Kaidah Bahasa Arab

  • NAHWU SHOROF
    • Muqaddimah Nahwu Shorof
    • Pembahasan Kata Kerja
    • Pembahasan Kata Benda
      • Jamid dan  Musytaq
      • Bab Jamid
        • Masdar
        • Murroh dan Haiah
        • Masdar Mim
        • Amal Masdar
        • Isim Masdar
      • Bab Musytaq
        • Isim Fa’il
        • Amal Isim Fa’il
        • Isim Maf’ul
        • Amal Isim Maf’ul
        • Shifat Musyabbah Isim Fa’il
        • Amal Isim Musyabbah
        • Isim Tafdhil
        • Amal Isim Tafdhil
        • Isim Zaman dan Isim Makan
        • Isim Alat
      • Mujarrod dan Mazid
      • Maqshur, Manqush dan Shahih
      • Mufrod, Mutsanna dan Jamak
      • Mudzakkar dan Mu’annats
      • Nakirah dan Ma’rifah
      • Isim Dhomir
      • Isim Alam
      • Isim Isyarah
      • Isim Maushul
      • Isim yg menempati AL
      • Isim Ma’rifah sebab Mudhof
      • Isim Ma’rifah sebab Nida’
      • Pembagian Isim Munawwan dan Ghairu Munawwan
      • Isim Mabni dan Isim Mu’rob
        • Isim Mabni
        • Isim Mu’rob
      • Isim Marfu” dan tempat-tempatnya
        • Isim Fa’il
        • Isim Na’ibul Fa’il
        • Mubtada’ dan Khabar
        • Isim Kaana dan Saudara-saudaranya
        • Isim Inna dan Saudara-saudaranya
      • Isim Manshub’ dan tempat-tempatnya
        • Maf’ul Bih
        • Maf’ul Muthlaq
        • Maf’ul Li Ajlih
        • Maf’ul Fih
        • Maf’ul Ma’ah
        • Mustatsna Bi Illa
        • Haal
        • Tamyiz
        • Adad
        • Kinayah Adad
      • Pembahasa Munada
      • Tabi’ Munada
      • Pembahasa Khabarnya Kaana dan Isimnya Inna
        • Laa Siyamaa
      • Isim Majrur dan Tempat-tempatnya
        • Majrur sebab huruf Jarr
        • Mudhof Ilaih
        • Mudhof pada Ya’ Mutakallim
        • I’rob Takdir Kalimah Isim
      • Catatab tentang Tabi’
        • Na’at
        • ‘Athof
        • Taukid
        • Badal
        • ‘Athaf Bayan
        • Ta’ajjub
        • Ni’ma dan Bi’sa
      • Mukabbar dan Tashghir
      • Mansub (penisbatan dengan Ya’ Nisbah) dan Ghairu Mansub
        • Ighro’ dan Tahdzir
        • Ikhtishosh
        • Isytighol
        • Istighotsah
        • Nudbah
    • Pembahasan Ibdal, I’lal dan Waqof
      • Ibdal
      • I’lal
      • Waqof
    • Pembahasan Kata Tugas / Kalimah Harf
      • Huruf Ahadiyah
      • Huruf Tsana’iyah
      • Huruf Tsulatsiyah
      • Huruf Ruba’iyah
      • Huruf Khumasiyah
      • Kumpulan Huruf-huruf
  • BALAGHAH
    • Muqaddimah Fashahah dan Balaghah
      • Fashahah
      • Balaghah
    • Ilmu Ma’ani
      • Definisi Ilmu Ma’ani
      • Khabar dan Insya’
        • Perkataan Khabar
          • Pembagian Khabar
        • Perkataan Insya’
          • Amar
          • Nahi
          • Istifham
          • Tamanni
          • Nida’
        • Dzikru dan Hadzfi / menyebut dan membuang
          • Motif menyebut
          • Motif membuang
        • Taqdim dan Ta’khir
        • Qashr
        • Washol dan Fashol
          • Tempat-tempat Washol
          • Tempat-tempat Fashol
        • Ijaz, Ithnab dan Musawah
          • Pembagian Ijaz
          • Pembagian Ithnab
    • Ilmu Bayan
      • Definisi
      • Tasybih
        • Rukun-rukun Tasybih
        • Pembagian Tasybih
        • Sasaran Tasybih
      • Majaz
        • Isti’aroh
        • Majaz Mursal
        • Majaz Murokkab
        • Majaz ‘Aqli
      • Kinayah
    • Ilmu Badi’
      • Definisi
      • Pembagusan Ma’nawiyah
      • Tauriyah
      • Thibaq
      • Muqobalah
      • Intropeksi Nadzir
      • Istikhdam
      • Jami’
      • Tafriq
      • Taqsim
      • Pengkokohan sanjungan dengan pengibaratan celaan
      • Baiknya Ta’lil
      • Penyatuan Lafadz beserta Makna
      • Metode Hakim
      • Memperbagus Lafadz
      • Jinas
      • Saja’
      • Iqtibas
      • Baiknya Permulaan’
      • Baiknya Akhiran
      • Keterangan
  1. 17 September 2010 pukul 19:29
  2. rusydiyan r.adenan
    18 September 2010 pukul 10:08

    mohon Penjelasan Apakah benar ada kaidh ini:

    Kalimat kategori “raf’a” tidak dapat digabungkan dengan kata إِنَّ , Inna yang penggunaanya dalam sebuah awal kalimat membentuk kategori “nasb”, dimana “ism” (kata benda) adalah objek dari sebuah fi’il (kata kerja).
    terimakasih

    • 18 September 2010 pukul 19:38

      Kita tahu bahwa Inna adalah Kalimah Huruf, Huruf Taukid dan Huruf Amil yang memerintah Nashab. Kalimah yang jatuh sesedah Inna, dinashabkan karena statusnya menjadi Isimnya Inna.

      Boleh jadi Kaidah diatas itu benar… jika kita memahami Inna secara Maknawiy seperti kalimah Fi’il/kata kerja yg bermakna “Aku mengokohkan/menyungguhkan”. sehingga isimnya Inna diserupakan Maf’ul atau Objek dari sebuah fi’il/kata kerja.

      terimakasih… komentarnya…

      • Egar
        20 Januari 2013 pukul 21:30

        Bisa saja dan itu banyak tjd..dlm alqur-an jg banyak.. Jk memang statusnya menunjukkan obyek atau maf’ul qoul jadi anna karena mahalnya nashob

  3. shamsul bahrin b. yahaya
    19 September 2010 pukul 23:38

    assalamualaikum ya ustaz. Ini kali pertama ana melayari laman web ini.mula saya mengucapkan syabas kepana ustaz kerana malancarkan web sebegini. Ana ada belajar sedikit tentang bahasa arab tetapi sehingga hari ini ana belum faham perbezaan nahwu&shorof. minta ustaz jelaskan sedikit kepada saya.juga minta sedikit nasihat daripada ustaz lagkah yang diambil untuk dapat menguasai bahasa arab. terima kasih ustaz

    • 20 September 2010 pukul 22:27

      wa’alaikum salam….wr. wb…

      sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas komentarnya….

      mengenai perbedaan antara Nahwu dan Shorof.

      NAHWU : secara khusus membahas keadaan-keadaan akhir kalimah/akhir kata, secara I’robnya atau Mabninya, tidak dikhususkan membahas mengenai bangunan kata dan bentuknya.
      SHOROF : secara khusus membahas bangunan kata dan bentuknya yang bukan mengenai akhir kalimah/akhir kata-nya.
      ============
      Langkah yang diambil untuk dapat menguasai bahasa arab. pertama anda harus memahami tata bahasanya. bagi pelajar pemula sebaiknya mulailah dari kitab nahwu Ajrumiyah yg sudah banyak beredar terjemahannya berikut penjelasannya secara detil. setelah faham anda bisa dilanjutkan ke kitab alfiyah ibnu malik….. sekedar masukan dari saya semoga bermanfaat…

  4. 27 Desember 2010 pukul 23:53

    Bagaimana dengan kitab Qathru Al-Nada, Syudzurat Al-Dzahab, Mughny Al-Labib karya Ibnu Hisyam, Ham’u Al-Hawami’ karya Al-Suyuthy…??? dan Kitabnya Sibawaih???

  5. mona
    29 Januari 2011 pukul 15:04

    kalo isim kana dan saudaranya itu yang bagaimna sih ??

    trus khabar dan saudaranya itu gimana sih ?

  6. 23 Februari 2011 pukul 20:07

    Assalamu’alikum Wr. Wb.

    Pak ustadz, saya mau izin ngopy file ini boleh ga ya?
    dulu saya pernah belajar tentang ilmu nahwu dan shorof, cuma sekarang sudah banyak yang lupa …
    sebelu dan sesudahnya saya ucapkan banyak-banyak terima kasih.

    wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    • 23 Februari 2011 pukul 20:57

      wa’alaikum salam, alhamdulillaah… silahkan ya akhi smoga bermanfaat.

  7. 23 Februari 2011 pukul 20:10

    Tolong dibalas

    • 24 Februari 2011 pukul 03:27

      Terima kasih banyak atas ridhonya ya Pak Ustadz, semoga Ana tidak melakukan tindakan ilegal(melanggar hukum Allah dan hukum negara ) karena Ana sudah mengopy postingan Anda. Semoga Anda selalu dalam lindungan Allah Yang Maha Pengasih lagi Penyayang…….Amiin

    • fiona
      21 Agustus 2011 pukul 11:05

      Yang mana ya?

  8. regar
    20 Maret 2011 pukul 19:36

    السّلام عليكم يا استاذ…..
    perbahasan kata kerja,, dari TAM DAN NAQISH sampai akhir,,,,, blum kelar yah ustadz?
    mohon balesan nya,, di tunggu,,
    جزاك اللّه يا استاذ….

  9. dadan
    3 April 2011 pukul 20:11

    Subhanallah.saya pemula bisa ngerti.semoga jadi amal soleh.penyusun diberi sehat dan ditmbh ilmu yang bermanfaat.Bahagia dunia dan ahirat. Aniin.

  10. 7 Mei 2011 pukul 07:33

    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Pak Ustad saya mohon Izin untuk mendownload Alfiyah
    saat ini diusia yang ke 50 saya baru beajar Alfiyah
    semoga Allah merahmati Anda Amiin
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb

  11. Anonymous
    1 Juni 2011 pukul 08:23

    AssLm..
    Mohon ustadz jeLaskan tentang pengertian ibdal/badal,huruf2 badal dan cara menggantinya..
    Sya tnggu balasannya..
    Terima kasih

  12. jameel
    16 Juni 2011 pukul 14:51

    Ustadz, mau minta penjelasan, menegani “Kullu”, benarkah terbagi menjadi “Kulli” + “Kuliyyah”,. terus Kullu Bid’atin dhalaltun wakullu dhalalatin finnar, 2 Kullu di sini, termasuk yg mana? htrnuhun pisan penjelasanna dantos….

  13. 3 Agustus 2011 pukul 19:23

    Assalam. . .
    Jazakumullah. . .

  14. deden
    4 Agustus 2011 pukul 10:35

    Assalamu’alaikum….
    Kpd YTH pemilik blog mohon ijin saya mencopy beberapa materi untuk saya gunakan penunjang pembelajaran Bahsa arab di sekolah kami atas ridhonya saya ucapkan byk terima kasih…jazaa kummulloh ahsan……

  15. minta tolong penjelasan tentang nahwu shorof surat Al-a`raaf ayat 8
    20 September 2011 pukul 10:56

    penjelasan nahwu shorof surat al-a`raf ayat 8

  16. 8 November 2011 pukul 16:56

    Assalamu ‘alaikum wr. wb
    Sy sudah download syarah ibnu malik-nya ustadz. Syukron atas postingannya.
    jazakallahu ahsanal jaza’.

  17. 8 November 2011 pukul 17:27

    Sy numpang komentar, ilmu bahasa Arab yang ada di web ini cukup dalam dan butuh kesabaran dalam mempelajarinya. inilah illmu bahasa arab yang diajarkan di pesantren tradisional di indonesia yang diajarkan kepada murid dari guru – ke guru. Sehingga berkahnya tampak. Bukan asal belajar dari kitab/buku yang maaf ketika mengarang belum tentu suci dari hadas. Dan insya Allah pemilik blog ini ikhlas dalam mengelola. Tidak untuk cari pengikut atau anggota kelompok. Sy menilai dari materinya. Kalau bukan alumnus pesantren tradisional sy rasa tak mau memposting materi beginian. Karena dasar kitabnya bukan dari ajurumiyah, mutmainnah, nadham imrithy dan syarah ibnu aqil yang diajarkan dari guru ke guru. Tetap istiqomah ustadz. Sekarang telah banyak usaha untuk membelokkan arah pandangan umat islam di indonesia, yang sepertinya disuruh lepas dari akar sejarahnya seperti tidak perlu lg bermadzhab, tak perlu hormat pd dzuriyah Rasul saw, aqidah asy’ariyah salah karena mengakui ta’wil ayat mutasyabihat dll. syukron. Atastulisanku ini sy memohon ampun kepada Allah swt.

  18. Sungkono
    11 November 2011 pukul 09:40

    Pak ustazd tolong ajar saya tentang bahasa arab.,miiftaul ul’lum dan sofia itu apa artiya dalam bahasa indonesia.tolong di kasih tau ustazd.

    • 12 November 2011 pukul 17:04

      miftahul ulum = kunci ilmu-ilmu
      sofia/shofia = yg murni

      • Ghazaly
        18 Desember 2014 pukul 12:27

        Trim ksih Akhii, ats usha akhii semua ini. Izinkan ana yg faqir ini mengambil ilmunya dr web ini. Smg Allah mmbalasnya pahala yg brlipat2.

  19. fatih
    7 Desember 2011 pukul 09:41

    assalamualaikum wr.wb.
    saya mau tanya, apakah lafadz qod bisa masuk pada kalimat isim?
    sedangkan yang kita ketahui sekarang ini qod itu masuk pada kalimat fi’il.

  20. sunardi albantani
    9 Februari 2012 pukul 11:17

    “Allahumma shoyyiban naafi’an” :) Jika MIM-nya ber-Tasydid, artinya apa? ada yg tau..!?

  21. aldy
    21 Februari 2012 pukul 21:52

    saya mau bertanya, dalam surat al ankabut ayat 4 yang berlafadz an yasbiquna , alif saksinya tidak ada, apa alasannya..
    lalu in termasuk dalam haraf apa
    terimakasih atas jawabannya

  22. Anonymous
    9 Maret 2012 pukul 22:26

    dalam kitab man di bahas tentang fi’il madah dan fiil zam.

  23. Anonymous
    12 April 2012 pukul 14:32

    Tanya Ustadz.. kenap dalam bbrpa kalimat baik dalam Alqur’an atw hadist cenderung menggunakan jamak untuk lelaki (mudzakkar salim..??) ya? seperti kata2 “Yaa Ayuhal mukminuun” “yaa ayyuhalladzina aamanuu” dll.. mohon maaf kl aga menyimpang.. trims ustazd..

    • Anonymous
      17 Desember 2013 pukul 09:37

      karena kalau jamak mudzakkaris salim itu terpakai untuk seluruhnya, ketika ada sekumpulan laki-laki dan perempuan maka dikembalikan kpada mudzakkar

  24. Sishu Ronggolawe
    1 Mei 2012 pukul 13:49

    Asslamu’alaikum
    gimana ustadz untuk mendownload failnya, karena ada keperluan banget

  25. Anonymous
    6 Mei 2012 pukul 00:32

    Asslmu alaikum Ustdz,,, tlong jelaskan mengenai hazf jawab syart ? Ana membtuhkn jawabn ustadz

  26. Abu umar
    6 Mei 2012 pukul 21:20

    Assalamu’alaikum.bagaimana cara mendownloadnya?

  27. mang entang
    14 Juni 2012 pukul 10:16

    izin menyedot ilmu-ilmu ini, subhanalloh, semoga atas ilmunya allah memberikan keberkahan ilmu, murah rizki, dan segala kemudahan lainnya….
    جزى ك الله خيرا

  28. Anonymous
    19 Juni 2012 pukul 23:51

    Assalamu’alaikum wr wb, pak ustazd Ibnu Toha saya berminat ingin belajar bahasa arab untuk menambah ilmu pengetahuan tentang agama islam, mohon ijin pak ustazd sy juga ingin mengcopy. mohon balasan. wassalam.

  29. 22 Juni 2012 pukul 09:43

    Assalamu ‘alaikum.
    Ya ustadz, mohon izin mau ikut belajar. Terima kasih atas sharing ilmunya dan semoga diberkahi Allah Swt, amin.
    Wassalam.

  30. 4 Juli 2012 pukul 08:44

    Assalamu ‘alaikum.
    ustadz yang Tam dan Naqis
    Lazim dan Muta’addi kebawah bab NAHWU SHOROF kok ndak bisa dibuka ?

  31. Anonymous
    20 Agustus 2012 pukul 01:48

    SANGAT BERMANFAAT TUK SEMAKIN MEMPERDALAM PENGETAHUAN KAMI
    Salam Ukhuwah
    يا أستاذنا الكريم
    Daud pengajar bahasa arab di ponpes modern arun Lhokseumawe Aceh

    damoraislamiclife.blogspot.com

  32. Roni
    7 September 2012 pukul 21:18

    Assalamu alaikum……………….. ustadz saya minta ijin copas ya, untuk tambahan pelajaran saya…

  33. Anonymous
    11 Oktober 2012 pukul 07:15

    salam’ bolehtak huraikan berkaiatn asas-asas wazan bagi fiil mudhari’….zamri dari
    malaysia

  34. airterapikesehatan.web.id
    29 November 2012 pukul 15:12

    saya kurang paham dengan materi yang bapak posting,mohon bisa dperlengkap lagi pak???
    terimakasih

  35. 5 Desember 2012 pukul 13:04

    assalamu alaikum, ust . . .
    tolong upload materi tentang uslub attanazu

  36. Anonymous
    16 Februari 2013 pukul 22:34

    kalau ingin belajar disini apa ada syaratnya ya ustad. trims

  37. 21 Februari 2013 pukul 09:44

    assalamu’alaikum,,,bgaimana cara bljar nahwu shorof yg lbh cpt ustadz,,,,

  38. Anonymous
    21 Maret 2013 pukul 06:52

    mohon maaf ustad saya ingin bisa nahwu shorof tapi ingin bisa ngomong arab juga bisakah itu ustad syukron ala ihtimamikum ya ustad

  39. Anonymous
    21 Maret 2013 pukul 07:00

    syukron ana udah terdaftar ya ustad di belajar bahasa arab online [arifin umar]

  40. arifin umar
    21 Maret 2013 pukul 07:01

    syukron ana udah terdaftar ya ustad di belajar bahasa arab online [arifin umar]

  41. Ahmad
    7 April 2013 pukul 13:53

    assalamu’alaikum ustad, apakah saya bisa belajar nahwu shorof melalui online? bagaimana caranya?

    syukron

  42. Anonymous
    25 April 2013 pukul 22:41

    assalamu’alaikum wr. wb.
    apakah dalam alquran banyak ayat yang kelihatannya kurang sesuai dengan kaidah nahwu selain surat Al-Fath:10.terima kasih

  43. Decky
    17 Mei 2013 pukul 01:46

    Aslam.wr.wb. Ustadz, sya mhon izin untuk mengcopy & mendownload. smga Allah SWT senantiasa melindunggi ustadz serta di berikan kebahagian dunia akhirat. jazakullah…

  44. 21 Juli 2013 pukul 14:24

    sllm semua senang brgbg brsma agama ana mau bjar agama biar ikut sampaikn agama islam yg mulia ajar kmi para ustd kmi dri sklh menengah atas

  45. 23 Agustus 2013 pukul 15:04

    bagai kok bisa di baca min haisu kok gak min haisi kan sblumnya ada hruf jer tlg ya ustad jlaskan dngn mendtel

  46. ridwan
    8 September 2013 pukul 14:01

    assalamualaikum,
    apa kabar saudaraku?InsyaAllah sehat.aamiin. ane mau tanya tentang arti dan asal kata nama ini dalam bahasa arab
    MAHIRAH ALFATHUN NISA
    mohon penjelasannya,terimakasih

    wassalammualaikum

  47. hanafi
    11 November 2013 pukul 14:01

    salam. ذلك كتاب / ذلك الكتاب Antara kedua dua mana satu yang betul atau kedua-duanya betul. kalau kedua duanya betul mana satu yang paling elok digunakan ?

  48. agus mukhorri
    20 November 2013 pukul 11:41

    assalamualaikum,
    mau copy tadz,definisi fashol dan washol.

  49. 22 November 2013 pukul 22:24

    assalamu’alaium ustadz subhanalloh…saya kagum atas ilmu ustadz yang begitu tinggi. mohon izin untuk di copy y ustadz.syukron atas ilmunya ustadz semoga bermanfaat dan barkoah dunia akhirat.amiin

  50. 5 Desember 2013 pukul 20:23

    Salam, sy akan memberi nama anak saya fauzan attaqy alsiroj, benar tdk kaidah bahasa arabnya? Atw bagaimana yg benarnya? Mohon bantuannya dan terimakasih.

  51. Anonymous
    1 Januari 2014 pukul 19:59

    USTADZ MOHON IZIN UNTUK SAYA COPY. SUKRON

  52. Anonymous
    23 Januari 2014 pukul 00:24

    Aswbth. Bolehkah ustaz jelaskan mengenai KHOOTAMANNABIYYIIN? Ada yang mengatakan ertinya Penutup para Nabi, nabi Yang Terunggul, Semulia-mulia Nabi, Stempel Para nabi. Serta bagaimana penjelasannya menurut kaedah Saraf dan Nahu?

  53. 23 Februari 2014 pukul 09:43

    assalamualaikum ustad..arti dari kata arab najaisya?

  54. Anonymous
    12 Maret 2014 pukul 09:40

    Assalamu `alaikum,
    USTADZ MOHON IZIN DAN REDHONYA ANA MAU MENGKOPINYA,SUKRON.
    WASSALAM.

  55. Anonymous
    20 Maret 2014 pukul 21:08

    Ustadz mohon izin dan ridhonya saya ingin mengkopinya, sukron

  56. 22 September 2014 pukul 14:20

    assalamualaikum ust bisakah ust menerangkan sedikit tentang khobar muqoddam?

  57. Anonymous
    24 November 2014 pukul 08:31

    Ok banget

  58. 28 November 2014 pukul 09:51

    ustad disini kok gk ada penjelasannya ya?

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 678 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: