaku (contohnya: لَعَمْرُكَ لأفْعَلَنَّ “demi hidupmu… sungguh akan kukerjakan“).
وَبَعْدَ وَاوٍ عَيَّنَتْ مَفْهُوْمَ مَعْ ¤ كَمِثْلِ كُلُّ صَــانِعٍ وَمَــا صَنَــعْ
juga (tetap berlaku wajib membuang khabar) yaitu setelah Wawu yang menentukan mafhum makna Ma’a “beserta“. sebagaimana contoh: كُلُّ صَــانِعٍ وَمَــا صَنَــعْ “Setiap yang berbuat beserta perbuatannya”.
وَقَبْلَ حَالٍ لاَ يَكُوْنُ خَبَرَا ¤ عَنِ الَّذِي خَـبَرُهُ قَدْ أُضْمِرَا
juga (tetap berlaku wajib membuang khabar) yaitu sebelum haal yang tidak bisa menjadi khobar (tapi sebagai sadda masaddal-khobar/menempati kedudukan khobar) dari mubtada’ yang khobarnya benar-benar disamarkan
كَضَرْبِيَ الْعَبْدَ مُسِيْئاً وَأَتَـمّ ¤ تَبْيِيني الْحَــقَّ مَنُـوْطَاً بِالْحِـكَمْ
Seperti contoh : “Dhorbiyal ‘Abda Masii-an” = pukulanku pada hamba bilamana ia berbuat tidak baik (yakni, mubtada’ dari isim masdar dan sesudahnya ada haal menempati kedudukan khobar) dan contoh “Atammu Tabyiiniy al-haqqa manuuthon bil-hikam” = paling finalnya penjelasanku bilamana sudah manut/sesuai dengan hukum.
KEBOLEHAN MENJADIKAN BANYAK KHOBAR DENGAN SATU MUBTADA‘
وَأَخْبَرُوا بِاثْنَيْنِ أَوْ بِأَكْثَرَا ¤ عَنْ وَاحِدٍ كَهُـمْ سَرَاةٌ شُعَـرَا
Mereka (ulama nuhat/orang arab) menggunakan khabar dengan dua khobar atau lebih dari satu mubtada’, contoh “Hum Saraatun Syu’aroo-un” = mereka adalah orang-orang luhur para penyair.
cepat diterjemahkan sob..kami siap menyimak
alhamdulillah permintaan anda dikabulkan oleh Allah….. selamat menyimak semoga terjemah seadanya ini bisa diambil manfaatnya dan dapat sebagai perantara barokah ALfiyah… amin
amien..
makasih, ngikut ngopi yaaa 🙂
anda belajar dimana
kang izin copy …moga berkat amiiin
ana mau tanya apa fungsi huruf ta’ pada fiil contoh سمع
(mendengar) menjadi اسْتَمَعَ
.samai’a-yasma’u
.istama’a-yastami’u
mengapa jadi istami’, karna fiil mudhari.a berubah menjadi fiil amr [perintah] .
apa yang di maksud dengan aadzir
numpang belajar bahasa arab sob.. dah lama gak bersentuhan dengan kaidah bahasa arab neh.. moga memo saya kembali lagi.. syukron jaziilan..
mumpung ketemu belaajr online bhs arab. Saya punya pertanyaan yg belum terjwab hingga kini. Di QS. At Taghabun:9 dan QS.AlMunafiqun:11 ada kalimat yang terjemahan bebasnya sama. yaitu Wallahu bimaa ta’maluuna khabiir dengan wallahu khabiirun bimaa ta’malun. Ada yg pernah menjelaskan ada kaitannya dengan sastra antara mendahulukan khabar atau keterangan. Mohon jawabannya, supaya pikiran saya bisa tenang. Jazakallah.
asslmkm,,, bleh di copy ya, saya untuk tugas bahasa arab, juga untuk lebih mudah saya belajar nya, syukron. ^_^
Assalamualailum..Ust..Izin share nih, saya sebarin alamat web y buat temen2 saya…thanks
assalamu’alaikum wr.wb.
sebelum;ya saya mohon memperkenalkan’diri ‘ nama saya ahmad manshur asyazili…
saya mau berta’ya tentag masalah keterangan dari bab kalam’ maaf karna saya orag awam jadi saya tidak megerti tentag kalam ….
apakah kalam menurut bahasa dam istilah ……
kamal adah sesuatu yg udh di lafadhkan / dan kalam adalah sesuatu yg udh di lafadh kan udah berfaedah missal .kita bilang M .tapi akan menjadi jelas ketika di sambungkan /dirangkaikan .contoh .M akan jadi jlas artinya ketika di rangkaiakn dg i/u /kata yg lain y..istilah nya sesuatu yg udah di ucapkan dan dah udah memberikan faedah /kejelasan .itulah kalam .( m+akan = makan )
assalamu’alaiku wr. wb……..bang ibnu toha yang aku hormati alhamdulillah aku udah punya kitabnya hanya trejemah bahasa jowo..cetakan menara kudus…masalhnya penjelasan pada kitab tersebut ada yg paham ada yang ga…..maka dari itu aku mencocokan dengan terjemah bahasa Indonesia lewat blog ini………..sekian dan makasih………..
gimana sih, cara belajar bahasa Arab biar cepat hafal ?
susah banget e..padahal bahasa asing di SHS tempat saya mencari ilmu memilih bahasa Arab.#syukron (:
mbak kereeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen……..
menghafall kta kerja dn mufrdath
sgla puji bgi Alloh yg tlah mmbri knikmtan kpd kmi&mmbri ptnkjuk kpd kmi akn agma islam..terima kasih banyak ustd..bermanfaat sekli smga sehat selalu amin
terima kasih pencerahannya… tingaktkan terus.
muftiramdlani.blogspot.com
Mohon izin belajar dan mendownloadnya..! Syukron jazakumulloh….
mo nanya alasn khobar di buang setelah laula
syukron ya ustadz!
Apakah syarat bleh membuang mubtada..
sik asik asik asik……,!!!
contoh laamruka laafalanna. laamruka kan menjadi mubtada yg merupakan kosam, untuk menhetahui kalau itu kosam bagaimana?
saya ingin memperdalam ilmu alat
berikan contoh membuang fiil
Bolehbbukabdi bag isytigol
allhmdllh ada nya penerjemaah nahwu shorof q dpt mengertii v sya jg msh sdikit um pham
smga si pengarang kitab nieh mndptkn syafaat nya d hri kiamat nnty
assalamu’alaikum ya akhi
tolong bab mubtada diterangkan lebih detail lagi seperti bab-bab lainya
thks y,,, ne izin copast ni,,,
matur nuwun sanget sampun maringi pirang pirang pangertosan saking bab langkung bab liyane wonten ilmu nahwu ugi shorof,,,
yayaya
Ngga nyangka ternyata para pengguna internet pada jag0 elmu nahwu nya. Dan bisa memberikan penjelasan melalu jejaring sosial.. Syukron atas penjelasan nya. Jazakalloh
Those who suffer from arthritis or chronic joint pain can use Turmeric simply because the Turmeric contains anti-inflammatory chemicals.
Turmeric comes from the ginger family and is found in South Asia, particularly in
India. Using turmeric for pain is one of the best ways to help manage pain.
One of the best things about being a Master Herbalist is
in helping my family stay healthy. Then you add your shrimp to the skillet and
cover remaining on low heat. The fabricating products manufactured today only affect a specific part of our body or they
only address one specific type of health concern.
Magnificent web site. Lots of useful information here.
I’m sending it to some buddies ans also sharing in delicious. And naturally, thank you in your sweat!
Tapi apa contoh
I’m gone to convey my little brother, that he should also pay a visit this weblog on regular basis to take updated from hottest information.
Hi there to every body, it’s my first pay a visit of this web site; this web site carries remarkable and truly fine material designed for visitors.
Pretty section of content. I just stumbled upon your weblog and in accession capital to assert that I acquire actually enjoyed account your blog posts.
Anyway I’ll be subscribing to your feeds and even I achievement you access consistently fast.
Amazing! Its actually amazing article, I
have got much clear idea concerning from this post.
Hello this is kind of of off topic but I was wanting to know if
blogs use WYSIWYG editors or if you have to manually code with HTML.
I’m starting a blog soon but have no coding knowledge so I wanted to get guidance from someone with experience. Any help would be enormously appreciated!
ijin copy ya…terimakasih sangat membantu sekali untuk bljr b.arab
Bagai caranya membedakan mana yang mubtada’ dan mana yang khabar
In fact, this makes you go into your garden a lot to see in order to complete your project.
One of the best fat burning exercises in existence is called HIIT.
The white tailed deer is native to the United States.
Hi, Neat post. There’s an issue along with your web site in web explorer, would test this? IE nonetheless is the marketplace leader and a good component to people will omit your fantastic writing because of this problem.
Greetings I am so excited I found your blog page, I really found you by mistake,
while I was searching on Bing for something else, Nonetheless I am here now and would
just like to say thank you for a incredible post and a all round enjoyable blog
(I also love the theme/design), I don’t have time to
read it all at the moment but I have bookmarked it and also included your RSS
feeds, so when I have time I will be back to read much more, Please do keep up the
superb jo.
Definitely believe that which you said. Your favorite reason seemed to be on
the net the easiest thing to be aware of. I say to you, I certainly get
irked while people think about worries that they plainly do not know about.
You managed to hit the nail upon the top and also defined out the whole thing without having side-effects ,
people can take a signal. Will probably be back to get more.
Thanks
whoah this blog is magnificent i really like studying
your posts. Stay up the great work! You understand, lots of
persons are looking round for this info, you can aid them greatly.
tolong donk, berikan contoh dari dhohir,dhomir,mufrod dan khoiru mufrod… dua contoh semua, beserta dari ayat dan surat…berapa
alhamdulillah sudah hafal semua
شكرا على هذه المعلومات
ولكن يوجد السؤال مني..
لماذا يجب علينا أن نخذف خبر عند مبتدأ بعد لو لا؟
لماذا يجب علينا أن نخذف خبر عند المبتدأ في نص قسم ومبتدأ بعده حال سد مسد الخبر؟
ما علة؟
شكرا…..
tank’s
tolong bikin keterangan lengkapnya kang (syaranya), karena susah mahaminya
tolong jelasin secara rinci kang, susah mahaminya.
izn copy
Semoga saja atas izin Allah SWT , link ini dapat membantu study Arab saya
Aamiin
Izin copy ya 🙂 Syukron katsiiraan 🙂
smoga manfaat
What i do not realize is in reality how you are now not really much more smartly-favored than you might be right now.
You’re very intelligent. You already know therefore considerably in the case of this subject,
produced me individually believe it from numerous various angles.
Its like men and women don’t seem to be involved except it’s one thing
to do with Girl gaga! Your personal stuffs outstanding.
Always handle it up!
I go to see everyday some blogs and blogs to read articles or reviews, however this webpage
offers quality based posts.
Attractive section of content. I just stumbled upon your weblog and
in accession capital to assert that I acquire in fact enjoyed account your blog posts.
Anyway I’ll be subscribing to your augment and even I achievement you access consistently quickly.
Why users still use to read news papers when in this technological
world the whole thing is accessible on net?
It’s actually very complicated in this full of activity life to listen news on TV, therefore I only use internet for that reason, and take the hottest news.
Magnificent weeb site. A lot of helpful information ɦere.
I am sending it tо a few buddies ans also sharing іn delicious.
Аnd of сourse, tɦank you for yօur sweat!
This piece of writing iѕ in fact a good one it assists new web viewers, who are wishing іn favor off blogging.
Now I am going to do my breakfast, later than having my breakfast coming yet again to read further news.
permisi kira-kira contoh mubtada dan khobar apa aja ya??
Contoh mubtadak khobar: زيد قاعم
ass
mw tny gmn si cara mdhny membca kitab gundulan
sukron
tolong carikan referensi dong. tentang mubtada’ dan khabar
tolong carikan referensi dong. tentang mubtada’ dan khabar
Abdul haris kebon jeruk jakbar ok thank
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته : ارجو الاجابة لهذه الاسئلة :
*غيرّ في الجمل التالية ليصبح الخبر غير واجب التقديم !
1. لمجالس العلم طلابها
2. على المكتب قلم
3. بين الصفوف فراغ
4. إنما الخطيب عمر
جزاكم الله خيرا على المساعدة
kang izin copy semoga jadi inspiratif
Q pngn bisa faham alfiah dg baik
Bolehkah membuang hobar ketyka mubtadak jatuh setelah la
apa sih masut nya????
It’s very good
bisakah khobar dr kalimah fiil?sedangkan devinisi khobar itu sendiri adalah kalimah isim yg dirofakan dsb ..
Always make sure that an SEO agency is open about their methodologies used – any secrecy could mean they are using “black hat” techniques. Let’s take a look at some important points that will help you distinguish amateur from experts. An SEO will also provide ongoing monitoring, rank reports and up to date recommendations.
Kok penjelasannya gak lengkap?mohon d perlengkap so’alx ana gak terlalu mengerti bab ini
Pretty! This was a really wonderful article. Thank you for supplying this info.
Penjelasan gak lengkap ,???
Mubdata mahal iya …
iincopy kang
Some genuinely superb information, Gladiolus I found this. “Never put off until tomorrow what you can do the day after tomorrow.” by Mark Twain.
cocok nih buat ujian besok
Afwan sbelumnya.
Bisa tolong diberikan penjelasan/contoh2
kapan Khabar Ma’rifah?
krn yg kita tau Khabar itu Nakirah
bermanfaat minn
Kalo bisa dengan contoh2nya, biar lebih ngerti.
Mau tanya i’rob dari kalimat التوحيد هو علم kalimat ilmunnya jadi apa yaa
Tanya ust
syukran katsiran ilmunya
Boleh gx siih mubtada’ di nakiroh….
بارك الله في عمرك وعلو’ك امين يارب العالمين
Mau tanya jika mubtada’ berupa mudzakar yang athof ke muanats dan khobar berupa fiil mudhori’ maka fiilnya menggunakan huruf mudhoro’ah apa ya?
minta ijin copy , yaaa