Bab Mu’rab dan Mabni

الْمُعْرَبُ وَالْمَبْنِي

BAB MU’RAB DAN MABNI

KALIMAH-KALIMAH YANG MU’RAB DAN YANG MABNIY

وَالاسْمُ مِنْهُ مُعْرَبٌ وَمَبْنِي ¤ لِشَبَـــهٍ مِنَ الْحُــرُوْفِ مُدْنِي

Diantara Kalimat Isim ada yang Mu’rab, dan ada juga yang Mabni karena keserupaan dengan kalimah Huruf secara mendekati

كَالْشَّبَهِ الْوَضْعِيِّ فِي اسْمَيْ جِئْتَنَا ¤ وَالْمَعْـنَـــوِيِّ فِي مَتَى وَفِي هُـــــــنَا

Seperti keserupaan bangsa wadh’iy didalam contoh dua Isimnya lafadz Ji’tana. Dan keserupaan bangsa Ma’nawiy di dalam contoh Mata, dan Huna.

وَكَنِيَابَةٍ عَنِ الْفِعْلِ بِلاَ ¤ تَأَثُّــــرٍ وَكَافْــتِقَارٍ أُصِّلا

Dan keserupaan bangsa Niyabah (pengganti) dari Fi’il tanpa pembekasan I’rob (Isim Fi’il). Dan keserupaan bangsa Iftiqor/kebutuhan yang dimustikan (yakni, isim maushul musti membutuhkan shilah).

وَمُعْرَبُ الأَسْمَاءِ مَا قَدْ سَلِمَا ¤ مِنْ شَبَهِ الْحَرْفِ كَأَرْضٍ وَسَمَا

Adapun Mu’rabnya Kalimah-kalimah Isim, adalah Kalimah yang selamat dari keserupaan dengan Kalimah Huruf, seperti contoh Ardhin dan Sumaa.

وَفِـــعْلُ أَمْرٍ وَمُضِيٍّ بُنِـيَا ¤ وَأَعْرَبُوا مُضَارِعَاً إنْ عَرِيَا

Fi’il Amar dan Fi’il Madhi, keduanya dihukumi Mabni. Dan mereka Ulama Nahwu sama menghukumi Mu’rab terhadap Fi’il Mudhori’ jika sepi…..

مِنْ نُوْنِ تَوْكِيْدٍ مُبَاشِرٍ وَمِنْ ¤ نُوْنِ إنَــاثٍ كَيَرُعْنَ مَنْ فُـــتِنْ

Dari Nun Taukid yang mubasyaroh (bertemu langsung) dan Nun Ta’nits, seperti lafadz: Yaru’na Man Futin.

وَكُلُّ حَـرْفٍ مُسْتَــحِقٌّ لِلْبِنَا ¤ وَالأَصْلُ فِي الْمَبْنِيِّ أَنْ يُسَكَّنَا

Semua Kalimah Huruf menghaki terhadap Mabni.   Asal didalam Kemabnian adalah dihukumi Sukun.

وَمِنْهُ ذُو فَتْحٍ وَذُو كَسْرٍ وَضَمُّ ¤ كَأَيْنَ أَمْسِ حَيْثُ وَالْسَّــــاكِنُ كَمْ

Diantara hukum Mabni adalah Mabni Fathah, Mabni Kasroh dan Mabni Dhommah. Seperti lafadz: Aina, Amsi, Haitsu, dan Mabni Sukun seperti Lafadz Kam.

 

MACAM-MACAM I’RAB

وَالْرَّفْعَ وَالْنَّصْبَ اجْعَلَنْ إعْرَابَا ¤ لاسْــمٍ وَفِــعْــلٍ نَحْـوُ لَنْ أَهَـــــابَا

Jadikanlah Rofa’ dan Nashab sebagai I’rab (sama bisa) untuk Isim dan Fi’il, seperti lafadz Lan Ahaba.

وَالاسْمُ قَدْ خُصِّصَ بِالْجَرِّ كَمَا ¤ قَــدْ خُصِّصَ الْفِعْـلُ بِأَنْ يَنْـجَزِمَا

Kalimah Isim dikhususi dengan I’rab Jarr, sebagaimana juga Fi’il dikhususi dengan dii’rab Jazm.

 

TANDA ASAL I’RAB

فَارْفَعْ بِضَمَ وَانْصِبَنْ فَتْحَاً وَجُرْ ¤ كَسْــــــرَاً كَــذِكْرُ اللَّهِ عَبْــدَهُ يَسُـرْ

Rofa’kanlah olehmu dengan tanda Dhommah, Nashabkanlah! Dengan tanda Fathah, Jarrkanlah! Dengan tanda Kasrah. Seperti lafadz Dzikrullahi ‘Abdahu Yasur.

وَاجْزِمْ بِتَسْكِيْنٍ وَغَيْرُ مَا ذُكِرْ ¤ يَنُــوْبُ نَحْوُ جَا أَخْــو بَنِي نَمِــرْ

Dan Jazmkanlah! Dengan tanda Sukun. Selain tanda-tanda yang telah disebut, merupakan penggantinya. Seperti lafadz: Jaa Akhu Bani Namir.

TANDA I’RAB ASMAUS SITTAH

وَارْفَعْ بِــوَاوٍ وَانْصِبَنَّ بِالأَلِفْ ¤ وَاجْرُرْ بِيَاءٍ مَا مِنَ الأَسْمَا أَصِفْ

Rofa’kanlah dengan Wau, Nashabkanlah dengan Alif, dan Jarrkanlah dengan Ya’, untuk Isim-Isim yang akan aku sifati sebagai berikut (Asmaus Sittah):

مِنْ ذَاكَ ذُو إِنْ صُحْبَةً أَبَانَا ¤ وَالْفَــــــمُ حَيْثُ الْمِيْمُ مِنْهُ بَانَا

Diantara Isim-Isim itu (Asmaus Sittah) adalah Dzu jika difahami bermakna Shahib (yg memiliki), dan Famu sekiranya Huruf mim dihilangkan darinya.

أَبٌ آخٌ حَـــمٌ كَـــذَاكَ وَهَـــنُ ¤ وَالْنَّقْصُ فِي هذَا الأَخِيْرِ أَحْسَنُ

Juga Abun, Akhun, Hamun, demikian juga Hanu. Tapi dii’rab Naqsh untuk yang terakhir ini (Hanu) adalah lebih baik.

وَفِي أَبٍ وَتَـالِيَيْهِ يَنْـــدُرُ ¤ وَقَصْرُهَا مِنْ نَقْصِهِنَّ أَشْهَرُ

Dan untuk Abun berikut yang mengiringinya (Akhun dan Hamun) jarang diri’rab Naqsh, sedangkan dii’rab Qoshr malah lebih masyhur daripada I’rab Naqshnya.

وَشَرْطُ ذَا الإعْرَابِ أَنْ يُضَفْنَ لاَ ¤ لِلْيَــا كَــجَا أَخْــو أَبِيْـــكَ ذَا اعْـــتِلاَ

Syarat I’rab ini (Rafa’ dg wau, Nasha dg Alif, dan Jarr dg Ya’ pada Asmaus Sittah) harus Mudhaf kepada selain Ya’ Mutakallim. Seperti: Jaa Akhu Abiika Dza-’tilaa.

TANDA I’RAB ISIM TATSNIYAH DAN MULHAQNYA

بِالأَلِفِ ارْفَع الْمُثَنَّى وَكِلاَ ¤ إذَا بِمُـــضْمَرٍ مُضَــافَاً وُصِلاَ

Rafa’kanlah! dengan Alif terhadap Isim Mutsanna, juga lafadz Kilaa apabila tersambung langsung dengan Dhomir, dengan menjadi Mudhof.

كِلْتَا كَذَاكَ اثْنَانِ وَاثْنَتَانِ ¤ كَابْنَــيْنِ وَابْنَتَيْــنِ يَجْــرِيَانِ

Juga (Rofa’ dg Alif) lafadz Kiltaa, begitupun juga lafadz Itsnaani dan Itsnataani sama (I’rabnya) dengan lafadz Ibnaini dan Ibnataini keduanya contoh yang dijarrkan.

وَتَخْلُفُ الْيَا فِي جَمِيْعِهَا الأَلِفْ ¤ جَــــرًّا وَنَصْـــبَاً بَعْدَ فَتْـــحٍ قَدْ أُلِفْ

Ya’ menggantikan Alif (tanda Rofa’) pada semua lafadz tsb (Mutsanna dan Mulhaq-mulhaqnya) ketika Jarr dan Nashabnya, terletak setelah harkat Fathah yang tetap dipertahankan.

TANDA I’RAB JAMAK MUDZAKKAR SALIM  DAN MULHAQNYA

وَارْفَعْ بِوَاوٍ وَبِيَا اجْرُرْ وَانْصِبِ ¤ سَــــــــالِمَ جَمْعِ عَــــــــامِرٍ وَمُذْنِبِ

Rofa’kanlah dengan Wau!, Jarrkan dan Nashabkanlah dengan Ya’! terhadap Jamak Mudzakkar Salim dari lafadz “‘Aamir” dan “Mudznib”

وَشِبْهِ ذَيْنِ وَبِهِ عِشْرُوْنَا ¤ وَبَابُـــهُ أُلْحِــقَ وَالأَهْــــلُوْنَا

….dan yang serupa dengan keduanya ini (“Aamir” dan “Mudznib”, pada bait sebelumnya). Dan lafadz “‘Isyruuna dan babnya”, dimulhaqkan kepadanya (I’rab Jamak Mudzakkar Salim). Juga lafadz “Ahluuna”

أوْلُو وَعَالَمُوْنَ عِلِّيّونَا ¤ وَأَرْضُـــوْنَ شَذَّ وَالْسِّـنُوْنَا

Juga lafadz “Uluu, ‘Aalamuuna, ‘Illiyyuuna dan lafazh Aradhuuna adalah contoh yang syadz (paling jauh dari definisi Jamak Mudzakkar Salim). Juga Lafadz “sinuuna….

وَبَابُهُ وَمِثْلَ حِيْنٍ قَـدْ يَرِدْ ¤ ذَا الْبَابُ وَهْوَ عِنْدَ قَوْمٍ يَطَّرِدْ

…dan babnya”. Terkadang Bab ini (bab sinuuna) ditemukan dii’rab semisal lafadz “Hiina” (dii’rab harkat, dengan tetapnya ya’ dan nun) demikian ini ditemukan pada suatu kaum (dari Ahli Nawu atau orang Arab)

وَنُوْنَ مَجْمُوْعٍ وَمَا بِهِ الْتَحَقْ ¤ فَافْــتَحْ وَقَــلَّ مَنْ بِكَــسْرِهِ نَطَــقْ

Fathahkanlah! harakah “Nun”nya Kalimat yang dijamak Mudzakkar Salim dan Mulhaqnya. Ada segelintir orang bercakap-cakap dengan mengkasrahkannya.

وَنُوْنُ مَا ثُنِّيَ وَالْمُلْحَقِ بِهْ ¤ بِعَـــكْسِ ذَاكَ اسْتَعْمَلُوْهُ فَانْتَبِهْ

Adapun “Nun”nya Kalimat yang ditatsniyahkan dan Mulhaqnya, adalah terbalik (Harakah Nun dikasrahkan). Semuanya mengamalkan demikian, maka perhatikanlah!

TANDA I’RAB JAMAK MU’ANNATS SALIM  DAN MULHAQNYA

وَمَا بِتَـــا وَأَلِــفٍ قَــدْ جُمِــعَا ¤ يُكْسَرُ فِي الْجَرِّ وَفِي النَّصْبِ مَعَا

Setiap Kalimah yang dijamak dengan tambahan Alif dan Ta’ (Jamak Muannats Salim) tanda Jarr dan Nashabnya sama dikasrohkan.

كَذَا أُوْلاَتُ وَالَّذِي اسْمَاً قَدْ جُعِلْ ¤ كَــــأَذْرِعَــاتٍ فِــيْهِ ذَا أَيْــضَاً قُــبِلْ

Begitu juga (Dii’rab seperti Jamak Muannats Salim) yaitu lafadz “Ulaatu”. Dan Kalimah yang sungguh dijadikan sebuah nama seperti lafadz “Adri’aatin” (nama tempat di Syam) yang demikian ini juga diberlakukan I’rab seperti Jamak Mu’annats Salim.

TANDA I’RAB ISIM YANG TIDAK MUNSHORIF

وَجُرَّ بِالْفَتْحَةِ مَا لاَ يَنْصَرِفْ ¤ مَا لَمْ يُضَفْ أَوْ يَكُ بَعْدَ أَلْ رَدِفْ

Setiap Isim yang tidak Munshorif dijarrkan dengan Harakah Fathah, selama tidak Mudhof atau tidak jatuh sesudah AL.

TANDA I’RAB AF’ALUL KHOMSAH

وَاجْعَلْ لِنَحْوِ يَفْعَلاَنِ الْنُّوْنَا ¤ رَفْـــعَاً وَتَدْعِــيْنَ وَتَسْـــــأَلُونَا

Jadikanlah! Nun sebagai tanda Rofa’ untuk contoh Kalimah-kalimah yang seperti lafadz يفعلان (Fi’il Mudhori’ yg disambung dg Alif Tatsniyah) dan lafadz  تدعين (Fi’il Mudhori’ yg disambung dg Ya’ Mu’annats Mukhatabah) dan lafadz تسألون (Fi’il Mudhori’ yg disambung dg Wau Jamak).

وَحَذْفُهَا لِلْجَزْمِ وَالْنَّصْبِ سِمَهْ ¤ كَــلَمْ تَكُــــوْنِي لِتَرُوْمِي مَـــظْلَمَهْ

Sedangkan tanda Jazm dan Nashabnya, yaitu dengan membuang Nun. seperti contoh َلمْ تَكُــــوْنِي لِتَرُوْمِي مَـــظْلَمَهْ

TANDA I’RAB ISIM MU’TAL (ISIM MAQSHUR DAN ISIM MANQUSH)

وَسَمِّ مُعْتَلاًّ مِنَ الأَسْمَاءِ مَا ¤ كَالْمُصْطَفَى وَالْمُرْتَقَي مَكَارِمَا

Namailah! Isim Mu’tal, terhadap Isim-Isim yang seperti lafadz الْمُصْطَفَى (Isim yang berakhiran huruf Alif) dan seperti lafadz الْمُرْتَقَي مَكَارِمَا (Isim yang berakhiran huruf Ya’).

فَالأَوَّلُ الإِعْرَابُ فِيْهِ قُدِّرَا ¤ جَمِيْـعُهُ وَهْوَ الَّذِي قَدْ قُصِرَا

Contoh lafadz yang pertama (الْمُصْطَفَى) Semua tanda I’rabnya dikira-kira, itulah yang disebut Isim Maqshur.

وَالْثَّانِ مَنْقُوصٌ وَنَصْبُهُ ظَهَرْ ¤ وَرَفْـعُهُ يُنْــوَى كَذَا أيْضَــــاً يُجَرْ

Contoh lafadz yang kedua (الْمُرْتَقَي) dinamakan Isim Manqush, tanda Nashabnya Zhohir. Tanda Rofa’ dan juga Jarrnya sama dikira-kira.

TANDA I’RAB FI’IL MU’TAL

وَأَيُّ فِعْــلٍ آخِرٌ مِنْهُ أَلِفْ ¤ أوْ وَاوٌ أوْ يَاءٌ فَمُعْتَلاًّ عُرِفْ

Setiap Kalimah Fi’il yang akhirnya huruf illat Alif , Wau atau Ya’, maka dinamakan Fi’il Mu’tal.

فَالأَلِفَ انْوِ فِيْهِ غَيْرَ الْجَزْمِ ¤ وَأَبْـــدِ نَصْبَ مَا كَيَدْعُو يَرْمِي

Kira-kirakanlah! I’rab untuk Kalimah Fi’il yang berakhiran Alif pada selain Jazmnya. Dan Zhohirkanlah! tanda nashab untuk Kalimah Fi’il yang seperti يَدْعُو (Berakhiran huruf Wau) dan يَرْمِي (Berakhiran huruf Ya’)…

والرَّفعَ فيهما انْوِ واحذِفْ جازِمَا ¤ ثــلاثَـــهُنَّ تَقــــضِ حُكمَــا لازِمَــــا

dan kira-kirakanlah! tanda Rofa’ untuk kedua lafadz (يَدْعُو dan يَرْمِي ). Buanglah (huruf-huruf illat itu) jika engkau sebagai orang yang menjazmkan ketiga Kalimah Fi’il Mu’tal tsb, maka berarti engkau memutuskan dengan Hukum yang benar.

**********************

  1. 13 Oktober 2010 pukul 14:18 | #1

    alhamdulillah
    kami bisa mengetahui tentang ilmu sharaf

    • 4 November 2010 pukul 05:00 | #2

      untuk pembahasan ilmu sharaf selain pembahasan kitab alfiyah, anda juga bisa pelajari terus di page kaidah bahasa arab atau page belajar ilal tunggu update terbaru….. semoga istiqamah….

  2. 20 Oktober 2010 pukul 08:16 | #3

    jazakumullah, saya copy paste, yaaa…

    • 4 November 2010 pukul 04:48 | #4

      dipersilahkan akhi… budi….
      anda senang kami girang untuk itu kami buat blog ini….

  3. asrofi al bantuli
    20 November 2010 pukul 17:04 | #5

    nah yang kayak gini yang saya cari dari dulu,,,,,,,terimakasih semoga ilmunya manfaat,,,and smuanya minta doanya dipermudah belajar nahwunya

  4. dina prikitiuw
    5 Desember 2010 pukul 17:43 | #6

    bech…. angel men tow alfiah,,,
    gmna tow crax tuk fham tnan,????

  5. nining
    10 Januari 2011 pukul 05:44 | #7

    mohon penjelasan mengenai pembahasan Al Ististna Al Mungqoti di bab brp sy hrs membaca.

    Syukron.

    • adji
      19 September 2013 pukul 19:16 | #8

      Blajar dngn hti itu lbih baik akn jd manfaat.trutama sikap dn prilaku kita hr2 hrs kita jaga.

  6. 22 Juli 2011 pukul 16:24 | #9

    Assalamualaikum . . .
    slam knal pak Ustadz, jazakumullah. .

  7. 21 Agustus 2011 pukul 15:02 | #10

    Ia sealin belajar Nahwu Shorrof melalu aplikasi online, coba juga sistem pembelajaran nahwu shorrof sistem Thoriqoh dengan nama Musyawara Kitab Kuning Thoriqoh ( MKKT ) yang Sistematis. APlikatif dan Evisien ( SAE ) untuk siswa yang telah memiliki pengalaman belajar Nahwu dan Shorrof. Kitab MKKT ini lebih mengutamakan praktek langsung kepada Fathul Qorib dengan membenturkan analisa kitab Fathul Qorieb kepada Nahwu dan Shorrof, bukan sebaliknya. Mau … ? Hubungi 081 931 56 3000. atau telp. 0328 821345 .

  8. ahmad zaenal arifin
    12 Oktober 2011 pukul 09:44 | #11

    ass aikhwat a’saallahu an yaja’lanaa minal fiqohaai ,,

    ikwan boleh kh kami tau tntg kajian ilmu alat yg mencangkup berbagai kitab dalam ilmu nahwu dan shorof !!!!!!! tidak hanya kitab alfiyah yg di cantumkan dalam kajian ini ,,

    asta’fii min qoblu ,,
    syukron ,,

  9. rifqi
    28 Oktober 2011 pukul 21:50 | #12

    assalamu’alaikum………….ustadz bagaimana cara menjama’kan muannas salim yang tdk memenuhi syaratnya tersebut.?

  10. radioASWAJA
    19 November 2011 pukul 13:48 | #13

    TEst

  11. Aufaromadhon
    2 Januari 2012 pukul 19:44 | #14

    Tolong diperjelas sedetailnya

  12. kafil
    4 Januari 2012 pukul 22:46 | #15

    assalamu’alaikum wr.wb.
    akhi,artikel ini boleh di copas ta?
    soale mau nulis sendiri rebet banget deh

  13. hafiq bungo
    18 Januari 2012 pukul 10:02 | #16

    syukron ya akh…jazakallahu khoiron katsiro……..

  14. Anonymous
    20 Januari 2012 pukul 01:51 | #17

    assalamu,alaikum….
    terimakasih… semoga bermanfaat ilmunya…

  15. 5 Februari 2012 pukul 13:51 | #18

    smoga brmanfaat n berkah ilmuna

  16. Fahry
    18 Februari 2012 pukul 15:35 | #19

    asslkm, ust blognya sangat bermanfaat sekali buat saya. mohon doanya ustadz moga saya cepat bisa ilmu nahwu dan cepat bisa membaca kitab kuning sebab saya adalah pemula yang baru belajar…….. syukron katsir,,,,,,

  17. Anonymous
    24 Februari 2012 pukul 20:42 | #20

    assalamualaikum ustaz…
    matan yg disediakan tidak disertakan dengan hurain ke?

  18. syamsul arifin
    10 Maret 2012 pukul 14:40 | #21

    mohon sekalian penjelasannya ustadz,, syukron katsir

  19. 4 April 2012 pukul 23:30 | #22

    terima kasih berkat adanya situs trjmahan alfiyah ini saya bgitu brsyukur karna bru tahu dan alhmdulillah sya jadi bnyak faham dan wawasan

  20. 9 April 2012 pukul 03:55 | #23

    assalamu’alaikum numpang ambil data nya, suwun

  21. Anonymous
    12 April 2012 pukul 19:53 | #24

    syukron ya ustad…………….berkat blog ne sya bisa lbih mudah bljar nahwu sorrof

  22. angelputeri
    12 April 2012 pukul 19:54 | #25

    ustad klau bisa lbih dperjelas lgi msalah alfiyahnya……………

  23. Anonymous
    16 April 2012 pukul 10:44 | #26

    ASLMKM PA USTASD , AKU INGIN MEMPELAJARI ….

  24. Anonymous
    16 Mei 2012 pukul 13:26 | #27

    ustadz klo bisa alfiyahnya di jelaskan secara detail………….!!!!!
    tdak sebatas nadhom saja………,agar mudah dipahami

  25. 15 Juli 2012 pukul 11:12 | #28

    maturnuwun sanget nggih….

  26. 7 Agustus 2012 pukul 08:14 | #29

    aku suka denan ilmu nahwu shorof aku ingin bsa paham hingga q bsa baca ktab mka dri tu bagi pra ustadz yg ahli ilmu nahwu shorof jnga enggan2 ya tuk beri pnjlasan klau q brtaxa ……………………ok ustadz ustadzi anta qod ‘almtani

  27. hanna honey
    21 September 2012 pukul 12:51 | #30

    alhamdulillah,, ternyata masih banyak bab yang belum saya fahami sejak belajar alfiyah, tetapi sedikt demi sedikit saya akan mempelajarinya kembali . syukran katsir…

  28. santry cinta slafy
    26 September 2012 pukul 02:23 | #31

    klo bsa di beri kterangan dri sarah kitab ibnu aqil

  29. subhan jamal mirdad
    21 Oktober 2012 pukul 07:54 | #32

    syukron katsir,, mohon izin untuk di kopy ya akhih

  30. Anonymous
    23 Oktober 2012 pukul 02:58 | #33

    Pak ustd, diantara nahwu dan shorof itu yang harus di pelajari dulu yg mana?

  31. 26 November 2012 pukul 08:11 | #34

    mugi mugi kulo pnjenengan sedoyo diparingi kemudahan untuk memahami ilmu alat ini,,,amin ya robb.

  32. ahmadhaetami
    5 Desember 2012 pukul 09:11 | #35

    syukron semoga bermanfa’at…

  33. Anonymous
    1 Februari 2013 pukul 14:39 | #36

    alhamdulillah dgn adanya program ini orang yg ingin mendalami ilmu nahwu akan lb mudah &praktis… klo bisa lbh di tambahkan bab2 yg lain..

  34. 17 Februari 2013 pukul 20:17 | #37

    kenapa penjelasanya hanya sampai bait 11

  35. 26 Februari 2013 pukul 17:13 | #38

    apa yg dimaksud domir rofa muttaharrik. syukron ida

  36. Anonymous
    2 Maret 2013 pukul 00:47 | #39

    Assalamu’alaikum,,untuk fersi ebooknya mn gan,,??

  37. 26 Mei 2013 pukul 21:02 | #40

    dulu kayaknya ada terjemah ibnu ‘aqilnya,, linknya di mana ya?

  38. Muhammad
    20 Agustus 2013 pukul 07:53 | #41

    assalamualaikum,,
    pk ada matan alfiyah dalam file docx nya tidak,? lagi butuh nih!

  39. 21 Agustus 2013 pukul 22:41 | #42

    ijin copy ustadz

  40. khoirul
    4 September 2013 pukul 15:41 | #43

    asalamu’alaikum ustad saya mau tanya ,,,,,,, isim yang mu’rob dan mabni,& fi’il yang mu’rob dan mabni, apa aja???

  41. khoirul
    4 September 2013 pukul 15:42 | #44

    khoirul :
    asalamu’alaikum ustad saya mau tanya ,,,,,,, isim yang mu’rob dan mabni,& fi’il yang mu’rob dan mabni, apa aja???

  42. moch.arya al faruq
    25 Oktober 2013 pukul 17:37 | #45

    assss… pak ustadz tiasa ngangge terjemah bahasa sunda t..???supados langkung detail

  43. Anonymous
    4 November 2013 pukul 21:21 | #46

    salam pak ustad,….
    saya ada satu soalan,
    apa maksud mabni dan mu’raf

  44. 5 November 2013 pukul 13:40 | #47

    alhamdulillah

  45. 17 Desember 2013 pukul 13:16 | #48

    kalau terjemahan kitab imrithi da pa gak ..

  46. Anonymous
    4 April 2014 pukul 11:09 | #49

    thanks ya ustadz…

  1. 23 September 2010 pukul 03:10 | #1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 573 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: