Beberapa Motif/Alasan Adz-Dzikr: Ziyadah Taqrir & Idhah dan At-Tasjil
فمِنْ دواعي الذِّكْرِ:
Diantara motif-motif adz-dzikr (penyebutan lafazh)
زيادةُ التقريرِ والإيضاحِ، نحوُ: أُولَـئِكَ عَلَى هُدًى مِنْ رَبِّهِمْ وَأُولَـئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ
1. “ZIYADAH TAQRIR & IDHAH” / Menambah penetapan (dalam diri pendengar) dan menambah penjelasan (untuk kefahaman pendengar).
Contoh :
“ULAA-IKA” ‘ALAA HUDAN MIN ROBBIHIM WA “ULAA-IKA” HUMUL-MUFLIHUUN. (“mereka itulah” yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka, dan “mereka itulah” orang-orang yang beruntung )
والتسجيلُ على السامعِ حتَّى لا يَتأتَّى لهُ الإنكارُ، كما إذا قالَ الحاكمُ لشاهِدٍ: هلْ أقرَّ زيدٌ هذا بأنَّ عليهِ كذا؟ فيقولُ الشاهدُ: نعم، زيدٌ هذا أَقَرَّ بأنَّ عليهِ كذا
2. “AT-TASJIIL” / mencatat, menandai pernyataan kepada pendengar sehingga tidak ada lagi timbul ke ingkaran.
Contoh sebagaimana hakim berkata kepada saksi:
HAL AQARRA “ZAIDUN HAADZAA” BI ANNA ‘ALAIHI KADZAA?
(apakah “Zaid ini” mengaku bahwa ia begini?)
Maka saksi menjawab:
NA’AM, “ZAIDUN HAADAA” AQARRA BI ANNA ‘ALAIHI KADZAA
(betul, “Zaid ini” mengaku bahwa ia begini.)
Your style is very unique in comparison to other folks I’ve read
stuff from. Thanks for posting when you’ve got the opportunity,
Guess I will just bookmark this web site.