Beranda > Syarah Kailani Matan 'Izzi > Definisi Sharaf

Definisi Sharaf

Sharaf atau dibaca Shorof adalah salah satu nama cabang Ilmu dalam pelajaran Bahasa Arab yang khusus membahas tentang perubahan bentuk kata (Bahasa Arab: kalimat). Perubahan bentuk kata ini dalam prakteknya disebut Tashrif. Oleh karena itu dinamakan Ilmu Sharaf (perubahan; berubah), karena Ilmu ini khusus mengenai pembahasan Tashrif (pengubahan; mengubah).

Kailani, 1

اِعْلَمْ، اَََنَّ التَّصْرِيْفَ فِي اللُّغَةِ: التَّغْيِيْرُ، وَفِي الصَّنَاعَةِ: تَحْوِيْلُ اْلأَصْلِ الْوَاحِدِ إِلَى أَمْثِلَةٍ مُخْتَلِفَةٍ لِمَعَانٍ مَقْصُوْدَةٍ لاَ تَحْصُلُ اِلاَّ بِهَا.

Ketahuilah, bahwasanya yg dinamakan Tashrif menurut Bahasa adalah: pengubahan. Sedangakan menurut Istilah adalah: pengkonversian asal (bentuk) yang satu kepada contoh-contoh (bentuk) yang berbeda-beda, untuk (tujuan menghasilkan) makna-makna yang dimaksud, (yg mana) tidak akan berhasil tujuan makna tersebut kecuali dengan contoh-contoh bentuk yang berbeda-beda itu.

Keterangan:

Asal bentuk kalimat adalah Masdar, ini menurut pendapat Ulama Bashrah. Pendapat ini lebih banyak mendapat dukungan. Sedangkan menurut Ulama Kufah, asal bentuk kalimat adalah Fi’il Madhi.

Asal bentuk adalah Masdar, dikonversikan ke sampel-sampel yang lain misalnya: Fi’il Madhi, Fi’il Mudhari’, Fi’il Amar, Fi’il Nahi, Isim Fa’il, Isim Maf’ul, Isim Zaman, Isim Makan, Isim Alat, Isim Murrah, Isim Hai’ah, Isim Nau’, Isim Tafdhil, Shighat Mubalaghah dan lain-lain. Perubahan ke sampel-sampel tersebut, tujuannya untuk menghasilkan makna yang diinginkan, tanpa mengubah ke sampel-sampel  tersebut maka kita tidak akan berhasil mencapai kepada makna yang kita inginkan.

Contoh:

Asal kalimat adalah Masdar: ضَرْبٌ dibaca: Dharbun, bermakna: Pukulan.

Dirubah ke sampel Fi’il Madhi menjadi: ضَرَب dibaca: Dharaba, bermakna: Telah memukul.

Dirubah ke sampel Fi’il Mudhari’ menjadi: يَضْرِبُ dibaca: Yadhribu bermakna: Akan memukul.

Dirubah ke sampel Fi’il Amar menjadi:  اِضْرِبْ dibaca: Idhrib bermakna: Pukullah! Dan sebagainya.

Contoh tersebut di atas dikatakan Tashrif, yaitu pengubahan asal bentuk yang satu kepada sampel-sampel bentuk yang lain untuk menghasilkan makna yang dimaksud. Sekian pembahasan Tashrif menurut Bahasa dan Istilah.  ♥♥♥ Ibnu Toha

  1. 24 Juni 2010 pukul 02:18

    bro…kren bgt,ad jga blog yg membahas sorof’n’qowaid

    slm knal

    http://ihsangamerz.wordpress.com

    • 13 Juli 2010 pukul 22:49

      Alhamdulillah
      salam kenal juga, semoga saya tetap bisa meneruskan pembahasan ilmu sharaf dari kitab kailaniy ini sampai tuntas.
      anda dan pembaca-pembaca lainnya, sebagai penyemangat bagi saya.
      sebarkanlah Ilmu hingga ke dunia maya. Salam……..

      • Anonim
        13 November 2011 pukul 11:30

        selamat berjuang dijalan Allah, semoga Allah senantiasa memberi kekuatan dan keridhoan-Nya bagi almukarom syaikhina wamurobbi rukhina bapak ibu toha

        salam kenal, dari salman khakim alfaris asal kendal jawa tengah

    • shofi mobarok
      4 Maret 2012 pukul 19:25

      slam knal jg…

    • Anonim
      1 Desember 2015 pukul 18:33

      ya bguslah klau kta bljar ilmu sorof atu nahwu

  2. al_mujtaba habibah
    29 September 2010 pukul 17:21

    Asslm…..salam kenal akhi..beneran hebat deh,tak semua orang tau bahwa beljr kailany itu penting.saya sangat kebantu dengn adanya blog ini…moga b’manfaat y..

  3. abdoelrahmanh@yahoo.com
    30 Maret 2011 pukul 13:12

    terlalu mudah

    • endang sumarna
      17 November 2011 pukul 19:47

      memang mudah, tata bahasa arab itu tidak sesulit seprrti yang diperkirakan

  4. TEDI SUSANTO
    10 April 2011 pukul 14:04

    good…

  5. jun
    9 Mei 2011 pukul 20:22

    assalamualaikum
    mohon ijin dan doanya agar bisa mempelajarinya dengan sempurna, sudah lama aq tidak mempunyai guru semenjak lulus dari madrasah. Semoga ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih banyak

  6. 13 Juli 2011 pukul 11:36

    wah,,udah lulus pesantren pasti udh ga buka kitab shorof dan nahwu,,blog ini sangat membantu sekali untuk bisa mengingat pelajaran yang satu ini..tanks yua…

  7. 5 September 2011 pukul 05:27

    Salam,

    Mantap… saya bangga dengan anda yang menyempatkatkan diri untuk berbagi ilmu dengan para santri. Semoga bermanfaat. Amin

    http://www.thohiriyyah.com
    Website Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah Purwokerto,Banyumas

  8. 20 Oktober 2011 pukul 15:36

    assalamualikum…

    terima kasih blognya…
    salam kenal..

  9. 15 November 2011 pukul 16:34

    assalamualaikum….mantp mas blog nya..salam kenal…..

  10. salman khakim alfaris
    22 Januari 2012 pukul 06:47

    assalamu’alaikum…

    salam talim buat yai thoha,…
    kalau boleh minta aku pengen imrithi yang berupa MP3 yang kayak alfiyah yang sudah diterbitkan di blog yaii itu…!!

    tak tunggu balasannya zaa….

  11. Anonim
    3 Februari 2012 pukul 16:41

    أحمدي نجاد
    artinya apa?

  12. 21 Februari 2012 pukul 15:08

    sukron akhy muga manfa’at ….

  13. moehammad baaqil
    2 April 2012 pukul 22:03

    pusing

  14. MAHBUB AL KHISSI
    9 April 2012 pukul 20:03

    trimakasih jadi saya punya banyak refrensi gug cuma di di pesantren aja

  15. ari
    12 Juni 2012 pukul 17:40

    Ass terimakasih atas infonya, yai toha

  16. 18 September 2012 pukul 08:52

    semoga banyak manfaat blognya dan mohon izin ustadz bergabung..

  17. 30 September 2012 pukul 07:23

    Assalamualaikum.wr.wb
    Ust,,,,ma’af sedkt curhat.mngkin krn do’a orang tua sya dtrima di unvrsitas tapi jurusan pnddkn bhs.arab.sedangkan kemampuan bhs arb sya terbilg msh lemh.Sudihkah kiranya ust berbagi ilmu dgn sya.Sukron ust,,

  18. feila
    3 Oktober 2012 pukul 10:12

    uaduh sekarang bisa enak nich bisa belajar ilmu sorof dengan cepat…………..

  19. Vazlurrohman
    7 Oktober 2012 pukul 08:13

    Mohon izin untuk membaca dan mengcopy tulisan ustadz. Jazakallahu khairal jaza.

  20. Anonim
    22 Oktober 2012 pukul 03:42

    syukron tad, share ilmu’y! . . .Jazakallah khoiron katsiron

  21. Anonim
    30 Oktober 2012 pukul 09:26

    assalamu’alaikum,,, sangat bermanfaat … makasih. sekalian kalo boleh tanya sudah ada terjemah kitab al kailany belum ya ??? makasih ^_^

  22. 26 November 2012 pukul 18:06

    aslm

  23. 16 Juli 2013 pukul 09:32

    السلام عليكم…Ana nak tanya ada tak penerangan tentang ممنوع من الصرف

  24. bani_kasnar
    21 Oktober 2013 pukul 20:26

    terima mas…..
    sekalian ijin copas

  25. 16 Desember 2013 pukul 11:22

    ass sblummnya maaf pmbahasanya kok disini terlalu singkat

  26. 20 Januari 2014 pukul 19:58

    sip ,,,pak …. lanjutkan pembahasannya,,, aku selalu mendukungmu,,,,,,,,tpi saya minta dijelaskan secara luas,,,,

  27. 11 Maret 2014 pukul 12:29

    bags

  28. Anonim
    16 November 2014 pukul 07:04

    trima kasih

  29. pii
    15 Maret 2015 pukul 08:43

    Mohon ijin untuk ikut membaca mengambil ilmu dr tulisan ustadz..

  30. Anonim
    2 Agustus 2015 pukul 00:18

    ممتاز
    ممتاز
    ممتاز

  31. 17 Desember 2015 pukul 00:04

    Baguuuusss… basaguuuuuusssss…

  32. Mahboby
    29 April 2016 pukul 22:05

    Baguss

  33. norkhalis
    3 September 2016 pukul 07:33

    barakallah, blog yang bermanfaat

  1. 18 April 2012 pukul 10:02
  2. 7 April 2013 pukul 23:01
  3. 4 Juni 2016 pukul 16:43

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: