Beranda > Bait 1-7 > Bait 1-7. Muqaddimah Pengarang

Bait 1-7. Muqaddimah Pengarang

بسم الله الرحمن الرحيم
المقدمة

MUQADDIMAH


قَـالَ مُحَمَّد هُوَ ابنُ مَـالِكِ ¤ أَحْمَدُ رَبِّي اللَّهَ خَيْرَ مَالِكِ

Muhammad Ibnu Malik berkata: Aku memuji kepada Allah Tuhanku sebaik-baiknya Dzat Yang Maha Memiliki.

مُصَلِّيَاً عَلَى النَّبِيِّ الْمُصْطَفَى ¤ وَآلِـــهِ الْمُسْــتَكْمِلِينَ الْشَّــرَفَا

Dengan bersholawat atas Nabi terpilih dan atas keluarganya yang mencapai derajat kemulyaan.

وَأَسْــتَعِيْنُ اللهَ فِي أَلْفِيَّـــهْ ¤ مَقَاصِدُ الْنَّحْوِ بِهَا مَحْوِيَّهْ

Juga aku memohon kepada Allah untuk kitab Alfiyah, yang dengannya dapat mencakup seluruh materi Ilmu Nahwu.

تُقَرِّبُ الأَقْصَى بِلَفْظٍ مُوْجَزِ ¤ وَتَبْسُـطُ الْبَذْلَ بِوَعْدٍ مُنْجَزِ

Mendekatkan pengertian yang jauh dengan lafadz yang ringkas serta dapat menjabar perihal detail dengan janji yang cepat.

وَتَقْتَضِي رِضَاً بِغَيْرِ سُخْطِ ¤ فَـائِقَةً أَلْفِــــيَّةَ ابْنِ مُعْطِي

Kitab ini mudah menuntut kerelaan tanpa kemarahan, melebihi kitab Alfiyahnya Ibnu Mu’thi.

وَهْوَ بِسَبْقٍ حَائِزٌ تَفْضِيْلاً ¤ مُسْـتَوْجِبٌ ثَنَائِيَ الْجَمِيْلاَ

Beliau lebih memperoleh keutamaan karena lebih awal. Beliau behak atas sanjunganku yang indah.

وَاللهُ يَقْضِي بِهِبَـاتٍ وَافِرَهْ ¤ لِي وَلَهُ فِي دَرَجَاتِ الآخِرَهْ

Semoga Allah menetapkan karunianya yang luas untukku dan untuk beliau pada derajat-derajat tinggi akhirat.

Muqoddimah

Muqoddimah Alfiyah | Judul Kitab: Syarh Ibni 'Aqil Li Alfiyyah Ibni Malik | Pengarang: Ibnu 'Aqil 'Abdullah Bin 'Abdurrahman 769 H. | Tulisan Naskh Oleh: Al-Qousiy 1281 H. | Koleksi Manuskrip: Universitas King Saud. Link: http://makhtota.ksu.edu.sa/makhtota/1491/6

Kitab Nahwu Sharaf Alfiyah Ibnu Malik, adalah sebuah Kitab Mandzumah atau Kitab Bait Nadzam yang berjumlah seribu Bait, berirama Bahar Rojaz, membahas tentang kaidah-kaidah Ilmu Nahwu dan Ilmu Sharaf

Pengarang Kitab Alfiyah ini, adalah seorang pakar Bahasa Arab, Imam yang Alim yang sangat luas ilmunya. Beliau mempunyai nama lengkap Abdullah Jamaluddin Muhammad Ibnu Abdillah Ibnu Malik at-Tha’iy al-Jayyaniy. Beliau dilahirkan di kota Jayyan Andalus (Sekarang: Spanyol) pada Tahun 600 H. Kemudian berpindah ke Damaskus dan meninggal di sana pada Tahun 672 H.

Karya emas beliau yang lain, yg cukup terkenal bernama Kitab Al-Kafiyah As-Syafiyah, terdiri dari tiga ribu Bait Nadzam yang juga bersyair Bahar Rojaz. Juga Kitab lainnya, karangan beliau yang terkenal bernama: Nadzam Lamiyah al-Af’al yang membahas Ilmu Sharaf, Tuhfatul Maudud yang membahas masalah Maqshur dan Mamdud. Semuanya membahas tentang  Tata Bahasa Arab baik Nahwu atau Sharaf.

Adapun Kitab Alfiyah ini adalah Kitab yang Ringkas berbentuk Nadzam, namun mencakup semua pembahasan masalah Ilmu Nahwu dengan detil. Sebagaimana beliau katakan pada Bait Muqaddimah pada Kitab Alfiyah ini:

“Juga aku memohon kepada Allah untuk kitab Alfiyah, yang dengannya dapat mencakup seluruh materi Ilmu Nahwu”.

Metode Kitab Alfiyah ini sebenarnya cukup memberikan kemudahan bagi pelajar untuk menguasainya. Tidak hanya untuk para senior. Karena Alfiyah ini cukup mengandung pengertian yang sangat luas, tapi dengan lafad yang ringkas. Sebagaimana beliau memberi penilaian terhadap Kitab Alfiyah ini, dalam Muqaddimahnya yang berbunyi:

“Mendekatkan pengertian yang jauh dengan lafadz yang ringkas serta dapat menjabar perihal detail dengan janji yang cepat”

Kitab Alfiyah ini, disebut juga Kitab Khalashah yang berarti Ringkasan. Diringkas dari Kitab karangan beliau yang benama Al-Kafiyah As-Syafiyah, merupakan Kitab yang membahas panjang lebar tentang Ilmu Nahwu. Sebagaimana beliau berkata pada Bait terahir dari Kitab ini, yaitu pada Bait ke 1000:

“Telah terbilang cukup kitab Khalashah ini sebagai ringkasan dari Al-Kafiyah, sebagai kitab yang kaya tanpa kekurangan”.

Beliau juga memberi motivasi, bahwa Kitab ini dapat memenuhi apa yang dicari oleh para pelajar untuk memahami Ilmu Nahwu. Beliau berkata pada Bait ke 999

“Aku rasa sudah cukup dalam merangkai kitab Nadzom ini, sebagai Kitab yang luas pengertiannya dan mencakup semuanya”.

Begitulah memang, Kitab Alfiyah Ibnu Malik ini cukup sukses, mendapat kedudukan tinggi dan penilaian terhormat di hati para pencari ilmu gramatika Bahasa Arab. Dimanapun para pencinta Ilmu Nahwu pasti mengenalnya. Tersebar luas dan diajarkan di berbagai Lembaga-Lembaga Pendidikan. Tidaklah sedikit Kitab-Kitab Syarah yang menyarahi dari Nadzam Alfiyah Ibnu Malik ini, dan tidak sedikit pula Kitab Hawasyi yang menyarahi dari Syarahnya Kitab ini. Semoga beliau mendapat kedudukan yang tinggi disisi-Nya. Amin.

Ref. | Alfiyah Ibnu Malik | Syarah Ibnu ‘Aqil | I’rob Alfiyah Ibnu Malik |

  1. 24 Juni 2010 pukul 00:50

    Kelihatannya saya belum tertinggal terlalu jauh nih. Bisa ikut belajar. Coba kitabnya bisa dibagi ? Belajar lewat mandhumah memang lebih menarik tapi harus ada syarahnya. Saya baru punya mandhumah baiquniyyah yang membahas tentang hadits.
    Salam kenal …

    • 12 Agustus 2010 pukul 00:14

      Salam kenal kembali Bang Dje, semoga bermanfa’at, saya juga masih belajar koq.
      Bang Dje yang sudah master.com dari pada saya yang newbie.com 🙂

  2. Djatmiko
    3 Desember 2010 pukul 15:01

    AssWW, saya mencoba mengikuti pelajaran ini tapi selalu menemui istilah bacaan yang belum saya ketahui, atau mentok karena sulit membaca kalimat/kata tanpa baris. Sebaiknya pelajaran apa dulu yang harus saya kuasai. (maaf udah tua…) Terimakasih n Wass.

  3. Mokhamat Zakaria
    22 Desember 2010 pukul 15:20

    Ass, Ust. Saya baru ikut sedikit2 baca dari Awal walaupun saya bukan Ahlinya saya hanya sarjana Disiplin Ilmu Umum. Istilah2 yg digunakan masih baku dari kitab aslinya, ya memang seperti itu di Kitab Alfiahnya, di Mesir Kitab ini diajarkan kepada Mahasiswa Al-Azhar, sedangkan di Indonesia diajarkan ke santri2 kecil. Kayaknya perlu terobosan baru, coba diterjemahkan sedikit bebas dan perlu Illustrasi, Contoh2 tidak harus dari ktab tersebut dapat dari Al-Quran dan Alhadits SAW. Di dalam syarh Ibnu ‘aqil banyak contoh2 dari Al-Quran, seperti Kitab Durus Al-Lughah & Al-Mu’jam banyak juga contohnya dari Al-quran, kalau Lisanul’arab banyak juga syair2, mudah2-an dapat menjadi pendorong semangat, ayo kita saling isi, demi kemajuan umat ini, Amiin. Allah a’lam.

  4. Nur rohim
    17 Januari 2011 pukul 18:50

    .
    Assalmu’alaikum wr.wb
    Sya dulu pernah belajar nahwu tp bru sebentar(nanggung)
    Apa ada yang tau di mana bs cari kitap2 kuning di daerah bekasi?tolong kasih tau ke saya melalui sms 085710596118.
    Trima kasih seblum & sesudahnya
    Wassalamu’alaikum wr.wb

  5. 29 Januari 2011 pukul 11:07

    assalamu’alaikum…
    salam kenal bang toha, insya Alloh ilmunya bermanfaat…
    wassalamu’alaikum…

  6. 20 Februari 2011 pukul 12:13

    wa ma yalilmudhofa ya’til kholafa…
    anhu fil i’robi idza ma hudifa…
    apa bila si mudhof tlh tiadag…maka pmuda lah yg tmpil k muka..
    “apa bila ulama tlh tiada.. mka pmuda lah yg tmpil k muka. .”
    🙂

  7. jalaludin el rumy
    8 Maret 2011 pukul 22:38

    Assalamu’alaikum…idzil fata hasba i’tiqodihi rufi’ wakullu man lam ya’taqid lam yantafi’…maksih ustaz atas blognya..mudah2n saya bisa ters belajr mengenai bagian dri ilmu gramatika bahsa arab ini..

  8. Dadan
    26 Maret 2011 pukul 15:49

    assalamu’alaikum!
    alhamdulillah. mohon penjelasan mengenai metode cara cepat belajar qur’an dan kitab kuning yang akhir2 ini marak sekali.

  9. ali
    28 Maret 2011 pukul 14:03

    Assalualikum……
    kang saya ali dulu saya pernah ikut mengaji cuman masih dasar belum sampai kesinih maksud saya, saya mau minta izin dan ikhlas ridhonya saya mau mengcopi untuk saya dan mungkin akan saya amalkan kelak setelah saya terjun di masyarakat. dan kalo boleh untuk nahu shorof yang sebelumnya di tampikan juga, saya sangat berterima kasih, kenapa saya ingin mengcopi karena mungkin saya tidak bisa online untuk waktu yang lama.
    wassalamualaikum….
    ali

  10. mustofa
    18 Juni 2011 pukul 08:33

    maaf saya mau numpang iklan….. bagi ikwan yang ingin mempelajari Al-fiyah secara intensif dan sistem tanya jawab dan berada di daerah jakarta dan sekitarnya, khususnya lingkungan kampus UIN jakarta, bisa langsung hbungi di 085222559545.

  11. 8 September 2011 pukul 13:09

    bismillah..assalamualaikum:ada yang bisa menjelas kan kepada saya..dengan jelas dan udah di pahami.tentang”i’rob”.dan bisa kah anda i’rob kan dari kalimat zaHrotaani?

  12. abu athiyah
    21 September 2011 pukul 07:07

    alhamdulillah, setelah membaca nadzom al fiyah teringat masa belajar dipondok.

  13. ariep
    9 November 2011 pukul 14:03

    penyesalan datangnya belekangan,5 tahun ngapali alfiyah mungkin karena jalur hidup beda jadi lupa semua

  14. 9 November 2011 pukul 15:19

    ass….
    atas idzin allah syya ingin bertnya
    apa kahh smua ilmu nahu hanya terkumpul d dalam betz al_fiyah sajja
    tolng ksihh twu saya ?(083877515951)

    terimakasih

    wass….

  15. joko
    25 November 2011 pukul 23:52

    minta bimbinganya,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    aq lagi belajar tp belum paham semoga aq bisa ………………………

  16. 28 November 2011 pukul 16:03

    duch jadi riwet kaya gini belajarnya

  17. 11 Desember 2011 pukul 21:37

    bagaimana caranya untuk tetap bisa mengakses web ini sehingga dapat di gunakan dalam jangka panjang.atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

  18. 20 Desember 2011 pukul 22:31

    izin muthola’ah… شكرا لكم

  19. irfanhilmi
    13 Februari 2012 pukul 12:41

    Asslamu’alaikum,,,, ya akhi mohon bantuanya untuk penjelasan isim ghoermunsorif?

  20. ade dicky
    2 Maret 2012 pukul 22:54

    Ass. Wr.Wb.
    saya bekerja, tapi ingin belajar ilmu nahwu dan sharaf atau alat… mulainya harus dari mana ? bisakah bleajar kitab kuning tanpa mondok di pesantren ?
    terimkasih
    Ws

  21. 9 Maret 2012 pukul 20:00

    nice blog,,,,
    جزاكم الله خيرا كثيرا

  22. Anonim
    30 April 2012 pukul 08:48

    Ustadz, izin download ya … mau saya print.

  23. inu
    1 Juni 2012 pukul 15:33

    Terima kasih… Blog ini sangat bermanfaat sekali……

  24. ridwan
    6 Agustus 2012 pukul 22:26

    izin download stadz, untuk di print

  25. Mutolib
    30 September 2012 pukul 06:38

    Aduh psing sulit bner memplajari ktab alfiyah

  26. kang amrul
    3 November 2012 pukul 10:16

    Trimakasih Ustadz… Atas ilmunya..

  27. Anonim
    14 Februari 2013 pukul 17:14

    ustad ku izin download ya….

  28. Abu Reynir
    26 Februari 2013 pukul 07:00

    Alhamdulillah wa syukurillah..
    Ana awam soal bahasa arab, tapi dah punya niat untuk belajar. Mohon bimbingan nya, ustadz..
    Jazakallohu khoiir.. Wassalamu alaikum..

  29. Anonim
    25 Mei 2013 pukul 19:00

    pak yai mohon ijin untuk mempelajarinya semoga bisa bermanfaat bagi saya dan bagi umat……

  30. 17 Juni 2013 pukul 07:20

    ustd. permisi untuk mempelajari ,
    ………jazakumullah

  31. wan
    24 Juni 2013 pukul 02:43

    ustaz saya santri baru,,,,nak ikut dan doakan saya

  32. 14 Agustus 2013 pukul 15:16

    Alhamdulillah bisa nemuin web nahwu sebagus ini.. izin copy ya ustad… trims.

  33. abi salma
    18 Desember 2013 pukul 19:20

    Ass…Pak Kyai terimakasih ilmu-ilmunya semoga Allah menempatkan derajat tertinggi untuk yai,,,,maaf sekalian mau tanya pak yai,,, dalam kalimat istigfar “astagfirulloohal’azhiim alladzii laa ilaaha illaa hualhayyul qayyuum waatuubu ilaihi,,,,,,yg benar hayyaul qayyumu apa hayyal qayyuma pak yai ??? mohon penjelasannnya terimakasih pak yai…

  34. abi salma
    18 Desember 2013 pukul 19:22

    Maaf hayyul qoyyuumu apa hayyal qoyyuuma

  35. Anonim
    5 Januari 2014 pukul 05:47

    saya belum perna belajar nahwu bisa tidak saya langsung belajar dari kitab ini langsung terima kasih

  36. ajat darojat al-banjarsari
    29 Maret 2014 pukul 17:25

    pa ustaz kebetulan saya seorang santri tapi mengalami gangguan di dalam penglihatan(seorang tunanetra) barangkali ada audio untuk nahwu saraf yang bisa saya download terutama kitab alfiyah ini kalau ada kassih tahu saya di mana saya dapat mendowloadnya? Kalau ada tolong kasih tahu saya di nomor hp 081220578857 syukran saya sangat mengharapkan bimbingann pa ustaz

  37. 25 Mei 2014 pukul 19:38

    Masya Allah .. Terimahkasaih..

  38. Anonim
    25 Juni 2014 pukul 22:13

    Jazakalloohu khoiro jazaa

  39. Borneo putra
    9 Agustus 2014 pukul 13:34

    Alhamdulillah, akhirnya ada blog ini, dl sy pernah nyantri namun krn pemaknaanya menggunakan bahasa jawa jadi saya tdk paham krn sy dari kalimantan. mohon izin caplos…. semoga Alloh swt membalas jeri payah anda. terimakasih….

  40. 17 Oktober 2014 pukul 13:41

    maaf ustadz ada terjemahan yang bisa di download gak ya?

  41. diana
    10 Desember 2014 pukul 12:00

    ass,sy blm terlalu lncr membc pak ustaz sy pengen bljr
    terimah kasih………..

  42. 22 Maret 2016 pukul 20:50

    assalamualaikum bapak guru, saya mau bertanya qowaidul lughoh bersangkutan tidak dengan ilmu nahwu dan ilmu shorof ? terima kasih assalamualaikum

  43. Badruddin
    25 Maret 2016 pukul 11:31

    Mantab ustad saya mau belajar dari julumiah sampai alfiah ibnu Malik. Gimana caranya.

  44. abdul majid
    1 April 2016 pukul 03:47

    assalamualaikum, ust aku mau minta izin untuk meng kopi nadhom alfiyah ini, ak ingin belajar ust. wassalamualaikum. barakallahu lakum wa lana amien.

  45. aza
    8 April 2016 pukul 09:55

    Maaf itu kok pake taiinu llah, bukannya di teks yg asli pake astaiinullah

  46. Nawawi
    22 April 2016 pukul 22:37

    Asalamualaikum, kang ijin ikut ngaji di sini ya (nawawi)

  47. 27 November 2017 pukul 16:00

    amin allahumma amin.. untuk beliau Ibn Malik rahimahullah

  48. Anonim
    25 April 2019 pukul 00:02

    i

  49. Alvin
    10 September 2022 pukul 18:13

    Assalamu alaikum.. izin copypast seluruh pelajaran alfiyah di blog ini .untuk saya hafalkan..jazakumulloh khoiron katsiron

  1. 16 November 2012 pukul 13:12

Tinggalkan komentar