Contoh Tashrif Fi’il Tsulatsi Mujarrad Wazan Bab 1

CONTOH PERUBAHAN BENTUK KATA

الَّصْرِيْفُ اْلاِصْطِلاَحِيُّ

TASHRIF ISHTHILAHIY

 

FI’IL TSULATSI MUJARRAD
WAZAN BAB 1

ISIM ALAT ZAMAN/ TEMPAT FI’IL NAHI FI’IL AMAR ISIM MAF’UL ISIM FA’IL ISIM MASDAR FI’IL MUDHARI’ FI’IL MADHI KET.

مِفْعَلٌ

مَفْعَلٌ

لاَتَفْعُلْ

اُفْعُلْ

مَفْعُوْلٌ

فَاعِلٌ

فَعْلاً

يَفْعُلُ

فَعَلَ

BENTUK WAZAN
perkakas kerja waktu/ tempat kerja jangan kerjakan! kerjakan! bahan pekerjaan si perkerja kerja akan/ sedang bekerja sudah bekerja FUNGSI MAKNA

مِنْصَرٌ

مَنْصَرٌ

لاَتَنْصُرْ

اُنْصُرْ

مَنْصُوْرٌ

نَاصِرٌ

نَصْرًا

يَنْصُرُ

نَصَرَ

BINA’ SHAHIH
alat penolong waktu/ tempat pertolongan janganlah ditolong! tolonglah! olehmu yg mendapat pertolongan sang penolong pertolongan ia akan/ sedang menolong ia sudah menolong FUNGSI MAKNA

مِمَدٌّ

مَمَدٌّ

لاَتَمُدَّ

مُدَّ

مَمْدُوْدٌ

مَادٌّ

مَدًّا

يَمُدُّ

مَدَّ

BINA’ MUDHA’AF
peralatan peman-jangan waktu/ tempat peman-jangan jangan meman-jangkan panjangkan! yang panjang si pemanjang peman-jangan ia akan/ sedang meman-jangkan ia sudah meman-jangkan FUNGSI MAKNA

مِصْوَنٌ

مَصَانٌ

لاَتَصُنْ

صُنْ

مَصُوْنٌ

صَائِنٌ

صَوْنًا

يَصُوْنُ

صَانَ

BINA’ AJWAF WAWIY
alat penjagaan waktu/ tempat penjagaan jangan menjaga! jagalah! yg terjaga/ terpelihara si penjaga penjagaan akan/ sedang menjaga sudah menjaga FUNGSI MAKNA

مِغْزًى

مَغْزًى

لاَتَغْزً

اُغْزُ

مَغْزُوُّ

غَازٍ

غَزْوًا

يَغْزُوْ

غَزَا

BINA’ NAQISH WAWIY
alat untuk mencari waktu/ tempat pencarian jangan dicari! carilah! suatu yg dicari si pencari pencarian akan/ sedang mencari sudah mencari FUNGSI MAKNA

مِئْمَلٌ

مَأْمَلٌ

لاَتَأْمُلْ

أُوْمُلْ

مَأْمُوْلٌ

آمِلٌ

أَمَلاً

يَأْمُلُ

أَمَلَ

BINA’ MAHMUZ FA’
alat peng-harapan waktu/ tempat mengharap jangan meng-harap! ber-haraplah! yang di-harap sang pengharap harapan akan/ sedang meng-harap telah meng-harap FUNGSI MAKNA
  1. afif
    8 Desember 2010 pukul 13:45

    bagus saudaraku

  2. 9 Desember 2010 pukul 08:55

    Alhamdulillah, sangat gembira atas postingan ini. Ana terus mendorong Kitab “Amtsilatu Tashrifiyyah” tsb dapat di muat seperti ini.
    Mudah2an Alloh SWT senantiasa memberikan pertolongan dan kemudahan jalan-Nya atas semua Ihtiar Mas Ibnu. Amien.
    Salam.
    qbal1

    • Anonymous
      23 Mei 2011 pukul 08:26

      ini beneran iqbal ta

      • jero
        17 November 2012 pukul 13:43

        bener lo… itu iqbal

  3. succes
    28 Januari 2011 pukul 00:50

    trimakasih.saudaraku teruslah membagi ilmu yang bermanfa,at.

  4. akkku
    1 Februari 2011 pukul 20:36

    izin ngopy yo akh….

  5. Sayyid Muhasin Assagaf
    3 Februari 2011 pukul 12:36

    Ass
    makasih atas Ilmux smoga Allah melimpahkan rahmat kepada Anda.

  6. Anonymous
    22 Maret 2011 pukul 11:48

    assalamualaikm
    ijin ngopy ya ustad???

  7. ilham marjuki
    22 Maret 2011 pukul 11:50

    assalamualaikm
    ijin ngoy ya ustad

  8. 6 Mei 2011 pukul 08:05

    Subhanallah… kita semakin dipermudah dalam mengkaji ilmu-ilmu Bahasa arab…. sebagai pondasi ilmu kajian islam… terima kasih saudaraku…

  9. WINDI AGUSTIN
    21 Mei 2011 pukul 20:11

    jazakumullah ustadz,afwan ustadz sebelumnya,ana mau ijin copy ilmu nya ya?smga ALLAH MEMbalasnya dengan yang lebih sempurna.aminnn

  10. Anonymous
    28 Juli 2011 pukul 14:46

    subhanallah… semoga Allah memberi sgala kemudahan kpda yg telah memberi jlan kemudahan untuk mmpelajri ilmu agama Allah

  11. Anonymous
    30 Agustus 2011 pukul 17:13

    sangat senang atas penjelasan tasripannya,

  12. Mujahidin
    11 September 2011 pukul 22:28

    Assalamualaikum

    Saya mendapatkan link dari sini http://nahwusharaf.wordpress.com/belajar-ilal/wazan-fiil/fi%e2%80%99il-tsulatsi-mujarrad/contoh-tashrif-fiil-tsulatsi-mujarrad-wazan-bab-1 …boleh kah saya tahu nama Kitabnya?
    karena ada beberapa Kitab Tasrif sepertinya ini lebih praktis dan sistematis…
    Terima kasih

  13. bro asep
    20 Januari 2012 pukul 18:02

    belajar dimana mas

  14. 15 Februari 2012 pukul 20:33

    شكرا كثيرا يا أخي….. جزاك الله خير الجزاء

  15. Bastian Margolang
    18 Februari 2012 pukul 16:25

    Terima kasih Saudaraku, mohon izin untuk mencetaknya… semoga kita semua selalu dimudahkan dalam urusan menuntut ilmu olehNYA
    Amin..

  16. 6 Maret 2012 pukul 06:57

    tassalamualaikum kang ust kami mau naya tolog jelaskan perbeda,an antara lapad muhlason dan muhlisun beserta keduduka n lardnya dan tasrifny wasalam

  17. 4 Juni 2012 pukul 16:36

    semoga bermanfaat dunia dan akhirat

  18. 3 Juli 2012 pukul 13:29

    Alhamdulillah, semoga teman2 mau membacanya.

  19. Anonymous
    9 Agustus 2012 pukul 14:34

    alhmdih,,,q menemukan apa yg q inginkan,,,syukron

  20. 22 Agustus 2012 pukul 03:30

    semoga lewat situs ini menjadi ilmu yg Barrokah….amin..

    • Anonymous
      19 Oktober 2012 pukul 17:36

      jakaakhmad :semoga lewat situs ini menjadi ilmu yg Barrokah….amin..

      Amin…

  21. 25 September 2012 pukul 21:37

    alhamdulillah aku jadi ingin mempelajari kembali ilmu nahwu ini,yang sempat terputus di tengah jalan…syukron ya akhi..

  22. 4 November 2012 pukul 18:32

    assalamu alaikum .,., kok g ada wa maf’alan.,.,fahuwa.,.,wa dzaka.,.,.,’ kalo yg kmaksudkan ini apa ya akh? maaf ane lum mengerti dan ingin mengerti ,mhon pengertiannya kak.

  23. Anonymous
    16 November 2012 pukul 16:30

    kenapa bab 4 kok gak ada isim alatnya?

  24. Anonymous
    30 Januari 2013 pukul 22:17

    punya tsulatsi maziidnya mana yah.. dong tam…………….pilin mksh

  25. Alfarisi
    30 Januari 2013 pukul 22:18

    yang punya tsulasi mazid nya tolong tampilin doong.. mksh

  26. 2 Februari 2013 pukul 15:06

    Assalamu’alaikum Ustaz, saya ingin tahu tentang Buku Sorof dan Buku Nahu yang digunakan. Bagaimana boleh saya beli buku-buku tersebut? Terima kasih Ustaz atas pengajaran dan ilmunya …

  27. my
    23 Juli 2013 pukul 13:24

    ikut ngofee,,,zazakallah hoeronkatsir….

  28. 21 Oktober 2013 pukul 02:38

    Sukron

  29. m yazidul fudhola
    3 November 2013 pukul 21:34

    alhamdulillah smoga bermanfaat,,,,”’,,,”’

  30. aim
    10 Januari 2014 pukul 18:03

    terima kasih yakin sangat banyak manfaatnya

  31. Anonymous
    19 September 2014 pukul 00:36

    syukron ya Akhuka.

  32. sulkha
    16 Oktober 2014 pukul 22:47

    syukton

  33. 6 November 2014 pukul 13:06

    Apakah ada tasrif isim alat itu ?

  34. Anonymous
    21 November 2014 pukul 09:30

    subahanallah.

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 663 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: