Fi’il Madhi, Fi’il Mudhari’, Fi’il Amar

Kata kerja atau Kalimah F’il terbagi tiga:

1. Fi’il Madhi – Kata kerja Bentuk Lampau:

Kata kerja menunjukkan kejadian bentuk lampau, yang telah terjadi sebelum masa berbicara. Seperti :

قَرَأَ

Telah membaca”.

Tanda-tandanya adalah dapat menerima Ta’ Fa’il dan Ta’ Ta’nits Sakinah. Seperti :

قَرَأْتُ

QORO’TU = “Aku telah membaca” dan

قَرَاَتْ

QORO’AT = “Dia (seorang perempuan) telah membaca”.

2. Fi’il Mudhori’ – Kata kerja bentuk sedang atau akan:

Kata kerja menunjukkan kejadian sesuatu pada saat berbicara atau setelahnya, pantas digunakan untuk kejadian saat berlangsung atau akan berlangsung.

Dapat dipastikan kejadian itu terjadi saat berlangsung dengan dimasukkannya Lam Taukid dan Ma Nafi. Seperti:

قَالَ إِنِّي لَيَحْزُنُنِي أَنْ تَذْهَبُوا بِهِ

Berkata Ya’qub: “Sesungguhnya kepergian kamu bersama Yusuf amat menyedihkanku…

وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ مَاذَا تَكْسِبُ غَدًا وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ بِأَيِّ أَرْضٍ تَمُوتُ

…Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati…

Dapat dipastikan kejadian itu terjadi akan berlangsung dengan dimasukkannya :

س, سوف, لن, أن, ان.

SYIN, SAUFA, LAN, AN dan IN

Seperti:

سَيَصْلَى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ

Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak.

وَأَنَّ سَعْيَهُ سَوْفَ يُرَى

dan bahwasanya usaha itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya).

قَالَ رَبِّ أَرِنِي أَنظُرْ إِلَيْكَ قَالَ لَن تَرَانِي

berkatalah Musa: “Ya Tuhanku, nampakkanlah (diri Engkau) kepadaku agar aku dapat melihat kepada Engkau.” Tuhan berfirman: “Kamu sekali-kali tidak sanggup melihat-Ku

وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

وَإِن يَتَفَرَّقَا يُغْنِ اللَّهُ كُلاًّ مِّن سَعَتِهِ

Jika keduanya bercerai, maka Allah akan memberi kecukupan kepada masing-masingnya dari limpahan karunia-Nya.

Tanda-tanda Fi’il Mudhori’ adalah: bisa dimasuki لَمْ seperti contoh:

لَمْ يَقْرَأْ

artinya: tidak membaca.

Ciri-ciri Kalimah Fi’il Mudhari’ adalah dimulai dengan huruf Mudhoro’ah yang empat yaitu أ – ن – ي – ت disingkat menjadi أنيت.

Huruf Mudhara’ah Hamzah dipakai untuk Mutakallim/pembicara/orang pertama tunggal/Aku. contoh

أضرب

ADHRIBU = aku akan memukul

Huruf Mudhara’ah Nun dipakai untuk Mutakallim Ma’al Ghair/pembicara/orang pertama jamak/Kami. contoh

نــضرب

NADHRIBU = kami akan memukul

Huruf Mudhara’ah Ya’ dipakai untuk Ghaib Mudzakkar/orang ketiga male, tunggal, dual atau jamak/dia atau mereka. contoh

يــضرب

YADHRIBU = dia (pr) akan memukul

يــضربان

YADHRIBAANI = dia berdua (lk-pr) akan memukul

يــضربون

YADHRIBUUNA = mereka (lk) akan memukul

يــضربن

YADHRIBNA = mereka (pr) akan memukul

Huruf Mudhara’ah Ta’ dipakai untuk Mukhatab secara Mutlaq/orang kedua male atau female, juga dipakai untuk orang ketiga female tunggal dan dual. contoh

تــضرب

TADHRIBU = kamu (lk)/dia (pr) akan memukul

تــضربا

TADHRIBAA = kamu berdua (lk-pr)/dia berdua (pr) akan memukul

تــضربون

TADHRIBUUNA = kamu sekalian (lk) akan memukul

تــضربين

TADHRIBIINA = kamu (pr) akan memukul

تــضربن

TADHRIBNA = kamu sekalian (pr) akan memukul

3.  Fi’il Amar – Kata kerja bentuk perintah :

Kata kerja untuk memerintah atau mengharap sesuatu yang dihasilkan setelah masa berbicara. contoh:

اقْرأْ

IQRO’ = bacalah.

Tanda-tandanya adalah dapat menerima Nun Taukid beserta menunjukkan perintah. contoh

اقْرَأَنَّ

IQRO’ANNA = sungguh bacalah.

Pelajaran terkait

Pembahasan Kata Kerja

  1. 5 Desember 2010 pukul 09:12

    Tinggalkan komentar Go to comments

    Kata kerja atau Kalimah F’il terbagi tiga:

    1. Fi’il Madhi – Kata kerja Bentuk Lampau:

    Kata kerja menunjukkan kejadian bentuk lampau, sebelum masa pembicara. Seperti قَرَأَ “Telah membaca”. Tanda-tandanya adalah dapat menerima Ta’ Fa’il dan Ta’ Ta’nits Sakinah. Seperti قَرَأْتُ “Aku telah membaca” dan قَرَاَتْ “Dia (seorang perempuan) telah membaca”.

    2. Fi’il Mudhori’ – Kata kerja bentuk sedang atau akan:

    Kata kerja menunjukkan bentuk kejadian saat berlangsung atau akan berlangsung, di masa pembicara atau setelahnya.

    Dapat dipastikan kejadian itu terjadi saat berlangsung dengan dimasukkannya Lam Taukid dan Ma Nafi. Seperti:

    قَالَ إِنِّي لَيَحْزُنُنِي أَنْ تَذْهَبُوا بِهِ

    Berkata Ya’qub: “Sesungguhnya kepergian kamu bersama Yusuf amat menyedihkanku…

    وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ مَاذَا تَكْسِبُ غَدًا وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ بِأَيِّ أَرْضٍ تَمُوتُ

    …Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati…

    Dapat dipastikan kejadian itu terjadi akan berlangsung dengan dimasukkannya س, سوف, لن, أن, ان. Seperti:

    سَيَصْلَى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ

    Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak.

    وَأَنَّ سَعْيَهُ سَوْفَ يُرَى

    dan bahwasanya usaha itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya).

    قَالَ رَبِّ أَرِنِي أَنظُرْ إِلَيْكَ قَالَ لَن تَرَانِي

    berkatalah Musa: “Ya Tuhanku, nampakkanlah (diri Engkau) kepadaku agar aku dapat melihat kepada Engkau.” Tuhan berfirman: “Kamu sekali-kali tidak sanggup melihat-Ku

    وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

    Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

    وَإِن يَتَفَرَّقَا يُغْنِ اللَّهُ كُلاًّ مِّن سَعَتِهِ

    Jika keduanya bercerai, maka Allah akan memberi kecukupan kepada masing-masingnya dari limpahan karunia-Nya.

    Tanda-tanda Fi’il Mudhori’ adalah: bisa dimasuki لَمْ seperti contoh: لَمْ يَقْرَأْ artinya: tidak membaca. Ciri-ciri Kalimah Fi’il Mudhari’ adalah dimulai dengan huruf Mudhoro’ah yang empat yaitu أ – ن – ي – ت disingkat menjadi أنيت.

    Huruf Mudhara’ah Hamzah dipakai untuk Mutakallim/pembicara/orang pertama tunggal/Aku. contoh أضرب

    Huruf Mudhara’ah Nun dipakai untuk Mutakallim Ma’al Ghair/pembicara/orang pertama jamak/Kami. contoh نضرب

    Huruf Mudhara’ah Ya’ dipakai untuk Ghaib Mudzakkar/orang ketiga male, tunggal, dual atau jamak/dia atau mereka. contoh يضرب, يضربان, يضوبون, يضربن

    Huruf Mudhara’ah Ta’ dipakai untuk Mukhatab secara Mutlaq/orang kedua male atau female, juga dipakai untuk orang ketiga female tunggal dan dual. contoh تضرب, تضربا, تضربون , تضربين, تضربن

    3. Fi’il Amar – Kata kerja bentuk perintah :

    Kata kerja untuk memerintah sesuatu yang dihasilkan setelah masa pembicara. contoh: اقْرأْ = bacalah.

    Tanda-tandanya adalah dapat menerima Nun Taukid beserta menunjukkan perintah. contoh اقْرَأَنَّ = sungguh bacalah.

    Pelajaran terkait

    Pembahasan Kata Kerja

    * Fiil Madhi, Fiil Mudhori’, Fiil Amar
    * Isim Fiil
    * Isim Aswat
    * Mujarrod dan Mazid
    * Jamid dan Mutashorrif
    * Hamzah Washal dan Hamzah Qotho’
    * Shahih dan Mu’tal
    * Tam dan Naqis
    * Lazim dan Muta’addi
    * Mabni Ma’lum dan Mabni Majhul
    * Pembahasan Taukid dan Hubungannya
    * Mu’rob dan Mabni
    * Fi’il Nashab dan letaknya
    * Fi’il Jazm dan letaknya
    * Fi’il Rofa’ dan letaknya
    * I’rob Takdir Kalimah Fiil

  2. 17 April 2011 pukul 17:21

    alhamdulillah terima kasih banyak ya, sekian lama saya coba memahami nahwu shorof hingga kini saya pun belum sepenuhnya paham, tapi yang jelas saya berterima kasih dengan adanya tulisan ini amat sangat membantu belajar saya, saya suka bahasa arab biarpun gak gampang untuk menguasainya. sekali lagi thanks y….

  3. Anonymous
    28 April 2011 pukul 13:11

    kok enggak ada contohnya???

    • Anonymous
      15 Oktober 2013 pukul 10:46

      Untung aja

  4. 3 Mei 2011 pukul 08:54

    trmksh atas peljaranya ,,,,

  5. setiadi
    4 Juli 2011 pukul 09:46

    assalamu’alaikum…
    huruf arabnya kurang besar….

    • Anonymous
      29 Januari 2013 pukul 20:22

      pkai crmin mate der

  6. Anonymous
    17 Agustus 2011 pukul 21:19

    dengan ini saya bisa belajar bahasa arab,,, termah kasih, semuga allah memberi rahmat

  7. 19 September 2011 pukul 12:36

    Apakah ada bait alfiyah fi’il jamid, fi’il mutashorrif, ma’lum dan majhul yang ngepas menerangkan definisi istilah tersebut ? Kalau tidak ada, di kitab apa yang ada bait-nya ?
    Syukron !

  8. bayu
    8 Oktober 2011 pukul 17:39

    Assalaamu’alaikum.
    Saya ingin membantu saudara setiadi, untuk memperbesar tampilan di layar coba tekan tombol ctrl tahan sambil gerakan roda mouse keatas.

  9. Anonymous
    13 Oktober 2011 pukul 16:01

    kok fi’il jazam dan letaknya gak ada ya?????
    pembahasannya .

  10. 27 Oktober 2011 pukul 14:34

    salam kenal, alhamdulillah sangat bermanfaat

  11. 29 Oktober 2011 pukul 12:52

    Saya juga pengen komentar

  12. baedi nurjaman
    23 November 2011 pukul 10:00

    mana penjelasan fi’il mudore mabni fa;il,dan mabni maf;ul??????

  13. Andhy
    27 November 2011 pukul 04:56

    Saya senang buka internet

  14. Anonymous
    15 Desember 2011 pukul 22:04

    arab,,,,to jangan mau kalah dengan b.inggris,,,,najimihm23yahoo.com email najmihamidi@rocketmail.com

  15. 19 Desember 2011 pukul 15:24

    Sebelumnya, saya masih awam tentang ilmu bahasa arab. Kalau boleh tahu, bagaimana kiat awal agar kita bisa mudah belajar bahasa arab ya?

  16. ridwan alfaridu
    23 Desember 2011 pukul 17:16

    semoga bermanfaat

  17. mardiyah
    22 Januari 2012 pukul 15:04

    alhamdulillah terimakasih banyak ini sangat membantu saya

  18. des junis darti
    9 Februari 2012 pukul 11:16

    syukroonn !!!!!!

    terima kasiiih bnyak buat bantuan pembelajaran saya :))

  19. anas
    12 Maret 2012 pukul 16:15

    makasih
    akan lebih enak klo contohnya d ambil dari n ayat berapa gitu trus d jelasin sekalian
    sekali lagi makasih

  20. Norazizah Abdul Rahim
    22 Maret 2012 pukul 16:05

    terima kasih kerana laman web ini banyak membantu saya memahami asas pembelajaran Bahasa Arab. Saya baru berjinak2 untuk belajar bahasa Arab dan ia banyak membantu saya, terima kasih.

  21. 3 April 2012 pukul 18:02

    Alhamdulillah ……… jadi faham dech………..!

  22. Herman
    24 April 2012 pukul 17:16

    Alhamdulilah akhirnya saya bisa belajar ilmu nahwu shorof, terimakasih karna web ini sangat membatu sekali .

  23. Anonymous
    11 Mei 2012 pukul 13:14

    ana minta izin mempelajarinya

  24. Anonymous
    2 Juni 2012 pukul 23:50

    Smoga Bermanfa’at

  25. Avih
    5 Juni 2012 pukul 20:09

    Bagus

  26. Anonymous
    23 Juni 2012 pukul 15:40

    bahsa inggris mah dodol ahh,ane suka bahasa arab,t[i ane sulit paha,
    klo bahasa inggris ane paham betul, hehehe
    hadoooh kapan ya ane bisa paham bnar2 bahasa geramatika arab,

  27. afifah rahmawati
    24 Juni 2012 pukul 15:40

    assalamu alaikum,,, ana bingung membedakan antara fa’il mudhori’ dan mahdhi……… atara maalikun yadhabu illa suuk dan malikun dhahaba illa suuk

  28. AINUL
    27 Juni 2012 pukul 19:54

    Saya nak 30 fe’el madhi dan mudhari’ ye

  29. 19 Juli 2012 pukul 06:40

    ana ingin mmpelajrin ktab mudore byar gmpng & cpt bsa g mna y an syukroooon….?

  30. 19 Juli 2012 pukul 06:59

    q ingin x mmpljri ktab mudore krna q sngat mykai bhsa arab ana syukroon

  31. omah
    27 Juli 2012 pukul 14:49

    jamak/dia atau mereka. contoh
    يــضرب

    YADHRIBU = dia (pr) akan memukul
    ………

    Huruf Mudhara’ah Ta’ dipakai untuk Mukhatab secara Mutlaq/orang kedua male atau female, juga dipakai untuk orang ketiga female tunggal dan dual. contoh
    تــضرب

    TADHRIBU = kamu (lk)/dia (pr) akan memukul

    ini untuk dia (pr) akan memukul ada 2 ya ?

    • 1 Desember 2013 pukul 21:52

      Emg’a ya gtu ada dua.

  32. Shofiyatun
    15 Agustus 2012 pukul 10:33

    terima kasih atas semua materi yang telah disajikan di sini

  33. 3 September 2012 pukul 16:48

    Pas kali jawabannya makasih

  34. Anonymous
    30 September 2012 pukul 15:08

    Alahamdulillah jadi bermanfaat Makasih kk Jazakallah…..

  35. Annhisa Amazing
    3 Oktober 2012 pukul 16:09

    Good….. Ini sangat membantu sy……
    @Annhis_Amazing

  36. Anonymous
    12 Oktober 2012 pukul 14:41

    sukron,jazakumullah khoiron kasiron

  37. 15 Oktober 2012 pukul 20:56

    terimkasih atas pelajaranx dn sangat membantu saya

  38. 16 Oktober 2012 pukul 16:56

    kalau فَـــرَّ ??

  39. elba safira n.h.
    16 November 2012 pukul 18:27

    terima kasih atas ilmu x,sangat bermanfaat sekali

  40. Anonymous
    16 November 2012 pukul 19:32

    huruf jazam dan nasab tu tuliskan donk huruf2 nya beserta artinya

  41. Anonymous
    22 November 2012 pukul 15:56

    mohon ijin ustazd aq baca-baca belajar bhs arab ….

  42. khaerul umam.
    29 November 2012 pukul 19:16

    mkash bnyak tas ilmu.y yg udah mau brbgi wat kta smua..

  43. gunng
    1 Desember 2012 pukul 08:17

    trimakasih ustad aq akan coba belajar bhs arab…

  44. supriadi
    3 Desember 2012 pukul 13:00

    berapa lama belajar nahwu shorof pada usia 40 an

  45. 6 Desember 2012 pukul 18:43

    Kapan indonesia merdeka?

  46. Anonymous
    2 Januari 2013 pukul 14:23

    Alhamdullillah,Jazakallah ya ustaz ,ianya dapat membantu ana memahmi ilmu nahu dan sorof dengan jelas…syukran!

  47. abdullah
    7 Januari 2013 pukul 13:16

    syukran atas infonya

  48. 9 Januari 2013 pukul 13:39

    Assalamu’alaikum wr wb. Bisa tolong jelaskan Shorof dari Insyaa Allah ? (soalnya banyak yang nulis In shaa Allah). Terima kasih.

  49. Anonymous
    19 Januari 2013 pukul 10:53

    Kalau perkataan tidur?

  50. shuviesstars
    21 Januari 2013 pukul 20:47

    saya itu bingung untuk mencari kata-kata fi’il madhi ,,, soal saya
    tidak ada dhomir-nya,,,

  51. 26 Februari 2013 pukul 17:52

    Saya ingin belajar membaca kitab kuning sampai paham

  52. Marnie
    28 Februari 2013 pukul 17:37

    Aq udh lama scolah di ponpes tp blum paham2 juga mslah Nahwu ini..
    Untung ada situs ini yg sangat mmbantu akn..
    Terima kasih

  53. Anonymous
    1 Maret 2013 pukul 18:13

    piil mudore yg menuduhkan jama muanasah goibah di sebut nya piil mudore apah

  54. 5 Maret 2013 pukul 08:26

    Blajar ilmu agama sangat brmanfa’at, bgi genasi msa kini.

  55. siti maimunah
    12 Maret 2013 pukul 21:14

    makasih ya……saya lagi belajar tata bhs arab…sangat terbantu…semoga bermanfaat….allahuakbar

  56. Anonymous
    30 Maret 2013 pukul 11:27

    pengen cpet bs bahasa arab….

  57. 31 Maret 2013 pukul 12:35

    terimaksih dengan ada.nya situz wab iniey sangat membantu pembljran saya
    wassalam

  58. Anonymous
    17 April 2013 pukul 14:23

    thank ==== blajar ilmu agama memang gak ada bosanya, kini ada situs yg bisa memudahkan kita blajar , tunggu apalagi ayo cari ilmu.=====

  59. Anonymous
    26 April 2013 pukul 11:09

    alhamdulillah saya bisa belajar lagi ilmu bahasa arab, walaupun saya dulu kurang suka dengan ilmu ini .

  60. Anonymous
    1 Mei 2013 pukul 15:05

    *bermanfaat dechh…

  61. Alia
    20 Mei 2013 pukul 17:21

    Terima kasih bnyk2 kpd owner web ni..

  62. Anonymous
    20 Mei 2013 pukul 22:35

    Mengenai fi,I’ll madhi apakah yang dimaksud dg tambahan ta,fail atau ta,tanits berlaku utk semua kata yg akan ditambahkan atau sdh baku

    • Jan
      9 Juli 2013 pukul 20:47

      Bismi huruf jar ismi yang diper alamat jar kasrah pada ahir nya. Allahu kemuzaf ileh hkm muja ileh marfuz

  63. Anonymous
    26 Mei 2013 pukul 10:48

    Syukron Y Akh…
    Numpang share Ya?

  64. AINA
    29 Mei 2013 pukul 13:12

    saye x faham tentang fi’il amar contohnye nk tukar perkataan bangun dlm bahase arab kepade fi’il Amar?

  65. ani
    10 Juni 2013 pukul 12:54

    yang masih aq bingungan sampai saat ini adalah ketika nama orang di masuk’i huruf nida’ kenapa kq wajib berharakat fathah,tapi kenapa kalo asma Allah kq tetap pake dhomah?
    mohon di balas ya…..

    • Jan
      9 Juli 2013 pukul 22:01

      Krna Nama nida fatah baris diatas lurus. Sedang kan asma allah. hkm muza ileh marfuz at rafaat alamat rafa’at aja zummah pada ahir nya.

    • Abu Umar Maspeke
      15 September 2013 pukul 12:29

      berbaris fathah kalau munadanya dalam bentk mudhof dan mudhafun ilaih, seperti ” Yaa Abdallah, Yaa abdarrahman, Yaa Thaalibal Ma’had, yaa Syamsaddiin…

      tetapi kalo bukan bentuk mudhaf dan mudhafn ilaih, tetap dhammah, Yaa Ahmadu, Yaa Muhammadu, yaa Ibrahiimu….

  66. 24 Agustus 2013 pukul 11:12

    thoyib toyib…

  67. 9 September 2013 pukul 14:57

    syukron (y)

  68. 12 September 2013 pukul 14:10

    akhirnya cita2 ane hampir kesampaian…

  69. 12 September 2013 pukul 19:33

    Makasii yak kak definisi nya :)

  70. Anonymous
    18 September 2013 pukul 19:25

    aku masi gak ngerti.

  71. Anonymous
    9 Oktober 2013 pukul 15:04

    bvcxx

  72. Anonymous
    17 Oktober 2013 pukul 08:29

    tolong berikan kami contoh dari fi’ilmadhi dan fi’ilmdharik

  73. rizqi
    18 Oktober 2013 pukul 19:00

    matorr suwon…….

  74. 27 Oktober 2013 pukul 14:31

    makasih paparannya sodara!

  75. Putri Melati S
    14 November 2013 pukul 20:35

    Min tolong bantuin saya ngerjain untuk membuat perubahan dari Fi’ll Madhi menjadi;
    1.Fi’I’ll Mudhori
    2.Masdar
    3.Isim fa’I’ll
    4.Isim Maf’ul
    5.Fi’I’ll Amar
    6.Fi’I’ll Nahi
    7.Isim zaman
    8.Isim makan
    9.Isim Alat.

  76. 25 November 2013 pukul 21:34

    matur thank yuuu

  77. 25 November 2013 pukul 21:42

    alhmdlh jadi paham””

  78. Anonymous
    9 Desember 2013 pukul 07:25

    Suatu lafadh yg menunjukan pekerjaan atau kejadian pada waktu sekarang dan yg akan datang

  79. fia10
    19 Desember 2013 pukul 19:22

    apa ya bhs arb nya aisyah akan pergi bersama ibunya?

  80. 20 Desember 2013 pukul 18:01

    trimakasih banyak…. sungguh membantu.

  81. 31 Januari 2014 pukul 13:56

    Terima kasih banyak kepada penulis blog ini,artikel anda sangat bermanfaat sekali bgi saya.inilah yg selama ini saya cari”skali lgi terima kasih.semoga amal baik anda di terima Allah SWT Amin!

  82. najma
    11 Februari 2014 pukul 05:30

    Mana contoh fi’il madhi kok aku buka contoh fi’il madhi kok saya gak ngerti tulisannya gimana ni itu tugas dari ustad saya penting sekali ok secepatnya ok

  83. 13 Februari 2014 pukul 08:19

    Just desire to say your article is as astounding. The clearness
    in ylur post is just spectacular and i can adsume you’re an expert on this subject.
    Fine with youyr permission allow me to grab your RSS feed to keep up to date with
    forthcoming post. Thanks a million and please carry on the rewarding work.

  84. 18 Februari 2014 pukul 23:38

    www.”syeh.ichef irfan h kaelany”.com ha ha hay hemmmz.,,,

  85. 18 Februari 2014 pukul 23:39

    www.”syeh.ichef irfan h kaelany”.com

  86. 18 Februari 2014 pukul 23:39

    www.”syeh.ichef irfan h kaelany”.com

  87. Sulman
    24 Februari 2014 pukul 17:39

    Assalamualaikum,wr,wb.?
    Saya sudah lalai dalam mempelajari kitab kuning,karena saya merasa gak ada sedikitpun yang saya dapatkan selama saya mempelajarinya, apakah saya akan melanjutkannya ataukah saya berhenti mengaji,,?
    Kasih saya solusinya geh beserta doa sebelum belajar,,!
    Terimakasi

  88. Anonymous
    27 Februari 2014 pukul 14:59

    Kata kerja lampaunya Lafads ” Nas ta i’nu ? Trimkasih

  89. 27 Februari 2014 pukul 15:02

    Kata kerja lampaunya Lafadz ‘ Nas ta I’nu ‘ apa? Trimkasih

  90. 27 Februari 2014 pukul 15:07

    Pak Ustad ,Tolong cari Kata Lampaunya Lafads ‘ Nas ta I nu (Qs :1 al – fatihhah) apa? Trimkasih

  91. Anonymous
    6 Maret 2014 pukul 11:33

    Ana sangat ingin bisa belajar bahasa arab sudah hampir tiga tahun belajar. Tapi tetep susah bisanya.

  92. 14 Maret 2014 pukul 10:29

    I am sure this article hass touched all the internet people, its really
    really good post on building up new weblog.

  93. 23 Maret 2014 pukul 11:57

    It’s going to be finish of mine day, except before finish I am reading this fantastic paragraph to increase my know-how.

  94. Anonymous
    4 April 2014 pukul 13:29

    Assalamualaikum akhi..
    Ana mau tanya sedikit mengenai bentuk2 fi’il ini. Apakah tidak ada pola tertentu sehingga bisa membedakan bentuk kata masing2 fi’il tersebut (fi’il madhi, fi’il mudhari’, & fi’il amar) ?

    contoh untuk bahasa inggris :
    Lampau : kata dasar di tambahkan akhiran kata -ed
    Sekarang : kata dasar di tambahkan akhiran kata -ing
    Perintah : biasanya kata dasarnya sama

    Syukran..

  95. ratna
    16 April 2014 pukul 18:03

    Syukran telah bagi2 ilmu :)

  96. 28 April 2014 pukul 21:48

    MumtaZzzz… (y)

  97. Anonymous
    1 Mei 2014 pukul 09:37

    tolong di kasih lg penjelasan af’aulul muporobah

  98. mochamad nicky
    29 Mei 2014 pukul 09:51

    kok, g ada fi’il mudhori’ yg kemasukan an,lan,li……..???????

  99. Anonymous
    29 Mei 2014 pukul 14:12

    Cranya

  100. 1 Juni 2014 pukul 08:32

    Chondroitin is additionally a natural nutrient found in all mammals.

    Then there is the third class which generally comprise of athletes, which in turn constitutes those people who are simply there to build maximum amount of muscles
    in minimum amount of time. Each and every motion is countered
    by a reaction and it’s genuine in the case of medicines too.

  101. 4 Juni 2014 pukul 21:49

    Terimakasih bos…

  102. Sem arif ska x-friends
    6 Juni 2014 pukul 08:06

    Aku ingin belajar

  103. Anonymous
    10 Juni 2014 pukul 13:33

    “dia sedang belajar bahasa arab”?????, gek opo tulisan arab pe ki ra mudeng blassss!!!! bajigur tenan jian isek mudeng boso jowooo

  104. 21 Juli 2014 pukul 07:31

    At this time it seems like Expression Engine is the
    best blogging platform available right now. (from what I’ve read) Is that
    what you’re using on your blog?

  105. muchliz
    4 Agustus 2014 pukul 18:58

    mksh yA …berkàt keiklasan anda… sya bsa mgrti…

  106. 7 Agustus 2014 pukul 03:07

    Thanks for sharing your thoughts. I truly appreciate your efforts and I will be waiting for your further post thank you once again.

  107. Anonymous
    12 Agustus 2014 pukul 19:40

    NGJFJKL

  108. Anonymous
    12 Agustus 2014 pukul 19:41

    NOMER YANG ANDA TUJU SEDANG SIBUK ‘”

  109. 15 Agustus 2014 pukul 20:17

    Buat Fcbook

  110. 26 Agustus 2014 pukul 08:59

    ass……sy ini seorang ibu yang sangat2 pengen bisa ngerti tentang ilmu sorof,& bhs arab,tp kok g mudeng2 yoooo.tlg dong ajari sy,agar sy bisa ngajari cucu2 sy kelak.sy jg sudah ngaji kesana kemari,tp y gitu,namanya org sdh stw,habis d ajari ya sudah lupa lagi.bgmn agar sy tdk gampang lupa.jazakallah

  111. Anonymous
    4 September 2014 pukul 21:51

    Susah membaca arabya

  112. 11 September 2014 pukul 14:36

    syukran :)

  113. 17 September 2014 pukul 06:14

    asalamuallaikum wr.. wb…salam kenal prsdaraan sudara ku terimakasih atas sahere nya karena ini sangat membantu buat sudara2 kita yanglainanya termasuk diri kami sebagei ucapan terima kasih semoga gusti Alloh melipat gandakan amalan sudara juga dapat rido d si2nyah.Aminn

  1. 23 September 2010 pukul 03:10
  2. 17 Desember 2011 pukul 12:38
  3. 16 November 2012 pukul 13:04

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 626 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: