Pengertian Nahwu Shorof

NAHWU adalah kaidah-kaidah  Bahasa Arab untuk mengetahui bentuk kata dan keadaan-keadaannya ketika masih satu kata (Mufrod) atau ketika sudah tersusun (Murokkab). Termasuk didalamnya adalah pembahasan SHOROF. Karena Ilmu Shorof bagian dari Ilmu Nahwu, yang ditekankan kepada pembahasan bentuk kata dan keadaannya ketika mufrodnya.

Jadi secara garis besar, pembahasan Nahwu mencakup pembahasan tentang bentuk kata dan keadannya ketika belum tersusun (mufrod) , semisal bentuk Isim Fa’il mengikuti wazan فاعل, Isim Tafdhil mengikuti wazan أفعل, berikut keadaan-keadaannya semisal cara mentatsniyahkan, menjamakkan, mentashghirkan dll. Juga pembahasan keadaan kata ketika sudah tersusun (murokkab) semisal rofa’nya kalimah isim ketika menjadi fa’il, atau memu’annatskan kalimah fi’il jika sebelumnya menunjukkan Mu’annats dll.

Satu kata dalam Bahasa Arab disebut Kalimah (الكَلِمَة) yaitu satu lafadz yang menunjukkan satu arti.

Kalimat atau susunan kata dalam Bahasa Arab disebut Murokkab (المُرَكَّب). Jika kalimat / susunan kata tersebut telah sempurna, atau dalam kaidah nahwunya telah memberi pengertian dengan suatu hukum ” Faidah baiknya diam” maka kalimat sempurna itu disebut Kalam (الكَلاَم) atau disebut Jumlah (الجُمْلَة).

Kalimah-kalimah dalam Bahasa Arab, diringkas menjadi tiga macam:

1. Kalimah Fiil (الفِعْلُ) = Kata kerja

2. Kalimah Isim (الإِسْمُ) = Kata Benda

3. Kalimah Harf (الحَرْفُ) = Kata Tugas.

Khusus untuk Kalimah Fi’il, bisa dimasuki: قد, س, سوف, Amil Nashob ان dan saudara-saudaranya, Amil Jazm, Ta’ Fa’il, Ta’ Ta’nits Sakinah, Nun Taukid, Ya’ Mukhotobah.

Khusus untuk Kalimah Isim, bisa dimasuki: Huruf Jar, AL, Tanwin, Nida’, Mudhof, Musnad.

Khusus untuk Kalimah Harf, terlepas dari suatu yang dikhusukan kepada Kalimah Fiil dan Kalimah Isim.

Menurut wazannya, asal Kalimah terdiri dari tiga huruf, 1. Fa’ fi’il, 2. ‘Ain Fi’il, 3. Lam Fi’il (َفَعَل). Apabila ada tambahan asal, maka ditambah 4. Lam fi’il kedua (َفَعْلَل). Apabila ada tambahan huruf bukan asal. maka ditambah pula pada wazannya dengan huruf tambahan yang sama, semisal  ٌمُسْلِم ada tambahan huruf Mim didepannya, maka ikut wazan مُفْعِلٌ.

Pelajaran selanjutnya →

Pembahasan Kata Kerja

  1. 14 Desember 2010 pukul 00:33

    جزاكم الله خيرا!

  2. IRA
    15 Januari 2011 pukul 19:54

    Assalamuaalikum…..
    Salam Ukhuah,
    semoga dengan adanya belajar nahwu oneline ini bisa membantu dalam mentafsirkan Al-quran. mudah-mudahan dapat saya pahami walaupun agak sulit.tolong dibantu ya1

    • Anonymous
      27 Juni 2012 pukul 11:54

      amin2 ya robal allamin

    • Anonymous
      14 Desember 2013 pukul 08:28

      ami…………n semoga di berkahkan ilmu kita semua

  3. ameriuk
    16 Januari 2011 pukul 21:28

    Alhamdulillah… Ya Alloh… mudah2an saudaraku yang menyusun blog ini diberikan keberkahan dalam hidupnya… dimudahkan segala urusannya… serta diberikan fahala yang berlimpah atas ilmu yang ia bagikan pada kami…amin…

  4. 15 Maret 2011 pukul 21:07

    subhanalloh…me review kembali pelajaran nahu sharaf yg aku dapatkan waktu di ibtadiyah di kampung..makasih makasih.

  5. khusyifa
    15 April 2011 pukul 15:10

    bagus dong orang yang bisa baca kitab gundul pasti pntr nahjwuuuuuuuuuu

  6. Anonymous
    18 April 2011 pukul 23:48

    alhamdulilah ternyata banyak orang yg memperhatikan ilmu nahwu dan sorop.

    • Anonymous
      10 November 2013 pukul 11:13

      karna masih ada orang yang suka bahasa arab

  7. alben ahmad sauri
    25 April 2011 pukul 15:15

    saya pengen mengusai ilmu shorof dan nahwu supaya bisa membaca kitab kuning dan gundul

    • Anonymous
      27 Februari 2013 pukul 22:02

      Awal santri untuk mempelajari kitab nahwu dan sorof yaitu belajar dan madrasah di pondok seperti saya alhamdulillah saya sedikit demi sedikit bisa mempelajarinya walaupun belum menguasainya. ini semua berkat mondok apa jadinya kalau misalkan aku ga mondok pasti aku jadi anak nakal

      • Anonymous
        14 Oktober 2013 pukul 10:45

        Kmu ini sombong bkan krna mondok kmu yg tahu tpi Allah yg memberi izin untuk tahu

      • Anonymous
        2 Desember 2013 pukul 20:17

        ya alhamdulilah

    • abduz
      12 November 2013 pukul 20:53

      aque jg ingin menguasai ilmu nahwu dan sorrof

      • Anonymous
        23 Agustus 2014 pukul 10:49

        tp km harus sabar looo iya

    • 19 April 2014 pukul 00:42

      Saya ingin belajar sorrof & nahwu. Biar saya bisa membaca kitab kuning atau kibab gundul. Bagaimana caranya. Orang saya tidak tau sama sakali. Tolong di kasih yang paling dasar ok.

  8. ngaji maneh
    15 Mei 2011 pukul 04:28

    ass…
    langkah awal apa yang harus di lakukan santri untuk bisa mengerti nahwu shorof..

    • Anonymous
      14 September 2012 pukul 15:12

      ea syaratnya ngaji biar tau masalah nahwu okay

    • Anonymous
      9 Oktober 2013 pukul 10:41

      shohiihun ..

    • rendy
      19 Juni 2014 pukul 23:29

      belajar benaran, menetapkan, memperkurang makan pagi, sholat malam

  9. hamba allah
    28 Mei 2011 pukul 19:54

    assalamualaikum sebelum dan sesudah melihat bahasannya saya ucapkan hatur nuhun alias terima kasih, tapi saya baru tahu ilmu nahwu sorof pengenya sih ada trik-trik supaya cepet nempel ilmu nahwu sorofnya…

  10. Al hamid
    30 Juni 2011 pukul 07:25

    Subhanalloh..Tlah lma ana pelajari nahwu , tp ana cndiri g tw arti kta nahwu..Eh apa bedanya nahwu dan shorof ?
    Syukron..

    • andi
      15 Mei 2014 pukul 15:03

      kalau arti dasarnya {arah}

  11. 22 Juli 2011 pukul 09:08

    Assalamualaikum, saya suka dengan artikelnya,

  12. Anonymous
    26 Juli 2011 pukul 09:54

    شكرا يا اخواني
    ane sebenarnya sdh punya buku Syarah Alfiyyah Ibnu Malik oleh Ibnu ‘Aqil. Bukunya tebal sehingga berat dibawa untuk mobile kemana-mana. Akhirnya ane tinggal az buku itu di rumah bila ane tugas di luar daerah.
    Alhamdulillah ane temukan disini File-nya untuk di-download. Ane bisa buka kapan saja tanpa harus berat2 membawanya, cukup klik di lappy ane.

    جزاكم الله خيرا كثيرا

  13. kang lee kin
    30 Juli 2011 pukul 20:11

    asssalamualikum,….. di tengah kebodohanku dan ketidakmampuanku amsih ada orang yang baik hati membantuku,trimakasih pelajarannya

    • anwar
      26 Februari 2014 pukul 10:56

      semua karena kita berusaha sekuat tenaga (ikhtiyar) dan tak lupa disertai do’a

  14. 3 Agustus 2011 pukul 18:52

    terima kasih

  15. Luluk
    14 Agustus 2011 pukul 18:13

    Trmksh.. Q gk ngrti ilmu in klu tdk dtrangkan lgsug

  16. 17 Agustus 2011 pukul 19:26

    Alhamdulillah. .blum ngrti coz blm pernh blajar.

  17. 28 Agustus 2011 pukul 14:29

    Alhamdulilah jaza kumuwlohu khoiro ats pnjlsan nya. Tpi klo belajar hadist cma ngandelin nahwu shorof tanpa mangkul apa arti ny ? Agma tdk bsa d pelajari scra otodidat. Klo sdah seperti itu. Akn trjdi rokyu. Dn rokyu sudah pasti menyesat kn.

  18. Penjelajah
    7 September 2011 pukul 15:33

    Kepada pemilik blog,ada hujatan dari para walan tardha mengenai kesalahan fatal tata bahasa quran.ikut bela kami di sini pak.

    http://www.answering.ff.org

    ilmu bapak amat dibutuhkan netter2 muslim yg sedang berjihad melawan para penghujat di sana.

    • Akhifa Danie
      26 Juli 2012 pukul 16:26

      nah kalian, hmm…. Al-qur’an itu induk nya tata bahasa, semua bahasa justru berangkat dari Al-Qur’an, bagaimana bisa salah, jika kita menggabil ROLL / PENGGARIS lalu d bilang ukurannya salah, apa betul? yang salah pasti yang mengukurnya karena tidak faham ilmu ukur, nah begitu juga dengan bahasa Al-Qur’an, misalkan kata kun fayakun “jadi maka jadi lah iya”, past tense dalam bahasa arab bukanlah kun fayakun tapi kun fakana, tapi karena kun fayakun lebi tinggi maka kunfayakun lah yang dipakai, kemudian baha
      sa Al-Qur’an itu tergantung dengan kalimat di belakang dan kalimat apa ke depan, jadi tidak mungkin sama selalu dalam setiap kalimat, pasti mereka merujuk pada buku ABDUL FADI 20 KESALAHAN TATA BAHASA dalam Al-Qur’an, hahaha, biarin aja lah, dI jelaskan juga ga bakal faham mereka.
      contoh lain adalah makna wajib pada ilmu kalam/tauhid
      ma yatasawwaru fi aqli bi adamihi >> di baca YA artinya “barang-barang yang tidak mungkin di terima oleh akal akan ketiadaannya”
      ma yu tasawwaru fi ‘aqli bi adamihi >>di baca dengan Yu artinya barang-barang yang tidak di dapat oleh akal akan ketiadaannya,
      apakah ini tatabahasanya salah ? hahaha
      pasti tidak kan,
      klo yutasawwaru = La idraku = tidak di dapat
      klo yatasawwaru = La yumkinu = tidak mungkin
      pengayaan bahasa saja. wallahu’aklam.
      tapi apa guna debat bahasa Al-Qur’an dengan mereka yang tak faham Al-Qur’an ? “matahari tidak akan rusak hanya karena ada orang buta yang tak bisa melihat sinarnya.

      mohon maaf pada pemilik blog, karena saya sudah menjawab pertanyaan ini….

      • 18 November 2013 pukul 17:49

        ada Dr.zakir naik di sini….:D

      • Anonymous
        18 Juni 2014 pukul 23:09

        Siamah jiga nu ngajak perang

      • zulkifli
        20 Juni 2014 pukul 13:44

        Salam, ilmu nahwu sorof memang bagus dan sgt baik utk qta plajari, namun utk m’dptkn trjemahan bhasa dlm al-quran itu sbaikny dgn cara mangkul,, shingga dgn cara mangkul itu juga pnerimaan qta dlm pnympaian al-quran itu sah,, tpi gk ad slh ny jga kalo qta plajari nahwu sorof, yg pnting jgnsmpai mgalahkn ilmu mangkul . syukron

  19. Faizun.R
    15 September 2011 pukul 06:02

    .,SEm0ga jj ilmu ini bnyk di minati oleh anax muda zaman sekarang,,amieen.

    gx hanya ilmu dunia jj yg d gilai oleh pemuda.indo,,
    ,sekarang luluzan smp.sma,s1-s4. Blum tentu kerja.,
    ,Tpi kalau bljr ilmu ini d jamin dEch., BErguna..

    Wkwkwk.. Pieace..

    • 18 September 2011 pukul 18:54

      Aamien…. syukron kang atas Do’anya…

      • 28 November 2012 pukul 13:34

        ea” setuju tapi kenapa ya dalam kitabapa ya lupa saya.,.,
        intinya knpa kita di anjurkan belajar ilmu kesehatan dan fiqih
        padahal aku suka ilmu nahwu apa lagi sawer ndk pondok.,.

      • 22 April 2013 pukul 13:01

        alhamdulillah saya dapat penerangan, makasih atas ilmunya :-)

    • Akhifa Danie
      26 Juli 2012 pukul 16:18

      nah kalian, hmm…. Al-qur’an itu induk nya tata bahasa, semua bahasa justru berangkat dari Al-Qur’an, bagaimana bisa salah, jika kita menggabil ROLL / PENGGARIS lalu d bilang ukurannya salah, apa betul? yang salah pasti yang mengukurnya karena tidak faham ilmu ukur, nah begitu juga dengan bahasa Al-Qur’an, misalkan kata kun fayakun jadi maka jadi lah iya, past tense dalam bahasa arab bukan kun fayakun tapi kun fakana, tapi karena kun fayakun lebi tinggi maka kunfayakun lah yang dipakai, kemudian bahsa Al-Qur’an itu tergantung dengan kalimat di belakang dan kalimat apa ke depan, jadi tidak mungkin sama selalu dalam setiap kalimat, pasti mereka merujuk pada buku kesalahan tata bahasa dalam Al-Qur’an, hahaha, biarin aja lah, de jelaskan juga ga bakal faham mereka, ibarat “matahari tidak akan rusak hanya karena ada orang buta yang tak bisa melihat sinarnya”
      contoh lain adalah makna wajib pada ilmu kalam/tauhid

      ma yatasawwaru fi aqli bi adamihi >> di baca YA artinya “barang-barang yang tidak mungkin di terima oleh akal akan ketiadaannya”

      ma yu tasawwaru fi ‘aqli bi adamihi >>di baca dengan Yu artinya barang-barang yang tidak di dapat oleh akal akan ketiadaannya,

      apakah ini tatabahasanya salah ? hahaha
      pasti tidak kan, tapi apa guna debat bahasa Al-Qur’an dengan mereka yang tak faham Al-Qur’an ?

      klo yutasawwaru = La idraku = tidak di dapat
      klo yatasawwaru = La yumkinu = tidak mungkin
      pengayaan bahasa saja. wallahu’aklam.

  20. 19 September 2011 pukul 19:12

    Bgus lah. ?

  21. ndith_vloristh
    30 September 2011 pukul 15:00

    terima kasih sudah mempermudah saya untuk belajar tentang agama,,,

  22. 11 Oktober 2011 pukul 14:31

    Gk da ktabnya ne?

  23. Anonymous
    11 Oktober 2011 pukul 15:49

    Ilmu nahwu adl ilmu prtama….

  24. Anonymous
    23 Oktober 2011 pukul 21:08

    terimakasih ustad materinya

  25. 26 Oktober 2011 pukul 10:42

    Assalamualaikum wr.wb. Jazakallah ustadz atas ilmunya. Semoga barakah…

  26. 26 Oktober 2011 pukul 15:34

    Jaaza kum allahu ahsanal jazaa

  27. norr ohman
    30 Oktober 2011 pukul 03:39

    good job..

  28. Usman
    1 November 2011 pukul 12:59

    Alangkah baiknya klo di cantumkan contoh tulisan arabnya.

  29. iteung poerbo
    2 November 2011 pukul 05:51

    naaa….ini penting untuk belajar tatabahasa Arab….
    Mau nanya aahhh….

    KENAPA kata KUTIBA dalam kalimat KUTIBA ‘ALAIKUM atau KUTIBA ‘ALAIHIM di artikan dalam terjemahan menjadi DIWAJIBKAN ??
    Bukankah KUTIBA berasal dari kata KATABA-YAKTUBU ? dan artinya BUKAN wajib.
    Mohon penjelasan doooong….

    • najWa
      23 November 2011 pukul 20:21

      kutiba itu artinya bisa “ditulis” atau “diwajibkan” jadi tergantung kalimatnya saja. . . . . . . .

      • robet
        1 September 2014 pukul 09:59

        mau tes tulis kommentar

    • 23 November 2013 pukul 07:38

      gimana ya

  30. syarif
    28 November 2011 pukul 10:23

    afwn tlng dong bhs arab.syukrn

  31. Anonymous
    29 November 2011 pukul 21:25

    bermanfaat sekali, pak ustad buka kelas bahasa arab gk ya? ana tertarik berguru nih…

  32. 10 Desember 2011 pukul 18:47

    Ga tau!

  33. 13 Desember 2011 pukul 12:31

    allhamdulillh …..
    yang aku harapkan moga ank” muda indonesia bisa berbhsa arab,yng di plajari tdk hya bhs inggris,tpi bhsa arab juga penting..

  34. salamah
    22 Desember 2011 pukul 19:04

    Kok ada yang gak bisa di klik yah???

  35. ridwan alfaridu
    23 Desember 2011 pukul 17:13

    jazakallahu khoiron katsiron

  36. lukman hakim
    31 Desember 2011 pukul 23:20

    saya belum begitu mengerti.soal ndhwu syorof. Mohon bimbingannya

  37. Shodikin
    5 Januari 2012 pukul 13:10

    Aku punya impian untk m3njadi ahli nahwu dan shorof. . Tpi aku msh bngung. . Di mna aq hrus belajar ttg ilmu itu. . Ad kch org yg mau mengajari aku secara kusus….?

  38. 16 Januari 2012 pukul 17:31

    alhamdulillah, akhirnya aku nemu’in cara gimana belajar bahasa arab online. terima kasih banyak

  39. Anonymous
    21 Januari 2012 pukul 10:10

    Saya sangat merasa senang dengan ada nya ilmu nahwu di internet….
    Sya hanya mengucap kan ribuan trima ksi….

    • Anonymous
      4 September 2012 pukul 20:24

      Anonymous :
      Saya sangat merasa senang dengan ada nya ilmu nahwu di internet….
      Sya hanya mengucap kan ribuan trima ksi….

  40. 21 Januari 2012 pukul 10:17

    Sngat selaku pelajar pondok pasantren Darussa’adah mengucap kan ribuan trima kasih dengan ada nya pembahasan ilmu nahwu di internet….
    Alhamdullillah…

  41. 21 Januari 2012 pukul 14:15

    BAGUS..

  42. Buudi
    2 Februari 2012 pukul 06:16

    Alhamdulillah dengan adanya blog ini,aku bisa belajar nahwu jadi ingat lagi di madrasah aliyyah ,daripada fecebook melulu ga bermanfaat,ya bisa dibuka lewat hp ko jadi ga susuh bawa-bawa leptop waktu bepergian

  43. asmsul
    2 Februari 2012 pukul 11:30

    haruss bisa lebikh darii yang laiin ilmu sorof nya akh

  44. 6 Februari 2012 pukul 17:50

    alhamdullah. . .
    dg dax situs web ini aq dpt bljr dg baik. .

  45. munawaroh
    8 Februari 2012 pukul 18:49

    Assalaamu’alaikum wr.wb.

    Ustdz saya pen dibikin mp3 jurmiyah dan amriti ya, buat ngapalin… Makasih ustadz..

    Wa’alaikum salaam wr.wb.

  46. iman budiman
    14 Februari 2012 pukul 16:02

    smoga ini mempermudah belajar bhs arab,,,

  47. Anonymous
    29 Februari 2012 pukul 09:46

    Assalamualaikum… saya sedang mempelajari bahasa arab… boleh saudara/ri memberitahu saya apa takrif mabni dan contohnya… terima kasih

  48. Anonymous
    2 Maret 2012 pukul 14:10

    yang di sebut mabni yaitu isim yang tetap dan tak bisa di ubah…lain halnya dengan mu’rob yang bisa di ubah tapi dengan kaidah2 tertentu….

  49. Anonymous
    18 Maret 2012 pukul 19:48

    Jazakallah Hairun Khashirah.. Ini Info yg sangat berguna. Terima Kasih ya, Minta izin share.. Semoga KIta diberkahi Allah SWT .. Amiinnn..

  50. abdul aziz
    28 Maret 2012 pukul 06:38

    mana pengerian syorofnya

  51. luman
    28 Maret 2012 pukul 14:07

    ASSALANU’ALIKUM……..

    ”YAROBBIBIL MUSTOFA” bisa di baca berapa wajah….???

    itu saja yang saya tanyakan..

    WASSALAMU’ALIKUM…….

  52. ahmad hunt dhiky assingkili
    2 April 2012 pukul 20:21

    alhamdulillah,mudah mudahan ustadtz mendapat pahala yg tiada putus dari allah…..amin……..

  53. Anonymous
    13 April 2012 pukul 00:15

    Alhamdulillah jadi faham dikit dikit…
    Berkah ente..

  54. 14 April 2012 pukul 06:57

    saya masih kurang faham apa beza fail dan isim fail

  55. assazin
    16 April 2012 pukul 11:01

    ass…
    terimakasih atas pelajaranya, smoga dgn adanya artikel ini bisa membuat kita lebih dalam mempelejari ilmu bahasa arab

  56. Anonymous
    28 April 2012 pukul 08:59

    assalamualaikum warohmatullahiwabarokatuh…..saya minta izin mencopy buat referensi mengajar di tpa saya…..boleh tidak?

  57. zacky
    2 Mei 2012 pukul 05:11

    Alhamdulillah menemukan blog ini semoga barokah

  58. 24 Mei 2012 pukul 07:01

    Umur saya 47th sebetulnya ingin belajar nahwu secara maksimal tapi kok kesulitan ya dengan adanya blog alhamdulillah kami bisa belajar nahwu secara maksimal tapi kalau ada kesulitan mohon bantuan .Semoga dengan adanya situs ini bisa bermanfaat Aamin

    jazakallahu khoiron katsiron

  59. 9 Juni 2012 pukul 15:46

    nahwu itu gampang dan juga menyenangkan , apalagi pas waktunya hafalan hmmmm, mengasyikkan , gurunya ramah lagi, apalagi shorofnya , dah hafal banyak sekali , aq suka pelajaran keduanya , buat semua yang suka ilmu nashor , giat terus untuk mendapatkan kesuksesan!!!

  60. fidra aryanto
    10 Juni 2012 pukul 12:02

    alhamdulillah, terima kasih pak atas penjelasannya. bisa membantu saya belajar memahami ilmu nahwu dan shorof. maturnuwun.

  61. 14 Juni 2012 pukul 11:03

    ak blm prnh blajar nahwu, bs gk ajarin ak, untuk menjadi motivasi aja.

  62. 14 Juni 2012 pukul 11:24

    sesulit apapun, ak akn ttp brushauntuk mmplajarinya…..

  63. 17 Juni 2012 pukul 18:47

    assalamualaikum..boleh berikan saya contoh2 faal muta’adi yang ada 2 ..syukran wasalam

  64. ariana
    3 Juli 2012 pukul 18:13

    apakah perbezaan isim fa’il dengan sifat musyabbahah dan berikan contoh untuk membezakan antara dua tajuk ini

  65. Anonymous
    5 Juli 2012 pukul 21:47

    assalamu alaikum ustazd, gimana cntohnya piil mutaddi………………..?

  66. 8 Juli 2012 pukul 06:24

    Klo Bsa Saya Minta Stiap Huruf Arabnya Pke Baris, Krna biar lbih gmpang bcanya, krna bgi yng blum fham btul ama bhsa arab sprti saya sngat ksulitan skali bacanya, apkh ini d bca ftah, ksrah, skun, sya gk tau. Trma ksh

  67. Akhifa Danie
    26 Juli 2012 pukul 15:48

    melihat bnyak banget yang komen saya sangat bangga dengan blog ini, semoga tetap jaya selalu dalam Lindungan Allah…
    ini sebuah fakta baru ternyata masih banya orang yang ingin belajar nahwu dan saraf di luar dayah atau pesantren atau pondok, semoga para pembaca terus mendapat taUFIQ DAN PETUNJUK dari Allah untuk terus belajar nahwu dan saraf, syukur Alhamdulillah Allah sudah membuka mata kita, semoga kedepan islam jaya di indonesia karena pehaman fiqh nya bukan karena jumlah KTP beragama islamnya banya tapi sebenarnya kosong pengetahuan syar’i nya.

  68. Akhifa Danie
    26 Juli 2012 pukul 15:56

    dan sekedar motivasi yah, belajar nahwu tidak semudah membalik telapak tangan, kami di pondok belajar nahwu sarah butuh waktu sampe 2 tahun lebih untuk pemahaman nahwunya saja, kami belajar mengahfal saraf siang malam sama teman-teman, dan belajar dengan banyak orang sambil langsung praktika akn jauh lebih mudah dan bersemangat, jadi kalau saudara baru membaca atau baru tahu nahwu dan belum faham jangan putus asa untuk belajar tidak ada yang instan dlam belajar.
    karena tanpa ilmu saraf dan nahwu kita tak bisa membaca kitab kuning, semenetara lautan ilmu fiqh, tauhid dan tasawuf semua ada dalam kitab2 kuning karangan ulama – ulama salaf… semoaga saudara pembaca di berika kesabaran oleh Allah sehingga kita akan faham akan Ayat dan Hadis, dan kita juga akan tahu apa itu bid’ah…. dsb nya.
    mereka yg tidak faham nahwu menagtakan belajar saraf dan nahwu adalah bid’ah, tapi kita tidak perlu urus mereka, kita berdiri pada keyakinan kita sendiri, selamat belajar buat saudara muslim semuanya !

  69. THE DJURUS
    28 Juli 2012 pukul 07:29

    dari dulu axu ingin jadi ahli dlam berbahasa arab akan ttapi hanya dlam angan tak ada usaha maupun ikhtiar . dan skrang axu sdah kelas 3 MA, mungkinkah axu BISAAAAAAA,,,,,,,
    hati bimbang,RagU dalam angan,sombong, angkuh,tak peduli sesama jadi satu semua.
    keyakinan sejatipun muncul. BaRu sadar akan ketidak bisaan aaaaaaxu.dalam sgala HAL. sudah terlambatkah diriku?
    NURani yg terdalam menjawab AXU LUM TERLAMBAT,
    I AM SURE I CAN BE SUCCES
    ICAN BE USEFUL FOR SOCIETY
    BAAROKALLAHU VIIKA

  70. saputra
    6 Agustus 2012 pukul 20:25

    saya ingin menguasai nahwu shorof

    • Anonymous
      23 Agustus 2014 pukul 08:56

      kalo mau menguasai nahwu sorop belajar yang tekun

  71. Anonymous
    13 Agustus 2012 pukul 19:54

    angel ngapalke

  72. Anonymous
    13 Agustus 2012 pukul 21:40

    knp pd pembahsan nahwu sorof tidak ada contoh nya

  73. ben nawi
    28 Agustus 2012 pukul 07:55

    Maaf” sblumnya

    entah sayang yang terlulu bodoh, tpi menurut saya yang saya tmukan dalam muqodimah” ilmu nahwu dan sorof

    definisi ilmu nahu adalah sebuah ilmu untuk mengetahui keadaan akhir kalimat apakah kalimat itu terkena hukum i’rob/bina. Semisal mubtada yang harus dberi irob ropa dan maful bih yang dbri i’rob nasab jika kalimah yang jadi mubtada/maful adalah klmat mu’rob.
    Atau hanya mahalnya saja yang ropa, ktika kalimah yang dbuat mubtada adalah kalmah mabni smisal isim domir {huwa: mabni patah mahal ropa}

    dan ilmu shorof adlah ilmu yang brfungsi mengetahui bentuk kalimah, smsal isim fa’ail, masdar, map’ul DLL.

    Dan jlas! Sorof bukan bgian dari ilmu nahwu, namun saling berkaitan.

    Melainkan nahwu dan sorof masih termasuk dalam bagian ilmu adab bhasa arab yang 12 pan.

  74. anonymous
    31 Agustus 2012 pukul 16:32

    Tolong dong, dibimbing dari mulai mana belajarnya, apa harus hafalin kata^2 atau langsung nahwu sharafnya. Kalau nahwu sharaf, bab apa yang harus dipelajari dulu dari blog ini.

  75. Anonymous
    7 September 2012 pukul 21:08

    ikut gbung sob

  76. zaenal
    8 September 2012 pukul 19:42

    pak ustadz untuk dunlud mp3 nahwu muyasar ada
    referensi g

  77. 16 September 2012 pukul 19:50

    Jalan-jalan mampir di sini. Blognya bagus mas…

  78. iwan Qwonk
    21 September 2012 pukul 16:55

    makasih bgt dah mau berbagi ilmunya btw aku masih bingung . apa ada yg lebih mudah krn aku baru pertama x bener2 dasar.. maklum aku bukan org pesantren.. tp aku pengin bisa..mohon saran y.

  79. 24 September 2012 pukul 19:05

    ciri ciri isim itu apa aja , selain tanwin dan alif lam , mohon bantuan nya …….

  80. sholihuddin
    26 September 2012 pukul 07:15

    manfa’at ustad syukron………………….

  81. 6 Oktober 2012 pukul 13:46

    mohon no yang bisa dihubungi atau e mail bagi yang punya bloog ini, ane butuh banget buat tugas sekripsi ane.

  82. papine
    13 Oktober 2012 pukul 00:29

    alhamdulillah aq bisa belajar bhs arb, nahwu shorof

  83. gay camchat
    31 Oktober 2012 pukul 08:58

    Great post but I was wondering if you could write a litte more on this
    subject? I’d be very grateful if you could elaborate a little bit more. Many thanks!

  84. Anonymous
    9 November 2012 pukul 16:33

    KU BELAJAR NAHWU KOK GAX FAHAM_FAHAM YEEEA HEEEEMB HARUUUS DI TINDAX LANJUTI NIIIE

  85. Anonymous
    25 November 2012 pukul 00:23

    Saya mau tanya Fi’il apa yg boleh d’masuki qod’ syin’ saufa dan ta ta’nis yg mati,, saya blum paham,, tolong blsannya makasih.

  86. 26 November 2012 pukul 20:03

    alhamdulilah….. ini sangat membantu sy mempelajari bhs arab yg 35 tahun lebih sy tinggalkan. Sekarang sdh tua… tp ttp sy tdk merasa terlambat ha..ha….

  87. 6 Desember 2012 pukul 18:20

    alhamdulillah,,semoga penyusun blog ini mendapat barokah dari alloh..
    aminn..!!!

  88. Anonymous
    3 Januari 2013 pukul 15:15

    Bagaimana cara mengi’rop lafat derobeh

  89. 17 Januari 2013 pukul 17:33

    ane suka ni blog

  90. Anonymous
    26 Januari 2013 pukul 17:53

    hmmmm,,,,,bagusnya da vidio pembahasan pembelajarannya.supaya saya yang awam ini bisa ikut mudah belajar .

  91. Anonymous
    5 Februari 2013 pukul 12:45

    wah…………
    seru nya belajar ilmu nahwu

  92. 17 Februari 2013 pukul 05:35

    ﺟﺰﺍﻛﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺧﻴﺮﺍ

  93. gunawan sardi
    17 Februari 2013 pukul 10:17

    Bismillahirohmannirrokhim ijinkan aku memulai belajar bhs arab…

  94. Anonymous
    20 Februari 2013 pukul 11:14

    ikhh mntap
    subhannaallaah

  95. 20 Februari 2013 pukul 14:09

    alhamdulillah.. mdah2n dngn adanya sarana sperti ini banyak yang tertarik ntuk blajar bhasa arab.. n memahami alquran…

  96. azfa
    7 Maret 2013 pukul 10:44

    Kepengen banget memperdalam lagi pelajaran nahwu sorof,,tapi nggak Ωđǟ pengajar..

    • 15 April 2013 pukul 21:25

      Assalamu’alaikum . . . .
      Lngsung sj . . . .
      Sblm.ny mnta maaf, klo bljr nahwu n shorof sangat.lh mudah,,,n untk mncri gru,,,jg sngt bnyk,n sy sarankan tuk bljar d.ponpes AL.IMAN BULUS GEBANG PURWOREJO.di sna anda akn mndpt.kn pljran nahwu n shorof
      wassalamu’alaikum . . . . .

  97. Anonymous
    9 Maret 2013 pukul 20:12

    mau belajar

  98. subagyo
    12 Maret 2013 pukul 20:37

    aku mau sekali belajar ilmu nahwu tolng kasih tahu ahi.salam kenl.jazakumuloh hoern

  99. Muh.ikramullah
    13 Maret 2013 pukul 19:28

    Alhamdullillah,,,,,
    mdh2an dngan pljran nahwu in aku bza lulus di ujian as’adiyah,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    aminn,,,,,,,,,
    ya allah

  100. Anonymous
    24 Maret 2013 pukul 00:16

    assalamuaLaikum. . .
    Sebelum’a saya minta ma’af Punten pak ustad saya mw bertanya. . .
    Lafad tsalasatu ahrufin boleh tidak di baca tsalasatun ahrufun. . . .???
    Tolong jawab yea. . .
    WassalamuaLaikum. . .

  101. 1 April 2013 pukul 22:28

    Link exchange is nothing else however it is only placing
    the other person’s website link on your page at proper place and other person will also do similar for you.

  102. Anonymous
    4 April 2013 pukul 15:35

    apa artinya domir

  103. Anonymous
    4 April 2013 pukul 20:27

    babari asal aya kadaek

  104. 10 April 2013 pukul 10:47

    My partner and I stumbled over here coming from a different web page and thought
    I might as well check things out. I like what I see so now i am following you.

    Look forward to looking at your web page yet again.

  105. 14 April 2013 pukul 05:38

    This is my first time visit at here and i am really impressed to read all at
    alone place.

  106. 15 April 2013 pukul 21:18

    Huft,,,tiap hri hruz ktmu 5 nahwu shorof,awalnya bosen c . . . . .tp hruz gmna lg,,,
    akhirnya ku nikmati sdikit dmi sdkit pa itu ilmu nahwu+shorof,,,& pd akhrnya ku menuai p yg tlah q tnam,,,rsa.a 1 hr g ktmu nahwu n shorof,HAMPA,
    keren khan bisa baca ktb gndulan (kosongan),,,
    thank’s for AL-IMAN BULUS GEBANG PURWORJO,khususnya ustadz HASAN bin ‘AQIL AL-BA’BUD,,,yg tlah membimbingQ,,,,hngga q dpt mnempuh jln yg lrus,

  107. 20 April 2013 pukul 19:23

    memang kalam bila nahwu thi’aaman bila malahin

  108. 20 Mei 2013 pukul 16:37

    aq mlahh blum mengkhatamkan nahwu jurumiah,,, barruuu aja masuk ke tanda” i’rob

  109. 23 Mei 2013 pukul 00:12

    constantly i used to read smaller articles which also clear
    their motive, and that is also happening with this paragraph which I am reading here.

  110. 26 Mei 2013 pukul 20:19

    allah huakbar

  111. umi tazky
    7 Juni 2013 pukul 14:59

    Alhamdulillah.. Ternyata illmu nahwu bnyk yg ingin tahu lebih banyak salah satunya ana..

  112. Anonymous
    9 Juni 2013 pukul 19:44

    kita sebagai orang islam yang harus bisa membaca al quran tentu harus tahu tata bahasa arabnya

  113. nurul
    21 Juni 2013 pukul 09:20

    kita harus bisa memahami ilmu nahwu , karna itu sebagian dari agama kita , walaupun kita kadang bingung mempelajarinya , tapi klo kita dibikin rajin mempelajarinya , insya allah kita akan bisa memahami ilmu nahwu :)
    dan saya alkhhamdulilah , dikit demi sedikit saya bisa mempelajarinya , dan saya bisa membaca kitab kuning dngan jelas …
    alkhamdulilah ..
    manjada wajada ….

  114. 21 Juni 2013 pukul 13:23

    MANJADA WAJADA ..
    terus kejar cita*mu sampai engkau meraihnya ..

  115. akku
    21 Juni 2013 pukul 14:36

    alhamdulillah.. :)

  116. 21 Juni 2013 pukul 19:06

    Mau bnget bisa bahasa arab

  117. Umi hukmiati
    22 Juni 2013 pukul 15:00

    Ma’af apakah bisa di d0wnload,,?

  118. Muhammad walid
    24 Juni 2013 pukul 13:58

    Alhamdulillah
    smoga anda drahmati Allah,swt jazakalloh khairan atas ilmu nahwu & shorof yg tlah anta buat,nahnu selaku santri/pembaca sngat brterima kasih kpada anta atas ilmunya,
    “ALLAH YAFTAH ‘ALAIKA”

  119. 28 Juni 2013 pukul 04:45

    Hello are using WordPress for your site platform? I’m new to the blog world but I’m trying
    to get started and create my own. Do you require any html coding expertise to make your own blog?
    Any help would be greatly appreciated!

  120. 29 Juni 2013 pukul 03:27

    Wow, awesome blog layout! How long have you been blogging for?

    you make blogging look easy. The overall look of your site is magnificent, as
    well as the content!

  121. Casmini
    30 Juni 2013 pukul 20:19

    Aslm saya mau tnya sy seorg santri mndok baru 2 Thn tp q blm mndpt kn apa ygku mau kya nya otak ku susah banget tk memahami ilmu di pesantren aku ingin banget jadi anak cerdas tolong bantu saya

  122. 4 Juli 2013 pukul 15:26

    I’m really loving the theme/design of your weblog. Do you ever run into any web browser compatibility problems? A couple of my blog audience have complained about my website not operating correctly in Explorer but looks great in Firefox. Do you have any recommendations to help fix this issue?

  123. 9 Juli 2013 pukul 17:37

    Assalamualaikum
    saya mau tanya kalau nahwu shorofnya kata “Aamiin” itu gmn y penjabarannya ? terima kasih

  124. Anonymous
    11 Juli 2013 pukul 11:48

    Alhmdlillah, slam ukhuwah whai saudara se iman dan seagama..
    Trimakasih tuk sblum nya, smga dngan ada nya web ini, khusus nya sya mendpat kan ilmu yg bermanfaat, amiin..
    Sya jadi tringat wktu dlu dkampung bljar ilmu ini dpesantren, hehehe krna gk pernah dgunak in jadi lupa semua nya dech:,
    Tloong bantuan nya yah..
    Dan sya ucap kan trims yg bnyak bagi yg membuat web ini.. Smoga d beri gampil ntuk sgala urusan nya amiiiin..

  125. Sulist
    11 Juli 2013 pukul 13:50

    Alhamdulilah, sangat bermanfaat, insya Allah akan menjadi bekal bagi penulis kelak di akhirat, bekal yg berguna karena memberikan hikmah pengetahuan yg telah dipelajari kpd masyarakat luas, semoga selalu istiqomah, amiin.

  126. azriza
    12 Juli 2013 pukul 16:17

    Alhamdulillah. Semoga Allah Swt memberkahi kita semua yang terhimpun dalam kegiatan belajar bahasa Arab khususnya ilmu nahu dan sharraf ini. Terima kasih kepada pemilik blog yang sudi membagikan ilmunya kepada kita semua, semoga Allah Swt mencatatnya sebagai amal sholeh dan membalasnya dengan pahala yang berlipat ganda.

  127. 17 Juli 2013 pukul 05:59

    gimna sich cra.y untk bsa bljar nahwu??

  128. 29 Juli 2013 pukul 14:46

    Trimkasih admin..mengingatkan kembali masa belajar dipesantren..sngat bermanfaat

  129. Anonymous
    31 Juli 2013 pukul 13:13

    Subhanallah

  130. 1 Agustus 2013 pukul 13:48

    I know this website offers quality based articles and additional data, is there
    any other site which presents such things in quality?

  131. 2 Agustus 2013 pukul 17:33

    Untung saya udh tau apa itu nahwu sharaf, klo ga tau yahh bsok pling cuma mlongo lihat gurunya bicara
    thang you very much admin :))

  132. 2 Agustus 2013 pukul 17:38

    Maysilvie :
    Untung saya udh tau apa itu nahwu sharaf, klo ga tau yahh bsok pling cuma mlongo lihat gurunya bicara
    thank you very much admin )

    • Anonymous
      6 Agustus 2013 pukul 11:47

      sama sama

  133. 9 Agustus 2013 pukul 21:13

    saya adalah orang ingin belajar ilmu nahwu shorof tolong beri tahu saya dimana saya harus mencari guru

  134. 11 Agustus 2013 pukul 19:05

    It is perfect time to make some plans for the future and it is time to
    be happy. I’ve read this post and if I could I desire to suggest you some interesting things or tips. Maybe you can write next articles referring to this article. I desire to read more things about it!

  135. wawan
    15 Agustus 2013 pukul 16:09

    tak kenal mk tak sayang. tak kenal nahwu shorof maka tak bisa tambah sayang kitab berbahasa arab (karena tak memahami scr maximal maknawinya)

  136. to
    18 Agustus 2013 pukul 06:15

    Mohon sekiraqnya bisa setiap istilah-istilah (nama) seperti rofa dll yang dinyatakan dalam bahasa arab dijelaskan (didefinisikan) dahulu maksudnya / maknanya / artinya ke dalam bahasa indonesia, sehingga bagi pemula banget kaya saya ini jadi tidak bengong dan merasa bahasa arab berat buanget. Trims, Mohon maaf lahir dan bathin.

  137. 18 Agustus 2013 pukul 17:14

    sangat bermanfaat

  138. 20 Agustus 2013 pukul 20:24

    maksih byak tas ilmunya

  139. 24 Agustus 2013 pukul 10:44

    salam ukuwah islamiyah.dgn adanya bljr nahwu online ini sangat membantu ketika saya belajar dan mengajar.tank’s

  140. Anonymous
    31 Agustus 2013 pukul 15:43

    bismillah…
    mudah-mudahan dengan adanya ilmu nahwu inie..dapat mempermdah ak bljar.. amien ya robb..:)

  141. Anonymous
    14 September 2013 pukul 05:22

    pengertian nya syibeh wadngi

  142. Anonymous
    15 September 2013 pukul 22:26

    man lahu saykhu lahu fahua sayton

  143. maulida
    20 September 2013 pukul 12:33

    makasih atas pengertian nya …
    dan ilmynya …..

  144. Anonymous
    25 September 2013 pukul 15:42

    Ada berapakah huruf jer itu?????

  145. ade sobana
    27 September 2013 pukul 20:56

    jangan pernh berhenti utk mnybarkn ilmu2 yg brktan dngn kegmaan,trtma ilmu nhw shrf

  146. zky
    30 September 2013 pukul 13:23

    syukron kasiron

  147. ida
    3 Oktober 2013 pukul 12:57

    bagaimana caranya belajar nahwu dan shorof agar mudah di mengerti……???

  148. 3 Oktober 2013 pukul 13:17

    saya langsung tak faham ilmu nahwu belajar dgn guru tak faham belajar secara on line pun tak ngerti…isim mufrod dan seluruhnya tak faham

  149. 4 Oktober 2013 pukul 21:54

    sangat bagus untuk saya yg sudah tidak di pondok pesantren, mengingat kembali ilmu nahwu yg sudah lumayan lama tidak bercengkrama dgn mu…

  150. 4 Oktober 2013 pukul 21:55

    sangat bagus untuk saya yg sudah tidak di pondok pesantren, mengingat kembali ilmu nahwu yg sudah lumayan lama tidak bercengkrama dgn mu…

  151. gojoy ibnhu akil
    7 Oktober 2013 pukul 21:35

    Mantap

  152. ma'rusy Amien
    8 Oktober 2013 pukul 21:28

    knapa fi’il amr tdk bisa di majhulkan?

  153. Anonymous
    9 Oktober 2013 pukul 13:57

    bagus, bisa flash back dg belajar ilmu nahwu shorof ketika di majelis taklim kajian kitab kuning

  154. Anonymous
    14 Oktober 2013 pukul 10:42

    Sya ska ilmu nahwu

  155. Anonymous
    24 Oktober 2013 pukul 05:28

    Thanks atas pelajarannya

  156. 6 November 2013 pukul 18:59

    Alhamdulillah ketemu blog ini, mohon ijin untuk melahap semua sebagai tambahan ilmu shorof yang sedang saya pelajari, Terima Kasih

  157. Anonymous
    11 November 2013 pukul 07:48

    Contoh isim domir dengan jarmajrur

  158. 23 November 2013 pukul 07:46

    emg blogx apa,
    biar sya nanti

  159. 26 November 2013 pukul 15:26

    as salamu alaikum, aku mau tanya ni: mengapa i’rab jer hanya bisa masuk ke dalam kalimah isim, dan i’rab jezem hanya bisa masuk ke dalam kalimah fiil.. ?
    Mohon jawabanya.. Makasih, wassalamu alaikum.

  160. 7 Desember 2013 pukul 05:38

    semoga dngn bljr ilmu nahwu dn srrOf bs brmnf’at.

  161. Anonymous
    8 Desember 2013 pukul 13:13

    Assalamualaikum.. Saya termasuk pemula yg ingin mengenal serta memahami nahwu syorof, tapi bingung mulai dari mana..

  162. 8 Desember 2013 pukul 17:44

    Alangkah bodo awa’ ini yg tak mampu melanjtkan ALFIYAH IBN MALIK.
    Thanks wat info’a

  163. firdaus
    8 Desember 2013 pukul 21:19

    sy mnta izin download and papar kt fb sya

  164. 19 Desember 2013 pukul 14:16

    Reblogged this on FAFaroq.

  165. Anonymous
    20 Desember 2013 pukul 14:06

    Belajar shorof dan nahwu itu harus byk menghafal ,walau bait tunggal bait agar cepat nanti nya memamahi kitab gundul.

  166. 21 Desember 2013 pukul 23:34

    Y اَللّهُ ,mdhknlah ku. Untuk memahami ilmu Mu

  167. Zaenul
    22 Desember 2013 pukul 22:21

    As.wr.wb.
    Saya ingin sekali bisa nahwu karna nahwu tsb sangat penting menurut saya ws.wr.wb

  168. tia
    24 Desember 2013 pukul 16:53

    alhamdulilah dgn adanya situs web ini bisa menambah wawasan saya,,,

  169. Laila Elzha
    1 Januari 2014 pukul 09:37

    Alhamdulillah..
    Syukrn…

  170. Marsan
    3 Januari 2014 pukul 20:29

    Subbhanallah ternyata ilmu islam itu sangat luas

  171. Anonymous
    4 Januari 2014 pukul 15:20

    Bljr-bljr-bljr dn bljr
    Nnt tes diniyah,, agr bs q hrs bljr
    Nyyh q cb bljr lwt intrnet mg phm eaa,,,,;:

  172. Anonymous
    8 Januari 2014 pukul 11:15

    Aslm.. Terus Terang Saya tidak Tahu Masalah Nahwu Sorof… untuk Pemula…Belajarnya Lewat mana dulu yah…. mohon Bimbinganya..

  173. Anonymous
    8 Januari 2014 pukul 20:47

    bagus banget nahwunya

  174. 15 Januari 2014 pukul 23:03

    Hello, the whole thing is going fine here and ofcourse
    every one is sharing facts, that’s actually fine, keep up
    writing.

  175. Anonymous
    16 Januari 2014 pukul 23:11

    makasih atas ilmu nya,,,,ini sangat berguna untukku

  176. syeh al fari
    17 Januari 2014 pukul 09:58

    Alhamdulillah yang komen pada sombong2….ingat inna lillahi wainna ilaihi roziun

  177. Anonymous
    20 Januari 2014 pukul 12:42

    Alhamdulillahirobbilallammin””terimakasi atas penjelasannya”insyaallah bermanfaat bagi kami “Amiin…….”

  178. Anonymous
    21 Januari 2014 pukul 16:59

    izin copy blognya, kang. syukron

  179. Abd syakur
    23 Januari 2014 pukul 08:00

    Ilmu nahwu itu sangat membantu kita untuk memahami al qur an

  180. 4 Februari 2014 pukul 16:20

    شكرا على هذه المقالات الجذابة

  181. 4 Februari 2014 pukul 20:13

    allhamduliihirobil’alamin, semoga bermanfaat amiin,.,.

  182. Anonymous
    5 Februari 2014 pukul 23:01

    syahaadat : saha zat sifat.

  183. Anonymous
    5 Februari 2014 pukul 23:02

    syahaadat : saha zat

  184. 15 Februari 2014 pukul 12:59

    sukron katsiron

  185. 14 Maret 2014 pukul 13:46

    saya mohon di beri penjelasan surat al isra ayat 1? krn saya awam dengan hal ini? siapakah yang sedang berbicara?

  186. Ana
    28 Maret 2014 pukul 19:50

    Nahwu sorof adalah kunci untuk mendalami makna2 baik Qur’an,hadis maupun kitab kuning,jdi belajarlah sebab ilmu itu banyak gunanya

  187. 6 April 2014 pukul 01:26

    Hey there! Quick question that’s completely off topic. Do you know how
    to make your site mobile friendly? My website looks weird when viewing from my
    iphone 4. I’m trying to find a template or plugin that might be able to correct this problem.
    If you have any recommendations, please share. Many thanks!

  188. 7 April 2014 pukul 18:41

    Sorrof nahwu
    cara memahami aq gak ngerti. Apa yg jesem atau fi’il

  189. 11 April 2014 pukul 16:21

    10 April 2014 pukul 4:18

    Sorrof itu apa
    cara memahami aq gak ngerti

  190. ali
    15 April 2014 pukul 12:11

    nahwu dan sorop itu sendiri sendiri, ato satu nama. n mohon di update terus masih ada yang belum bisa di buka

  191. 21 April 2014 pukul 17:22

    Your current information moreover word of advice enormously nearby if you ask me.
    Thanks exceedingly a large amount in advance. Your own erudition within this focus is fantastic, I’m
    happy of which suggestions stumbled on. Many thanks once again!

  192. 3 Mei 2014 pukul 15:47

    nyimak gan

  193. 10 Mei 2014 pukul 21:47

    syukron infonya….

  194. 15 Mei 2014 pukul 11:45

    Fantastic blog! Do you have any tips for aspiring writers?
    I’m planning to start my own blog soon but I’m a little lost
    on everything. Would you propose starting with
    a free platform like WordPress or go for a paid option?

    There are so many choices out there that I’m totally confused ..

    Any tips? Thanks!

  195. 18 Mei 2014 pukul 23:07

    Bagaimana sy bisa lebh mengerti kalu bahasan seperti itu? Bisa lebih jelas

  196. Anonymous
    20 Mei 2014 pukul 01:09

    Bahasa sunda

  197. aldi.nurholis
    21 Mei 2014 pukul 21:43

    الكلم هو الفدلمراكبل بلودا

  198. 2 Juni 2014 pukul 16:10

    Pelajaran nahwu

  199. Heni Fatmayanti
    27 Juni 2014 pukul 17:30

    Mksih……

  200. 30 Juni 2014 pukul 12:31

    salaam.
    maaf di kalimat syahadat itu.
    Kalimat asyhadu itu masuk kalimah apa yah!

  201. 11 Juli 2014 pukul 21:17

    One persisting problem is that individual denver accident lawyer homeowners are making them
    hurt. That is why either way, almost one pedestrian injury every 9 minutes.
    You may have throughout the nation, injured clients seeking the help they deserve or nothing
    at all.

  202. Anonymous
    18 Juli 2014 pukul 17:44

    bagussssssss….

  203. Anonymous
    19 Juli 2014 pukul 23:05

    bade tangklet…….pondok seng nahwunya paling d perhatikan itu pondok mana????

  204. 4 Agustus 2014 pukul 10:20

    Kok belajar nahwu aku gak bisa2 ya

  205. 14 Agustus 2014 pukul 18:11

    Magnificent goods from you, man. I have understand your stuff previous to and you’re just too wonderful.
    I actually like what you’ve acquired here, certainly like what
    you are stating and the way in which you say it.

    You make it entertaining and you still take care of to keep it smart.
    I cant wait to read far more from you. This is actually a
    great website.

  206. 16 Agustus 2014 pukul 21:49

    Hebat betul sahabat2 ana kat ats nih…
    ana pun tgh belajar nih.. cuma dgn lebih ringkas dan mudah
    kalau ada siapa2 yg teringin nk formula plg sng untuk belajar nahu bolehlah add ana dekat facebook…#harithfahmi (madrasah idrisiah kuala kangsar,PERAK)

  207. zikri
    29 Agustus 2014 pukul 18:23

    saya mau bertanya bagaimana cara mengi’rab kalimat;wahua musa?dan kata kata musa apakah ke dalam isem 15?
    saya ucap kan terimakasih jika pertanyaan ini berkenan anda jawab……
    syukran kasiran ilaika…..

  208. 31 Agustus 2014 pukul 05:38

    jazakumullah khairan katsiran,, saya kepingin sekali belajar nahwu sementara saya pekerja sibuk, gimana caranya dan tips agar bisa paham nahwu, terima kasih

  209. nn
    1 September 2014 pukul 10:02

    oke makasih bangat

  210. 13 September 2014 pukul 10:45

    I have learn a few excellent stuff here. Certainly price bookmarking for revisiting.
    I wonder how much attempt you set to create the sort of great informative website.

  1. 7 September 2011 pukul 10:36
  2. 17 Desember 2011 pukul 12:38
  3. 26 April 2012 pukul 17:12
  4. 11 Oktober 2012 pukul 04:43
  5. 16 November 2012 pukul 13:00
  6. 16 November 2012 pukul 18:37
  7. 7 April 2014 pukul 18:21

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 625 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: